TIPS JUAL BELI MOBIL BEKAS

Tips jual beli mobil bekas – Baru ada email masuk dari mobil123.com di kotak masuk Bengkel Modifikasi Mobil Klasik dan Antik langsung kami posting untuk tips nya yang sangat bermanfaat. Silahkan disimak saja ya tips-tips nya  

Beli dan Jual Mobil Bekas ? Jangan sampai salah. 

Mencari mobil bekas saat ini tidaklah sulit , semakin banyak showroom maupun dealer yang menyediakan mobil-mobil bekas dari berbagai merek dan model. Hal ini menyebabkan persaingan penjualan mobil bekas , dan sebagai pembeli mobil bekas menjadi semakin bingung karena banyaknya pilihan yang ada. Namun berburu mobil bekas memang sepertinya tidaklah mudah. Pasalnya, setiap mobil bekas yang akan dijual pasti sudah dalam kondisi ‘rapi’, dan tidak jarang mobil bekas yang tersedia memiliki kerusakan dibagian lain.

Agar tidak salah pilih, ada beberapa tips untuk menentukan pilihan mobil mana yang akan dipilih. Berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih mobil bekas.

    • Sebagai pembeli tidak ada salahnya bila anda banyak bertanya mengenai kondisi mobil. Banyak hal yang bisa ditanyakan kepada penjual, seperti siapa pengguna terdahulu, kelengkapan surat-surat, kelengkapan detail mobil dan sebagainya. Yang paling penting adalah jangan takut bertanya kepada penjual.
    • Selanjutnya, usahakan jangan terlalu terpaku pada satu showroom atau tempat penjualan. Jangan terburu-buru, anda sebagai pembeli mobil bekas sepertinya harus banyak bersabar dalam memilih agar anda tidak salah pilih. Biasanya jika anda sudah mengelilingi lebih dari 4 toko, anda sudah semakin pintar dan mengerti segala macam mengenai mobil incaran anda..
    • Periksa dan cek dengan teliti bagian body, apakah ada bagian yang belang pada bagian cat, karena mungkin ada bekas dempulan karena mobil tersebut pernah tabrakan. Cek kondisi rangka-rangka baik pada bagian mesin ataupun body. Itu untuk mengetahui apakah mobil tersebut pernah terbarak parah atau tidak..
    • Lanjutkan periksa kondisi mesin, apakah ada rembesan oli atau tidak. Jangan ragu-ragu untuk menyalakan mesin dan memastikan bahwa knalpot tidak mengeluarkan asap, karena jika demikian berarti ada masalah pada bagian piston karena oli tercampur ke ruang bakar.
    • Nyalakan mesin dalam waktu lama, untuk memastikan bahwa mesin tidak akan mengalami panas berlebih (over heat). Juga agar dapat mengetahui bahwa mesin dalam kondisi stabil saat stasioner atau tidak pincang suaranya..
    • Setelah cocok semuanya, segera lakukan uji jalan. Ini dimaksudkan untuk mengetahui kondisi kaki-kaki. Jangan menyalakan audio, dan buka jendela agar bisa mendengar dengan jelas bila ada bunyi yang tidak beres, baik dari sistem stir maupun kaki-kaki. Dilanjutkan dengan menyalakan pendingin udara atau AC. Juga lakukan uji jalan pada kondisi jalan yang agak jelek..
    • Terakhir, cek keabsahan dan kelengkapan surat-surat seperti STNK, BPKB, lebih bagus bila ada faktur pembelian. Yang terpenting juga lakukan negosiasi tawar menawar harga, untuk hal ini usahakan anda sudah mengetahui harga pasaran yang ada agar tidak tertipu dengan pedagang..

Disaat anda yang akan menjual maupun membeli mobil, kecermatan, ketelitian dan kehati-hatian sangatlah diperlukan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi agar anda tidak mengalami penipuan. Agar lebih waspada, berikut ini adalah sejumlah trik orang-orang yang tidak bertanggung jawab saat menjalankan penipuan.

  • Pertama, jika anda seorang penjual, waspadalah terhadap pelaku penipuan dengan modus yang bermacam-macam. Beberapa modus diantaranya adalah Pelaku (Penipu) biasanya memberikan down payment (DP) atau uang muka kosong.Modus seperti ini bisa terjadi saat anda dihubungi melalui telepon, dan pelaku mengaku akan mentransfer sejumlah uang sebagai DP pembeliam mobil. Namun, setelah dicek tidak ada uang yang masuk ke rekening anda. Anda biasanya diminta untuk mentransfer sejumlah uang ke rekening pelaku sebagai pancingan agar uang yang di transfer pelaku bisa masuk ke rekening atau pelaku menunjukan slip transfer uang palsu. Padahal, uang muka belum masuk ke rekening anda. Untuk mengantisipasi hal ini , anda sebaiknya menghubungi pihak bank melalui nomor layanan resmi untuk memastikan kebenaran transfer uang dan mengecek saldo rekening anda..
  • Kedua, saat anda ingin membeli mobil, yang harus diwaspadai adalah para pelaku yang beraksi sebagai penjual, yang mengiklankan mobil dengan harga murah atau dibawah harga pasaran. Harga yang terjangkau bisa membuat banyak orang tergiur untuk membeli mobil. Biasanya para pelaku meminta korban mentransfer sejumlah uang sebagai DP. Namun sebelum transaksi berlanjut, komunikasi lewat telepon diputus dan lokasi pertemuan pun ternyata hanyalah tipuan. Dalam hal ini sebaiknya anda tidak melakukan transfer kepada orang yang tidak dikenal dan belum pernah bertemu secara langsung dilokasi yang aman dan terpercaya. Anda juga perlu memastikan bahwa kondisi fisik mobil memang ada..
  • Ketiga, penipuan juga bisa terjadi melalui sms yang menawarkan kredit tanpa agunan dengan bunga rendah. Syaratnya pun terdengar mudah, dimana hanya bermodalkan KTP dan kartu kredit, anda bisa langsung mendapatkan mobil bekas. Modus seperti ini harus diwaspadai dan sebaiknya jangan langsung percaya dengan persyaratan seperti ini. Sebab, dengan data nomor kartu kredit , termasuk tiga angka di baliknya, ditambah data pribadi di KTP, kartu kredit anda bisa disalahgunakan lewat internet. Akhirnya kredit tidak turun dan bisa jadi anda akan menemukan sejumlah transaksi misterius di internet yang menggunakan kartu kredit anda..
  • Ada baiknya anda membeli mobil bekas secara tunai. Sebab,pembelian melalui kredit lebih beresiko terhadap penipuan. Sebaiknya berhati-hati jika ada orang yang berminat pada mobil anda dan ingin mentransfer uang diatas 10 persen dari harga mobil karena ada kemungkinan hal itu hanya merupakan akal bulus penipu. Kami selalu berharap anda selalu berhati-hati dalam melakukan transaksi pembelian dan penjualan mobil. Semoga tips yang kami berikan dapat bermanfaat bagi anda..

 

Selamat mencoba, Salam Sukses

tags: , ,