HIJET 1000 MODIF

Bagikan ke teman andaShare on Facebook45Share on Google+1Tweet about this on Twitter5Email this to someone

Seperti yang sudah pernah saya janjikan sebelumnya dan banyaknya sms ataupun email yang masuk ke saya untuk menayangkan kembali foto-foto Hijet 1000 modif yang saat ini sudah genap berusia dua tahun dari selesainya dimodifikasi.

modifikasi hijet 1000

Dan diusia yang kedua tahun Hijet 1000 modif masih segar bugar untuk cat nya, tidak ada yang perlu dispet lagi karena retak atau dempul yang ngelotok. Memang ada sebagian yang terkena goresan karena maklum saja mobil dipakai buat kaki dan parkir disembarang tempat, kadang juga banyak anak kecil yang “jahil” tanpa sengaja bawa batu atau benda tajam lainnya dan mencorat-coret pada body hijet 1000KOMUNITAS HIJET 1000 DI JAWA TENGAH. Read more ... » modif saya.

mobil klasik antik

Untuk perawatan cat Hijet 1000 modif  ini saya tidak ada cara-cara khusus yang spesial, karena memang mobil hijet 1000 modif ini saya pake tiap hari, jadi seringnya kotor apalagi cuaca yang tidak menentu, kadang hujan kadang panas, jadi mandinya dua minggu sekali. Pokoknya saya ‘ndablek’ saja untuk merawat mobil ini. Sekalian ngetes hasil cat saya seperti apa ketahanannya. Kadang sampe kotor dan berlumpur, seperti mobil habis dipakai off road. Pada saat foto-foto ini saya ambil, baru saja Hijet 1000 modif ini saya cucikan di tempat cucian, walah….kotor banget deh pokoknya.

hijet 1000 modif

Kemudian saya coba foto-foto dan saya cek semua body dari atap sampai bawah dari depan sampai belakang, kondisi cat masih oke semua dan cuma ada goresan-goresan yang bila dikompon akan hilang dan ini wajar saja kiranya. Hanya saja bagian kolongnya yang masih kotor.

modifikasi hijet 1000

Karena banyak juga yang ingin tahu secara rinci mengenai apa saja yang sudah dimodif dan berapa dana yang dikeluarkan sampai-sampai kok hijet 1000 yang merupakan mobil klasik, eh..maaf salah mobil rongsokan, yang sebagian orang mengangagap mobil tua yang sudah mau punah kok saya ‘eman-eman’dan sampai dimodif-modif segala seperti kurang pekerjaan saja, begitu kata sebagian teman saya yang mempunyai mobil lebih bagus dan tahun yang lebih baru.

hijet 1000 modif

Jawaban saya enteng saja, karena uangnya pas-pasan dan tidak punya warisan harta benda yang berlimpah, adanya warisan cuma gerobak tua yang bernama Hijet 1000 tahun 1984 dan mau nambahin buat beli yang baru tidak bisa yan…saya jadikan Hijet 1000 modif saja, tetapi modifnya biar di Indonesia tidak ada yang sama.

hijet 1000 modif

Akhirnya terbesit ide untuk menggambar hijet 1000 ini ke berbagai macam konsep, konsep pertama karena saya suka dengan VW Kombi Dakota tadinya mau saya rubah seperti Dakota dan mau saya namai Dakota mini. Tetapi setelah diterapkan satu per satu dan saya cek semua konsepnya entar saya dimarahi sama penggemar dan pemilik VW Kombi dakota dong…akhirnya konsep ini saya gagalkan.

hijet 1000 modif

Konsep kedua saya sudah mencari berbagai ide untuk menjadikannya beda dari yang lainnya, saya mau rubah bagian depan dengan model truck buatan Mercedes yang antik dan klasik. Untuk konsep ini sebenarnya saya suka, akan tetapi setelah saya mencari kesana-kemari untuk model grill depannya sudah tidak ada dan harus nyari ke luar negeri…walah pastinya repot dan keluar banyak biaya dong untuk urusan grill saja. Ntar biayanya habis cuma untuk rubah bagian depan saja..Saya memutuskan untuk menggagalkan konsep ini.

hijet 1000 modifikasi

Konsep ketiga akhirnya terbesit setelah ada pelanggan datang ke bengkel membawa Hyundai Atoz, saya tertarik dengan model lampunya, pastinya lucu kalau dipasang ke hijet 1000 yang tidak ada moncongnya. Tapi konsep ini yang paling murah dan tidak sulit untuk mendapatkan head lamp nya Atoz.

modifikasi hijet

Akhirnya jadilah mobil Hijet 1000 modif saya seperti ini.

      Mengenai detail perubahan total saya rinci sbb:

    • Kedokan depan saya buatkan sendiri dengan model yang sedikit menggelembung seperti Daihatsu Espas termasuk tempat dudukan Head lamp nya serta tempat untuk mengatur sorot lampu dari head lamp nya.
    • Grill depan kami juga buatkan sendiri, tadinya mau nyari grill yang ada tetapi dipasang tidak bagus, akhirnya buat saja dan malah terlihat lebih lucu tapi antik kan?
modifikasi hijet 1000
modifikasi mobil klasik antik
    • Saya rubah sedikit pintu depan kanan dan kiri serta bagian dekat engsel saya buat lebih aerodinais, lekukan lis depan saya hilangkan karena saya modif spakbor biar lebih kelihatan manis dan pas seperti konsep mobil-mobil klasik terdahulu dengan spakbor yang menggelembung. Tentu saja dengan ukuran yang pas biar tidak nampak ‘wagu’. (Cari sendiri yang istilah kata-kata bahasa Jawa yang ada disini.
hijet 1000 modif
    • Kaca samping belakang kanan dan kiri saya turunkan 15 cm dan bagian atap saya kenteng biar terlihat aerodinamis, kaca saya pesankan langsung dari agen kaca mobil di kota saya dengan model kristal dan saya buatkan model seperti Suzuki Realvan(model geser saya hilangkan).
hijet 1000 modif
    • Body bagian belakang saya potong 5 cm biar kaca belakang tidak terlalu kelihatan ‘mlendug’ atau melengkung jadi kalau dilihat dari belakang atau samping tampak lebih seksi. Kaca masih asli bawaan Hijet, bagasi kecil dibawah saya tutup pakai pelat, stop lamp saya pakai model kijang modif dengan tempat pelat nomornya juga. Lampu aslinya model ‘tidur’ tetapi sekarang saya rubah menjadi model ‘berdiri’. Dan sepertinya nampak lebih manis deh…
hijet 1000 modifikasi

Oke sekiranya cukup sekian dulu postingan saya mengenai hijet 1000 modif nya, silahkan dilihat foto-fotonya saja barangkali bisa menjadikan ide untuk modifikasi mobil klasik anda terutama yang punya historis atau kenangan sehingga anda ingin melestarikannya.

modifikasi hijet

Posting saya selanjutnya akan saya bahas modifikasi interior dan lainnya. Rincian biaya juga akan saya tuliskan nanti. Oke…terima kasih sudah mampir ke Bengkel Restorasi dan Modifikasi Mobil Klasik Antik.

Bagikan ke teman andaShare on Facebook45Share on Google+1Tweet about this on Twitter5Email this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>