SUZUKI FORSA

Bagikan ke teman andaShare on Facebook33Share on Google+4Tweet about this on Twitter2Pin on Pinterest0
suzuki forsa

Suzuki forsa merupakan mobil sedan klasik dari Suzuki yang sangat irit bahan bakarnya, dikarenakan sedan city car ini bermesin 4 silinder 1000cc, kecil banget cc nya bukan? Akan tetapi Suzuki Forsa sangat handal mesinnya. Dengan sistem berpenggerak roda depan dan 5 speed kecepatan transmisinya Suzuki Forsa masih mampu untuk lari diatas 100 km/jam, apa ada yang pernah nyoba membawanya lebih dari itu? Dengan desain sederhana dari Suzuki Jepang, Suzuki Forsa awal diproduksi sekitar tahun 1983 akan tetapi yang ada di Indonesia paling tua kebanyakan tahun 1986.

Untuk model tahun 1986 atau model pertama ada perbedaan sedikit pada bodi belakang saja dengan tahun-tahun diatasnya.

suzuki forsa model 2 pintu

Untuk mesin semua sama dari tahun 1986 sampai tahun 1990. Suzuki Forsa yang ada di Indonesia juga kebanyakan model 4 pintu dan 1 hatch back, untuk yang jenis sedan coupe atau dua pintu hanya keluar untuk pasar Eropa. Pada tahun pertama diproduksinya Suzuki Forsa yaitu untuk menyaingi pasar sedan sejenis pada saat itu yaitu Daihatsu Charade dengan Toyota Starlet. Makanya model-model Suzuki Forsa juga hampir sama dengan mobil-mobil sejenis pada saat itu. Hanya saja untuk Type GLX nya Suzuki Forsa sudah menempatkan Power Window sebagai aksesoris tambahan untuk membedakan dengan merek-merek sedan sejenis pada tahun yang sama seperti Charade dan Starlet.
Pada tahun 1987 untuk mobil-mobil Sedan buatan Jepang aksesoris power window merupakan barang yang mewah sebagai fasilitas sebuah mobil, padahal pangsa pasar Suzuki Forsa merupakan kalangan menengah kebawah, tidak seperti mobil sedan buatan Honda seperti Civic dan Accord yang mentarget pasar menengah keatas yang menyaingi mobil-mobil sedan keluaran Amerika dan Eropa untuk pasar Asia termasuk Indonesia.

suzuki forsa modifikasi

Makanya Suzuki Forsa type GLX yaitu antara tahun 1988 sampai 1990 merupakan mobil sedan laris dan banyak digemari anak muda jaman itu, dikarenakan sangat irit dan murah dengan fasilitas mewah. Sekarang saja Suzuki Forsa masih banyak peminatnya karena harganya yang stabil apalagi kalau jadi diberlakukan pemakaian pertamax untuk mobil-mobil ber cc 1500 keatas dipastikan harga jual Suzuki Forsa juga akan semakin bagus.
Untuk modifikasi sederhana dari Suzuki Forsa juga sangat mudah dikerjakan, misal lampu depan dibuat bulat atau tambah body kit biar ceper, sangat bagus sekali penampilannya. Untuk referensi saja, saya pernah punya Suzuki Forsa GLX tahun 1988 dan saya rawat sampai satu tahun lebih, kelebihannya memang sangat irit bahan bakarnya, spare part juga mudah didapat, mesin Suzuki sangat bandel, cuma saja kalau pakai AC agak berat, ini mungkin AC Suzuki Forsa saya yang sudah tdak standar jadi kurang enak buat lari kalau pake AC.
Makanya buat Anda yang mau beli mobil sedan jadul seperti Suzuki Forsa atau sedan lainnya pastikan AC yang terpasang masih standar atau kalau sudah diganti pastikan kompresor AC nya yang bagus. Jadi nanti nyaman dipakainya dan tidak mengganggu tarikannya buat jalan. Serta pada saat baru beli pastikan juga kabel-kabel diseting ulang biar lampu-lampu dan alat-alat elektronika lainnya berjalan normal, karena biasanya kabel-kabel sudah penuh jumper dan tidak standar lagi. Oke demikian sekilas info mengenai Suzuki Forsa yang merupakan city car yang sangat irit. Salam restorasi dan modifikasi mobil klasik antik

Bagikan ke teman andaShare on Facebook33Share on Google+4Tweet about this on Twitter2Pin on Pinterest0

6 thoughts on “SUZUKI FORSA”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>