ATASI SEGALA KENDALA MOBIL KLASIK KITA SENDIRI

Atasi segala kendala mobil klasik kita sendiri apa maksudnya? Posting kali ini kami akan sedikit share mengenai problematika mobil klasik antik yang kita punyai, entah itu mobil buatan Eropa, buatan Amerika atau buatan Jepang, namanya saja mobil antik, mobil klasik, mobil jadul atau mobil retro.

bengkel restorasi dan modifikasi mobil klasik antik

Disini yang kami maksudkan adalah mobil-mobil yang umurnya sudah diatas 25 tahun.Untuk mobil-mobil Eropa yang pernah kami punyai adalah jenis mobil buatan Volkswagen atau VW dan

problematika yang sering kami jumpai entah itu di bengkel atau dijalan (maksudnya pas lagi jalan) adalah seputar karburator, mesin dan kaki-kaki.

bengkel restorasi dan modifikasi mobil klasik antik

Biasanya untuk karburator setingnya tidak pas jadi untuk lari agak mrebet, nah pas kebetulan dijalan maka kita harus bisa minimal untuk seting sendiri, jadi jangan lupa untuk bawa obeng ya? Kita ‘lege artis’ saja setingnya atau sesuai naluri kita saja dulu sampai kita panggil bengkel langganan kita kalau sudah sampai rumah dan belum puas dengan hasil setingan kita sendiri. Pernah saya alami mendadak tarikan VW saya mrebet dan terasa berat, pas dijalan ketemu bengkel dan diutak-atik…eh…nyata-nyatanya kurang enak dan untuk tanjakan jadi seret.

Akhirnya saya utak atik saja secara ‘lege artis’ tadi, maksudnya saya seting sesuai dengan perasaan saja, yang paling penting jangan kekecilan stasioner nya nanti body jadi getar dan juga jangan kegedean, malah nggak nyaman, putar-puter saja spuyernya sampai ditemukan suara yang pas ditelinga kita, jadi deh. Jangan lupa untuk cek kabel businya apakah kendor atau terlepas atau tidak.

Hal lain yang sering ditemui di jalan biasanya aki ngedrop, wah kalau yang ini agak panjang mengatasinya, silahkan cek di posting saya yaitu cara mengetes aki normal atau tidak. Kalau kaki-kaki memang kita nggak mampu untuk mengatasinya, tapi kalau darurat kita harus bisa juga sebenarnya.

bengkel restorasi dan modifikasi mobil klasik antik

Dan hal yang sering ditemui dijalan yaitu rem gancet/macet, biasanya tercium bau kampas rem yang menyengat apalagi sampai keluar asapnya….wah bahaya sekali maka kita harus menghentikan kendaraan kita, dan cek keempat roda dengan memegang masing-masing velg mana yang gancet mana yang normal, kalau yang gancet biasanya velg akan panas.

Nah disini kita harus sedia air untuk menyiram beberapa kali velg nya sampai dingin, setelah dingin baru kita start untuk jalan lagi dan biasanya metoda ini sangat membantu dalam keadaan darurat sebelum kita bawa mobil ke bengkel. Untuk mobil-mobil tua asal Jepang juga hampir sama permasalahannya seperti diatas, hanya kita perlu cek air radiator setiap saat sebelum menempuh perjalanan yang jauh dan selalu membawa cadangan air guna keperluan diatas.

Oh ya untuk VW kami sarankan anda membawa tali kipas cadangan (fan belt) karena ini riskan sekali dan sering putus kalau untuk perjalanan jauh, menggantinya sangat gampang sekali, anda hanya perlu kunci roda untuk melepaskannya. Kalau memang mogok karena kerusakan rotak atau pompa bensin? Silahkan lakukan tips saya yang lainnya disini. Oke sekian dulu sharing mengenai mengatasi kendala mobil klasik kita sendiri.

tags: , ,