VW KOMBI DAN SEJARAHNYA

Bagikan ke teman andaShare on Facebook0Share on Google+7Tweet about this on Twitter0Pin on Pinterest0
VW Kombi dan sejarahnya – Volkswagen type 2 kombiVolkswagen adalah salah satu pabrik mobil terkenal di eropa. VW Beetle adalah mobil produksi pertamanya yang sangat sukses di pasaran, bahkan menjadi legenda di dunia otomotif. Usai perang dunia kedua, Volkswagen kembali memasuki pasar mobil dengan membuat sebuah Microbus. VW jenis ini diberi kode sebagai VW Type 2, menyusul VW Beetle yang diberi kode VW Type 1. VW Type 2 inilah yang nantinya menjadi cikal bakal dari kendaraan van modern untuk pengangkutan kargo dan penumpang.
Kombi Jerman th 1970

Ide untuk pembuatan VW Type 2 sebenarnya berasal dari importir mobil VW asal Belanda yang bernama Ben Pon. Pada tahun 1947, Ben terinspirasi oleh troli bermotor di pabrik-pabrik. Ben langsung VW microbus kombi T1membayangkan sebuah mobil berbentuk kotak yang mempunyai ruang sangat lega untuk mengangkut barang-barang seperti sebuah troli. Untuk memujudkan imajinasinya itu, Ben membuat sketsa dengan menggunakan sasis VW Beetle sebagai basic-nya. Bentuknya memang unik, posisi pengemudi tepat diatas roda depan, dan ini memang merupakan desain mobil pertama yang memakai bentuk seperti itu

vw kombi pick up T2aPrototipe pertama VW Microbus memang kurang baik, oleh sebab itu mobil jenis van ini pun mendapat penyempurnaan lebih lanjut di pusat fasilitas wind tunnel Universitas Teknik di Braunschweig, Jerman. Pada tahun 1949, di Jenewa Motor Show, VW Microbus ini ditampilkan kepada publik. Dan pada 8 Maret 1950, ketika Heinz Nordhoff menjadi kepala eksekutif, Volkswagen segera menyempurnakan desain ini dan memasukkannya ke dalam produksi.
Generasi pertama VW Microbus type 2 yaitu T1-pun segera diproduksi pada tanggal 08 Maret 1950 di pabrik Wolfsburg (1950-1956) dg kapasitas 10 unit perhari, selanjutnya di pabrik baru di Hanover dan terus berlanjut pada pabrik-pabrik lainnya dengan berbagai versi yaitu :
* VW Type 2 T1 diproduksi dari 1950 hingga 1967 di jerman, sedangkan di Brazil diproduksi hingga tahun 1975. Ciri mobil ini adalah ukuran pintu belakang yang besar dan lingkar roda berukuran 16 inchi.
* VW Type 2 T2 yang mulai diproduksi pada tahun 1968 hingga 1979. Produksi dilanjutkan di Meksiko sampai dengan tahun 1980, kemudian di Brasil sampai dengan tahun 1996. Perbedaaan dengan T1 adalah pintu belakang yang lebih kecil serta lingkar roda yang lebih kecil yaitu berukuran 15 inchi. Versi yang diproduksi sebelum 1971 disebut sebagai T2a sementara yang dihasilkan setelah 1972 diberi label T2b.
Kombi Brasil tahun 1981

 

* VW Tipe 2 T3 diperkenalkan pada tahun 1979 dan diproduksi sampai tahun 1991.
* Dilanjutkan dengan versi-versi lainnya hingga sekarang
vw kombi 4×4 t2bSelama diproduksi hampir empat dekade tersebut, desain VW Type 2 itu hampir tidak berubah. Jumlah total keseluruhan produksinya mencapai lima juta unit.
Mobil ini mempunyai keunggulan yaitu ruang penumpang yang sangat lapang. Dengan kapasitas angkut untuk 8 orang penumpang, tetap menyisakan ruang yang cukup lega. Dengan mesin yang dipasang di belakang, sopir tidak terganggu oleh kebisingan yang keluar dari mesinnya. Selain itu dengan harga jualTIPS JUAL BELI MOBIL BEKAS. Read more ... » yang cukup murah, mobil ini menjadi pilihan utama dibandingkan dengan mobil sejenis microbus lainnya.
Selain kategori diatas, ada banyak pengecualian dalam cara penamaan ini vw kombi t3dengan banyak nama alternatif. antara lain : Eurovan, Microbus, Westfalia Camper, Panel Van, Kombi, Samba, Pick-up, Westy, Multivan, Weekender, Splittie, 11-window, 13-window, 15-window,21-window, 23-window, Breadloaf, Bay-Window, Vanagon, VW Bus, Bully,dll.
Demikian sedikit cerita mengenai VW kombi dan sejarahnya.
Bagikan ke teman andaShare on Facebook0Share on Google+7Tweet about this on Twitter0Pin on Pinterest0

3 thoughts on “VW KOMBI DAN SEJARAHNYA”

  1. VW T.2 atau type.2 jenis mikrobus dikatakan kurang bagus, terus bagaimana dengan vw mikro tahun 1977 ???, buatan German mas, karena belakang jok depan yang mikro tidak ada penutupnya, mohon sarannya, terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>