TOYOTA COROLLA KLASIK

Bagikan ke teman andaShare on Facebook33Share on Google+2Tweet about this on Twitter1Pin on Pinterest0
Siapa yang tidak mengenal ToyotaRESTORASI DAN RUBAH WARNA KIJANG LGX. Read more ... » CorollaPERSIAPAN RESTORASI COROLLA DX 1982. Read more ... », mobil pabrikan Jepang yang satu ini sudah sangat terkenal dan masih banyak peminatnya sampai saat ini. Kali ini mobil-klasik antik akan me review sedikit kebelakang bahwa “simbahnya” Toyota Corolla juga merupakan mobil klasik yang sampai saat ini masih banyak yang punya dan masih layak untuk dijadikan koleksi pribadi para pecinta mobil klasik asal Jepang.

Nama Corolla sebenarnya sama artinya dengan Corona dan Crown yang berarti ” Mahkota” Dan ketiga nama ini dijadikan merk varian untuk sedan buatan Toyota dengan target market yang berbeda. Tetapi masyarakat pada umumnya menyenangi Corolla dan ini yang menjadikan Corolla merupakan mobil sedan yang merakyat. Corolla mulai diperkenalkan pada tahun 1966 yaitu yang merupakan Corolla generasi pertama. Dan yang paling unik dan antik yaitu untuk jenis varian sedan merk Corolla nomor rangkanya dimulai dengan huruf “E” smapai generasi yang sekarang sudah sampai generasi kesepuluh dengan nomor chasisnya atau type E140.
Mobil klasik antik tidak akan membahas sampai ke generasi sekarang, kami hanya akan menceritakan sampai generasi E 80 saja, karena kami menganggap hanya sampai generasi E 80 saja yang tergolong dalam mobil klasik dan antik. Seperti di gambar sebelah kanan ini merupakan Corolla generasi pertama atau E 10. Mobil ini dikeluarkan mulai tahun 1966 dengan kapasitas mesin 1100 cc dan langsung banyak peminatnya pada saat itu sehingga laris manis dipasaran. Mobil ini hanya dikeluarkan untuk pasar Amerika saja. Bentuknya yang mungil dengan kabin belakang yang pendek serta grill full chrom yang sangat klasik.

Generasi kedua atau E20 mulai dikeluarkan sekitar tahun 1970 dan ada dua varian untuk kapasitas mesinnya yaitu 1400 cc dan 1600 cc. Masih agak mirip dengan generasi pertama yang membedakan hanya grill dan list body serta kapasitas mesinnya. Generasi kedua ini banyak beredar di Asia termasuk Indonesia dengan body yang masih mungil dengan bagasi belakang yang masih pendek. Generasi kedua ini dikeluarkan sampai tahun 1973. Untuk yang tahun 1974 smapai tahun 1979 merupakan Corolla generasi ketiga dengan nomor chasis nya E30, E40, E50, dan E60. dengan body yang sudah sedikit berbeda dengan generasi sebelumya yaitu body belakang sudah agak panjang sehingga bagasinya luas. Seperti Corolla jadul koleksi kami yang sudah terjual ini merupakan generasi ketiga.

Untuk Corolla generasi pertama sampai ketiga ini kelemahannya kadang bau bensin didalamnya, ini dikarenakan letak tanki bahan bakarnya yang masih didalam bau bensin tepatnya dibelakang jok belakang, jadi kalau kita buka bagasi belakang maka akan kelihatan, Tips praktis untuk mencegah bau bensin diruangan yaitu selalu dicek karet penutup tangki bahan bakarnya sudah mengeras apa belum, kalau sudah keras dan tidak lentur lagi harus diganti.

E 70 dan E 80 merupakan generasi keempat, ini yang terkenal dengan nama Corolla DXRESTORASI TOYOTA COROLLA DX TAHUN 1982. Read more ... ». Untuk varian ini ada yang bermesin diesel 1800 cc tetapi jenis ini tidak ada di Indonesia. Corolla DX merupakan jenis dengan model yang sudah lain dari generasi sebelumnya, dan model ini paling banyak dijumpai di Indonesia. Corolla DX sangat bandel sekali mesinnya dan banyak sekali modifikator yang merubah mobil ini menjadi lebih ekstrim.
Oh ya untuk Corolla dari generasi pertama sampai Corolla DX masih menggunakan penggerak roda belakang jadi ada gardannya. Untuk DX generasi pertama yaitu tahun 1979 dan 1980 head lamp nya masih bulat dan dua pasang. Dan yang utama yaitu DX plus buatan tahun 1983-1984 dengan limited edition jadi jarang yang punya dan harganya sampai sekarang masih mahal banget.
Di kota saya saja ada yang sudah mencapai 40 juta tapi nggak dijual. Oke bro…sekian dulu postingannya…Salam modifikasi dan restorasi

Bagikan ke teman andaShare on Facebook33Share on Google+2Tweet about this on Twitter1Pin on Pinterest0

3 thoughts on “TOYOTA COROLLA KLASIK”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>