MENGATASI MOGOK MENDADAK PADA SAAT MESIN PANAS

Apakah Anda pernah mengalami kejadian mesin mati mendadak pada saat lagi berkendara dengan mobil klasik antik anda? terutama pada saat belok atau habis parkir dan tiba-tiba mobil tidak bisa di start lagi?

mesin mobil klasik
Berdasarkan pengalaman sendiri, kami akan berikan tips praktis untuk mengatasi keadaan ini. Langkah-langkah yang harus kita ambil adalah :

  • Pertama-tama kita pinggirkan mobil biar tidak ditengah jalan (minta bantuan orang sekitar untuk bantu mendorong).
  • Cek keadaan aki, bila ada indikatornya akan lebih mudah untuk melihatnya, apabila hijau berarti aki masih baik, merah perlu disetrum lagi (di charge).
  • Apabila keadaan aki bagus, cek nepel aki barang kali kendur, caranya dengan menggoyang-goyangkannya. Apabila kendur kencangkan lagi.
  • Apabila sudah oke semua tetapi belum bisa distart, cek kabel yang menuju motor starter (dinamo starter) biasanya ada relaynya, cek sekring dan relaynya (biasanya kendur atau putus)apabila sekringnya putus ganti dengan yang baru, kalau tidak punya cadangan jumper saja sementara dengan kabel yang sudah diambil serabutnya (ingat sampai rumah harus diganti dengan yang baru).
  • Apabila langkah-langkah diatas sudah dicek semua dan masih belum bisa di start, cek dinamo starternya ( biasanya bendik/gigi pada dinamo belum pas masuk ke rumah dinamo) caranya transmisi dimasukan pada speed 2 (gigi kedua) kemudian goyang-goyangkan mobil dengan mendorong sedikit.

Untuk langkah-langkah diatas kami rasa sudah bisa untuk mengatasi keadaan darurat di jalanan saat anda berkendara dengan mobil klasik anda. Apabila masih belum bisa jalan, telp bengkel pribadi anda atau hubungi ke tukang dinamo biasanya “kool” dinamo starternya sudah aus dan perlu diganti. Harganya pun sangat murah. Selamat berkendara dengan mobil klasik anda.

tags: ,