MENGAPA MOBIL KLASIK ANDA KURANG BERTENAGA

Mengapa mobil klasik anda kurang bertenaga – Pernahkah anda mengalami sewaktu anda dan keluarga sedang berkeliling-keliling atau sedang touring dengan mobil klasik kesayangan anda kemudian secara tiba-tiba dan seketika mobil yang anda naiki terasa berat dan kurang bertenaga?

ciri-ciri kampas kopling mobil harus diganti

Kemudian apa yang anda lakukan untuk mengatasi hal ini? Kalau anda sudah lama mempunyai mobil klasik tentunya untuk masalah ini sudah terbiasa dan tahu cara mengatasinya maupun cara mengganti spare part apa yang perlu diganti.

Mengapa mobil klasik anda kurang bertenaga? Kita sebagai pecinta dan penggemar mobil klasik antik tentunya harus sedikit tahu dan ngerti mengenai keadaan mobil klasik antik kesayangan kita sendiri. Untuk masalah mengapa mobil klasik anda kurang bertenaga, sesuai dengan pengalaman kami ada berbagai faktor yang mempengaruhi keadaan ini. Untuk hal yang ringan seperti permasalahan pada karburator dan pengapian sudah kami jelaskan dalam postingan kami yang lain dengan judul Atasi segala kendala mobil klasik sendiri, silahkan dicek lagi ya?
Untuk masalah seperti diatas yang berhubungan dengan suplai bahan bakar juga sudah kami jelaskan di posting kami dengan judul Cara mengatasi bensin yang tidak keluar. Untuk masalah teknis mengenai masalah mengapa mobil klasik anda kurang bertenaga ada spare part yang paling vital dan perlu diganti yaitu kampas kopling. Ya kampas kopling merupakan bagian vital pada mobil yang berguna untuk mengatur perpindahan transmisi dari kecepatan rendah ke tinggi begitupun sebaliknya. Untuk permasalahan mobil yang kurang bertenaga dan mengapa kampas kopling perlu diganti, kita harus tahu ciri-cirinya kapan perlunya penggantian kampas kopling ini.

Mau tahu ciri-cirin kampas kopling mobil anda perlu ganti baru? Silahkan baca dan kenali sendiri mobil klasik anda apakah mobil klasik atau mobil non klasik anda mengalami hal-hal dibawah ini seperti :

  • Coba injak pedal gas mobil anda secara spontan, kalau terasa berat dan tertahan berarti sudah ada tanda-tanda harus diganti. Cara ngontrolnya begini, start mobil anda, ganjel ban belakang sekaligus tarik tuas hand rem, injak kopling, masukkan gigi 1 kemudian injak pedal gas dikit sekitar rpm 2000 sampai 3000, lepaskan kopling pelan-pelan. Kalau mesin mati berarti kampas masih bagus, kalau mesin masih nyala terus berarti kampas sudah aus, jadi perlu diganti.
  • Untuk mobil matik kalau kita injak pedal gas terasa berat istilah untuk orang Jawa “nggereng” mesinnya atau kalau dilihat rpm nya tinggi tapi larinya berat, ini perlu perhatian pada kampas kopling matik nya.
  • Untuk ciri terakhir mungkin ini ciri yang gampang kita kenali yaitu apabila mobil anda sudah tidak bisa oper porsneleng atau gigi transmisi baik dari transmisi rendah ke transmisi tinggi atau sebaliknya tidak bisa berpindah dan anda sudah menyeting posisi kopling dengan maksimal dan gigi transmisi tetap tidak bisa dipindah maka kampas kopling perlu diganti.

Untuk masalah penggantian tentunya silahkan anda cari rekomendasi sendiri bengkel yang biasa anda berlangganan. Kalau permasalahan kampas kopling sudah diganti, pastilah mobil anda akan terbebas dari kata mengapa mobil klasik anda kurang bertenaga.

tags: , ,