SEJARAH HONDA CIVIC

Bagikan ke teman andaShare on Facebook89Share on Google+8Tweet about this on Twitter4Email this to someone

Sejarah Honda Civic

Pabrikan mobil Honda Jepang menciptakan 2 generasi yang berbeda pada tahun-tahun yang sama yaitu Honda Accord dan Honda Civic.

Dua jenis varian Honda ini masing-masing mempunyai segmen pasar yang berbeda, kalau Accord mencerminkan kemewahan dan target pasarnya adalah orang-orang “tua” istilahnya karena model-modelnya yang elegant. Sedangkan CivicMODIFIKASI HONDA CIVIC TAHUN 1976. Read more ... » merupakan citra sportivitas dan segmen pasarnya adalah anak-anak “muda” karena model-model mobilnya mirip seperti mobil sport. Tentunya model sport ini mulai digemari anak-anak muda sekitar tahun 1975 yaitu pada generasi pertama honda civic sampai sekarang.
Memang pada awalnya Honda mengeluarkan civic setelah sukses mengeluarkan ‘simbahnya’ sedan buatan Honda yaitu Honda LifeHONDA LIFE MOBIL KLASIK YANG PALING IRIT. Read more ... ».

Generasi Pertama Honda Civic (tahun 1972-1979)

Honda Civic generasi pertama hanya menggunakan mesin 1.2L saja baru kemudian disempurnakan dengan mesin CVCC (Compound Vortex Controlled Combustion) pada tahun 1975. Pada tahun ini Honda Civic sangat terkenal karena merupakan pelopor pertama untuk jenis sedan buatan Jepang yang menggunakan penggerak roda depan dan tidak menggunakan gardan. Metode ini yang kemudian dikembangkan juga oleh pabrikan mobil lain selanjutnya hingga sampai sekarang semua sedan berpenggerak roda depan. Dengan mesin 1500 cc nya mampu menembus arena reli bergengsi pada waktu itu dan ini yang akhirnya permintaan pasar Honda Civic semakain miningkat. Untuk Indonesia juga mulai terkenal dan banyak peminatnya juga, waktu itu mobil masih diimpor langsung dari Jepang. Model yang dikeluarkan yaitu empat pintu dan dua pintu dan transmisi 5 speed manual dan otomatis atau matic.

Civic Generasi kedua Honda Civic (tahun 1980-1983)

Civic generasi kedua untuk Indonesia menyebutnya dengan Honda Excellent dengan kapasitas mesin yang diturunkan menjadi 1300 cc. Untuk pasar Indonesia Honda Excellent menurut saya merupakan produk gagal dari Honda karena peminatnya jarang serta ketangguhan mesinnya kurang bagus dibandingkan dengan Honda Civic generasi pertama. Model hampir sama dengan generasi pertama, fasilitas juga sama hanya mesin lebih tangguh generasi pertama.

Civic Generasi ketiga Honda Civic (tahun 1984-1987)

Pada generasi ini Honda Civic mulai memperkenalkan dua model terbaru yaitu model sedan sport dan model sedan biasa dengan tambahan bagasi belakang yang lega. Pada tahun ini Honda Civic mengalami masa kejayaan kembali dikarenakan model-modelnya yang sangat bagus dan digemari oleh kalangan anak muda kembali. Mesin juga lebih besar kapasitasnya yaitu 1500 cc lagi seperti pada generasi pertama. Juga mulai diperkenalkan power window (1987) sebagai aksesoris standar sedan buatan Honda yang harus ada sampai sekarang. Untuk pasar Amerika dan Eropa juga sudah diperkenalkan sistem injeksi. Kemudian Honda Civic mulai memperkenalkan generasi yang sporty nya yaitu Honda Civic Wonder dengan model dua pintu.

Generasi keempat Honda Civic (tahun 1988-1991)

Generasi keempat Hoda Civic merupakan generasi penyempurnaan dari Generasi ketiga, banyak hal detail yang disempurnakan baik model sedan biasanya maupun model sportnya yaitu Nova. Mesin masih sama dengan generasi ketiga yaitu masih menggunakan mesin berkapasitas 1500 cc. Model desainnya mulai dibuat aero dinamis dengan penyempurnaan power steringMUNGKINKAH MOBIL TUA MENGGUNAKAN EPS. Read more ... » sebagai tambahan yang membedakan dengan generasi sebelumnya. Generasi keempat ini model Honda Civic untuk orang Indonesia menyebutnya Honda Civic LX (1988-1989), Grand Civic (1990-1991), dan Grand Nova (1990-1991). Sebutan ini yang kemudian terkenal sampai sekarang dan ini merupakan produk spesial edisi dari Honda karena produk selanjutnya sudah berbeda model dan konsep. Harga pasaran Grand Civic juga lebih bagus dibandingkan dengan pasaran Honda Civic generasi selanjutnya yaitu Honda Genio.

Generasi kelima Honda Civic (tahun 1992-1995)

Untuk generasi kelima Honda Civic mulai menggunakan teknologi VTEC (Variable Valve Timing and lift Electronic Control) yang merupakan teknologi temuan khusus Honda secara elektrik dalam pengaturan katup atau valve dan ini masih dugunakan sampai sekarang dalam produk mesin mobil merek Honda. Penemunya yaitu Ikuo Kajitani yang merupakan pentolan intelektual dari Honda. Keunggulan teknologi VTEC terletak di kemampuan mesin bersilinder kecil dalam menghasilkan tenaga yang sebanding dengan mesin yang bersilinder besar, dan di samping itu juga memberikan konsumsi bahan bakarMENGAPA MESIN MOBIL BISA NGELITIK. Read more ... » yang baik dan irit. Teknologi VTEC membuat mobil lebih bertenaga. Di Indonesia model ini disebut Genio dan Estilo.

Demikian sedikit ulasan dari kami mengenai Sejarah Honda Civic, generasi selanjutnya silahkan anda cari referensinya di google.co.id saja ya? Kiranya sampai generasi kelima saja ulasan dari saya. Silahkan kalau ada yang mau menambahkan atau mau koreksi bisa anda tulis komentar dibawah atau kirim email ke damarautobody[at]mobil-klasikantik.com
Kami tunggu tanggapan dari Anda.

Bagikan ke teman andaShare on Facebook89Share on Google+8Tweet about this on Twitter4Email this to someone

One thought on “SEJARAH HONDA CIVIC”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>