SEJARAH HONDA ACCORD

Berhubung kami ada kerjaan restorasi Honda Accord tahun 1980, ada baiknya kami ulas dulu nih sejarahnya.Honda Accord adalah mobil berukuran sedang (midsize) yang diproduksi oleh Honda.

Penggunaan nama “Accord” adalah pencerminan keinginan Honda untuk menyesuaikan diri serta menciptakan harmoni antara Manusia,Kehidupan Sosial dan Mobil.

Sebagai mobil yang irit bahan bakar serta menghasilkan emisi yang dapat memenuhi standar emisi tahun 1970-an hingga awal 1980-an. Hal ini dapat tercapai berkat penggunaan mesin dengan CVCC , teknologi hasil pengembangan Honda yang dapat menghasilkan emisi rendah tanpa perlu menggunakan catalytic converter .

Generasi pertama Honda Accord diperkenalkan pertama kali pada tanggal 7 Mei 1976, hanya dengan model hatchback 3-pintu. Mesin yang digunakan pada mobil ini mampu menghasilkan daya 68 hp (51 kW). Wheelbase-nya berukuran 93.7-inch (2,380.0 mm), dan berat sekitar 2.000 pound. Panjang bodinya 162 inci (4115 mm), sedikit lebih panjang dari Honda Civic.

Penjualan Honda Accord tergolong sukses, karena mobil ini tergolong irit untuk ukuran bodi kelas menengah. Selain itu Accord adalah mobil produk jepang pertama yang dilengkapi dengan fitur standar yang cukup lengkap antara lain : jok berlapis kain, tachometer, intermittent wiper, dan AM/FM radio.

Pada tahun 1978, diperkenalkan Honda Accord Coupe LX dengan beberapa tambahan fitur yaitu penyejuk udara, jam digital, dan power steering.

Pada tahun 1979, tersedia pilihan Honda Accord Sedan 4-pintu. Mesin seri EL-1 dengan kapasitas 1.599 cc (97.6 cu in),72 hp (54 kW) yang digunakan pada model sebelumnya, pada model baru ini digantikan dengan mesin seri EK-1 dengan kapasitas lebih besar yaitu 1.751 cc ( 106,9 cu). Pada tahun 1980, Accord kembali mendapat pembaharuan, kali ini pada bagian transmisinya.

Gearbox semi-otomatis (opsional) 2-kecepatan, digantikan dengan model 3-kecepatan. Transmisi ini terus digunakan hingga tahun 1984.

Selain itu trim bumper juga didesain ulang, termasuk penggunaan grille baru, lampu belakang baru, spion (dengan remote) model krom pada versi 4-pintu dan model plastik berwarna hitam pada Accord LX, serta tidak lagi menggunakan “badge” CVCC.

Pada tahun 1981, tersedia pilihan Honda Accord SE , dengan tambahan fitur berupa jok kulit novio dan power window. Pada tahun ini pula, semua produk Accord mulai dari model Hatcback,Sedan 4-pintu, LX dan SE 4-pintu menggunakan spion dari plastic berwarna hitam yang dilengkapi dengan remote.

Cluster instrument juga direvisi dengan menggunakan lebih banyak pictogram untuk menggantikan tulisan pada lampu peringatan dan gauge marking. Untuk warna catnya, Oslo Beige (# YR-43) digantikan dengan Nivorno Beige (kode # Y-39). Warna cat Coklat tua tidak lagi tersedia, karena diganti dengan warna bronze metallic.

Shifter juga didesain ulang dengan per yang lebih kuat, untuk mencegah kesalahan pada saat memindahkan gigi perseneling. Pada saat dipasarkan , Accord bersaing dengan mobil-mobil produk jepang lainnya antara lain : Toyota Corona , Nissan Stanza , Mazda Capella , dan Mitsubishi Galant.
Salam restorasi mobil klasik antik.

Sumber : en.wikipedia.org

tags: , ,