LANGKAH-LANGKAH RESTORASI 2

Langkah-langkah restorasi – Setelah Bahan mobilnya bagus, untuk langkah kedua yaitu menghilangkan sisa-sisa cat dan dempul yang lama pada body tersebut.

restorasi mobil

Ada dua cara untuk menghilangkan sisa-sisa cat atau dempul yang masih ada yaitu dengan mengamplasnya baik dengan amplas manual ataupun mesin atau dengan cara menghilangkan dengan “Remover” yaitu suatu bahan kimia cair yang banyak juga dijual di toko cat mobil juga dengan tekstur agak kental seperti lem. Kalau menurut saya bahan itu seperti soda api. Dan cara yang paling praktis dan cepat menurut kami yaitu dengan cara kedua yaitu memakai “Remover” untuk menghilangkan sisa-sisa cat atau dempul pada body mobil tersebut. Setelah semua sisa-sisa cat dan dempul terkikis semua, kemudian kita cek dengan teliti seluruh body agar tahu barangkali ada yang perlu perbaikan sedikit, misal keropos atau pun patah, kalau ada yang keropos maka kita tambal dengan plat yang bagus, misal dari bahan galvanis sehingga awet, dan yang penting dan harus diperhatikan yaitu cara pengelasannya yang bagus dan rapi, ini diperlukan seorang tenaga tukang las yang benar-benar tahu dan ahli sehingga apabila ada yang keropos pada bagian yang sulit maka bisa ditanganinya langsung.
Misalnya apabila ada kerusakan pada bagiat nat-nat atau lekukan-lekukan, maka harus dibuatkan nat atau lekukan-lekukan itu biar sama persis. Keahlian ini diperlukan karena mobil yang akan kita restorasi kemungkinan spare part bahannya sudah tidak dijual lagi, sebagai contoh untuk membuat spakbor VW kodok yang menggelembung karena spakbor ini sudah tidak ada lagi yang dijual, alternatif lain bisa kita cari kanibalanya.
Tetapi kemungkinan haraganya juga mahal karena barangnya sudah punah. Setelah body semuanya sip alias tidak ada cacat, maka baru dilakukan pengentengan, dengan maksud dan tujuan untuk meluruskan dan menyelaraskan body agar terlihan lurus dan tidak bergelombang sewaktu pengecatan dan untuk mengirit bahan lainnya. Yaitu bila bahan sudah dikenteng lurus maka pemakaian dempul bisa diminimalisir. Sekiranya cukup dulu sampai disini, langkah selanjutnya nanti kami akan share lagi. Ok….Silahkan coment bila ada yang pertanyaan….Kami tunggu ya…

tags: