MENANGANI MESIN PANAS PADA HIJET 1000 MODIFIKASI

Sudah lama juga nich saya tidak melakukan posting mengenai hijet 1000 hasil modifikasi sendiri yang beda dengan yang lainnya. Banyak teman-teman yang datang dan hanya pengin melihat saja hasilnya seperti apa……..Wah jadi kebanggaan dan kepuasan sendiri deh pokoknya.

Banyak teman-teman di forum yang menyayangkan kenapa wajahnya dirombak total seperti itu katanya klasiknya jadi hilang deh, tapi mereka juga bangga dan salut atas karya dan kreasi kami.

Pokoknya hasil karya seni yang membanggakan. Wah..jadi ngelantur nih ngomongnya… Okelah kalau begitu…kita kembali ke permasalahan awal sesuai judul postingnya. Begini nih …Hijet 1000 saya ini yang sudah saya modifikasi full dan memang belum 100% jadi deh, pada posting saya yang lalu yaitu pemasangan ac untuk hijet, silahkan dibaca lagi ya? Sebenarnya ini bisa dijadikan acuan untuk mobil-mobil lain yang sejenis dan mobil yang berkapasitas mesinnya 1000cc seperti Suzuki Carry 1000, Mitsubishi Jetstar, dan masih banyak yang lainnya deh.

hijet 1000 modifikasi pasang ac
Begini kronologinya dan sesuai pengalaman dan percobaan kami :
    • AC dan kipas ekstra fan yang dipasang ke Hijet 1000 sebaiknya pake merk ND deh karena untuk mesin tidak terlalu membebani, pengalaman saya tidak terlalu berat kalau di gas. Sebelumnya pake Sanden dan nggak enak banget pokoknya, istilah dalam bahasa Jawa “nggandul” bila AC hidup. Jadi tenaga kurang joss.
    • Rakitan harus bener-bener rapi, maksud saya karena mesin Hijet 1000 ini dulunya mungkin tidak dirancang untuk AC maka harus dibuatkan dudukan AC ( braket ) nya yang bener-bener pas, kuat dan bagus soalnya tidak dijual dipasaran (kasihan sekali ya?)Tapi tukang Ac yang profesional menangani ini sangat mudah sekali.
    • Pipa-pipa Ac nya juga harus dirancang khusus, biasanya posisi pipa ac akan mengganggu pada penutup tengah antara dua jok depan karena posisi kompressor nya mentok banget dibawah jok depan kanan, jadi pipa ac perlu dimodif dikit biar nggak nempel penutup jok, kalau nempel nggak nyaman deh untuk yang nyetir karena joknya akan terasa bergetar.
    • Evaporator saya sarankan pake punya Daihatsu Espas karena disamping anginnya kenceng mudah juga instalasinya, pas banget deh, tinggal buatkan dudukannya saja.
    • Lubang hawa bisa dibuat 4 biasanya di Hijet ada 2 tok, untuk Carry yang ekstra sudah 4. Ini pengaruh banget pada kenyawanan biar anginnya sampai kebelakang.
  • Nah….ini yang penting nih… Saya cerita dulu nih mengenai pengalaman saya yang ini. Saya sudah melaksanakan petunjuk diatas dan saya tes Hijet saya jalan-jalan siang dan malam. Pada malam hari nggak terlalu masalah untuk mesinnya (karena mungkin hawa di luar dingin), tapi untuk siang hari apalagi pas terik ampere panasnya naik sampai diatas setengah (waduh…..pusing deh), Sudah saya coba bolak-balik kontrol, cuci radiator, dll masih saja panas. Akhirnya saya konsultasikan dengan teknisi saya dan ketemulah penyelesaiannya. Akhirnya saya ganti kipas radiatornya dengan yang berdaun lebih banyak ( saya ganti punya daihatsu charade yang berdaun 5) dan lebih besar dan posisi pemasangannya saya majukan lagi biar lebih dekat dengan radiator
    pasang ac pada hijet
    pemasangan sambungan kipas radiator biar posisinya maju

    (ada braketnya dan bisa dibeli di toko onderdil ). Dan setelah dicoba wow…fantastis…siang hari saya coba ampere meternya kurang dari setengah. Oh..ya..saya lupa…waktu ampere panasnya sudah lebih dari setengah walaupun gas kita genjot pol tapi mobil nggak mau lari dan mesinya “nglitik”. Jadi ac saya matikan dulu biar panasnya turun.

pasang ac pada hijet
posisi pipa ac dan kompressor

Begitulah pengalaman saya dalam memasang ac untuk hijet 1000 modifikasi saya, jadi intinya Hijet 1000 bisa dipasang ac asalkan kita tahu cara penangannya secara profesional. Pengalaman saya ini sudah bolak-balik saya rubah-rubah posisi ekstra fan nya, tetapi hasilnya belum maksimal. Saran saya lagi bagi yang mau memasang ac untuk hijet atau carry, mungkin ini akan lebih joss lagi kalau posisi kondensor ac dibuatkan dudukan lagi dan terpisah dengan radiator, seperti pada mobi-mobil travel jenis

menangani mesin panas hijet 1000
kipas radiator daun 5

L300 posisi kondensornya dibelakang jok kiri dibawah pintu tengah, cuma untuk hijet atau carry dipasang menghadap ke bawah dengan ekstra pan posisi ditatasnya. Cara ini sepertinya akan lebih baik dan mesin akan tambah dingin lagiĀ  karena panas dari kondensor tidak terbuang kearah radiator.
Oke deh…selamat mencoba….salam restorasi dan modifikasi….

12 thoughts on “MENANGANI MESIN PANAS PADA HIJET 1000 MODIFIKASI”

  1. brilian sekali idenya gan,kalo mau pasang AC habis brapa ya gan,ane kepingin ni,kebetulan ane juga punya hijet 1000 thn 84

  2. klo kipas radiatornya pake karimun lebih oke lagi kayaknya mas… soalnya charade aja pada ganti pake punyaknya karimun….. share aja..

  3. mas mau tnya pusat onderdil hijet 1000 lngkp n cari blok silnder murah daerah surabaya dmn ya mas???ato tau tmpt lain ???kisaran brp mas

  4. mas numpang nanya kalo peredam panas yang sering ditempel dibawah jok mobil mesin kolong itu berapa kira-kira harganya ya dan dimana bisa dibeli trimakasih atas infonya

  5. @afiatchoirul
    Beli di toko onderdil atau di toko variasi ada masbro, tinggal bilang saja beli peredam panas untuk mesin, biasanya dijual lembaran, ukurannya kira-kira pas untuk satu kap kijang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>