TIPS MEMERIKSA MESIN DAN YANG LAIN BILA MAU BELI MOBIL BEKAS

Sebelum memutuskan untuk beli mobil bekas, alangkah baiknya kita untuk bisa menganalisa sendiri keadaan mobil yang mau kita beli tersebut, berikut ini tips sederhana bila kita mau membeli mobil bekas, apa saja hal-hal yang harus diperhatikan dan perlu kita ketahui yaitu antara lain :

1. MESIN

cara mengecek mesin mobil
  • Hidupkan mesin mobil, bunyi mesin terdengar rata / stabil pada putaran rendah maupun putaran tinggi, dan tidak ada bunyi-bunyi yang abnormal.
  • Periksa apakah oli mesin sudah hitam, kental atau memang sengaja dikentalkan. Lampu indikator tekanan oli, harus segera mati jika mesin dihidupkan.
  • Periksa apakah ada tanda bekas kebocoran oli atau air terutama pada seal-seal karet di semua bagian mesin.
  • Hindari membeli kendaraan bila dirasakan ada keraguan pada mesin karena biaya perbaikannya sangat mahal.

2. KOPLING

tips mengecek kopling
  • Dalam keadaan mesin mati : tekan pedal kopling, tekanan harus terasa ringan dan lancar.
  • Dalam keadaan mesin hidup : pada saat pedal kopling ditekan, tidak boleh ada bunyi abnormal. Test apakah kopling masih bekerja dengan baik atau ada gejala slip.

3. REM

tips mengecek rem mobil

Lakukan sambil test jalan, pada saat pengereman harus mantap, lurus, tidak membelok ke kanan atau ke kiri, tidak `blong` dan tidak perlu dikocok.

4. KNALPOT
Knalpot Hidupkan mesin, suara knalpot yang dihasilkan harus normal dan halus / tidak berisik. Periksa asap knalpot, warnanya harus normal.

5. SUSPENSI
Goyangkan ke empat bagian sisi kendaraan, tidak boleh ada bunyi-bunyi yang abnormal. Waspadai kendaraan yang cenderung mengayun atau tidak mengayun sama sekali.

Demikian tips dari Bengkel restorasi dan modifikasi mobil klasik antik untuk anda.

tags: ,