FIAT 124 SPECIAL KLASIK

Salah satu mobil klasik yang pernah “tak openi” (saya miliki) yaitu jenis mobil klasik dan antik FIAT 124 Special buatan tahun 1974 (merupakan buatan tahun teakhir karena diproduksi antara tahun 1966 sampai tahun 1974) .

fiat 124 klasik antik

Mobil ini pernah saya bawa sampai ke Lampung dengan lancar dan sukses tanpa kendala apapun dijalanan, mesin tergolong bandel dan karburasi juga normal tanpa kendala. Pokoknya mantab juga nih mobil disamping untuk koleksi juga masih oke untuk jalan-jalan keluar kota. FIAT 124 Special ini merupakan mobil klasik terlama yang pernah saya miliki.Okelah kalau begitu kita sedikit review mengenai Fiat 124 Special ini ya? Perusahaan Mobil asal Turin ( Italia ) ini memang salah satu perusahaan yang memproduksi jenis-jenis sedan yang mengijinkan beberapa negara untuk merakit dan menjual sendiri Fiat nya di negara tersebut. Ini di maksudkan untuk menekan biaya ekspor mobil ke negara-negara konsumen tujuan dari pemasarannya. Jadi FIAT yang beredar di Indonesia bisa jadi bukan rakitan asli dari Italia sana,

fiat 124 klasik
karena di India daan Cina juga ada tempat perakitannya (tentunya India dan Cina yang paling dekat dengan Indonesia . Kepanjangan FIAT adalah Fabbrica Italiana Automobili Torino atau dalam bahasa Indonesianya adalah Pabrik Mobil Italia dari Turin, kita tahu bahwa Turin merupakan salah satu kota di Italia sana seperti klub sepak bola Juventus FC dan Torino FC yang merupakan klub sepak bola asal Turin ( eh… bener apa salah ya? karena jarang nonton bola, mohon dikoreksi bila salah..ya..)
Nah…seperti yang sudah kami tulis diatas bahwa Fiat memproduksi mobil-mobilnya di seluruh dunia, pabrik mereka yang terbesar di luar Italia berada di Brasil, dimana memang penjualan mereka disitu adalah yang tertinggi.
Fiat juga mempunyai pabrik di Argentina dan Polandia. Selain itu, Fiat juga membuat perusahaan joint ventura di Italia, Perancis, Turki, India, Pakistan, China, Serbia, dan Rusia. Varian Fiat 124 ini banyak macamnya yaitu ada yang berkapasitas mesin 1.200 cc sampai 1.800 cc. Dan yang banyak beredar di Indonesia yang 1.400 cc seperti Fiat saya dulu. Walaupun ada yang model coupe dengan 2 pintu, namun yang banyak di Indonesia yang model sedan 4 pintu dengan moncong spesial khas fiat. Jenis FIAT 124 Special ini merupakan jenis sedan yang paling banyak digemari diseluruh dunia dibandingkan dengan model yang lain seperti Fiat 1300 dan Fiat 1500.
Sayang sekali komunitas penggemar Fiat di Indonesia kurang begitu “greget” tidak seperti komunitas penggemar Volkswagen yang begitu antusias mengadakan event-event dan touring. Ini bisa menjadikan ajang komunikasi antar anggota terutama yang membutuhkan spare part atau hanya sekedar curhat mengenai Fiat nya dan lain sebagainya. Karena itu sekarang banyak mobil-mobil Fiat yang ‘bermesin ganda’ maksudnya banyak mobil-mobil Fiat yang beredar di Indonesia yang sudah dimodifikasi mesinnya dengan mesin-mesin mobil buatan Jepang (pada umumnya menggunakan mesin buatan Toyota ).
fiat 124 modifikasi
Karena mesin Toyota disamping bandel dan tangguh juga spare part nya yang sangat banyak dijumpai di seluruh wilayah Indonesia, dan mesin aslinya tentunya disimpan saja dan hanya digunakan 5 tahun sekali saja untuk cek fisik kendaraan dalam rangka penggantian STNK dan plat nomor baru. Oke…demikian sekilas tentang FIAT 124 special ya…
Bagi Anda yang mempunyai, ayo jangan berkecil hati….modifikasi saja Fiat Anda biar tampil baru dan tiada duanya. Kami siap membantu untuk mengerjakannya seperti foto-foto diatas. Salam modifikasi dan restorasi mobil klasik dan antik !!
tags: , , ,