LANJUTAN PERMASALAHAN HIJET 1000

Bagikan ke teman andaShare on Facebook45Share on Google+6Tweet about this on Twitter3Email this to someone

Seperti yang sudah pernah kami tulis sebelumnya mengenai masalah yang sering terjadi pada hijet 1000 yang lalu yang secara garis besarnya dan secara lengkap sudah kami tulis, maka kali ini kami akan ulas kembali mengenai lanjutan permasalahan hijet 1000 yang lainnya.

hijet 1000

Pada topik sebelumnya memang secara umum sudah kami tuliskan mengenai masalah yang kelihatan secara nyata artinya bahwa memang kalau hijet 1000KOMUNITAS HIJET 1000 DI JAWA TENGAH. Read more ... » itu sudah termasuk mobil tua, kalau kami sebut mobil klasik, jadi ya….wajar saja kalau ada pemasalahan bodi, kaki-kaki serta interiorRESTORASI INTERIOR VW KOMBI. Read more ... » yang memang perlu perhatian khusus, apalagi kalau anda masih menyukai hijet 1000 sebagai salah satu koleksi mobil klasik yang penuh dengan kenangan, pastinya untuk segala permasalahan bodi terutama cat yang lama tentunya akan diperbarui lagi atau akan di repaint ulang, kalau hanya spet-spet saja pastinya cat lama dan barunya nggak akan nyambung dong…

Untuk kali ini akan kami coba cek kembali mengenai kelanjutan permasalahan hijet 1000 yang lainnya, sesuai dengan temuan kami dilapangan sebagai sesama penggemar hijet 1000, silahkan tambahkan lagi kalau mungkin masih ada yang lainnya, atau anda juga bisa kirim tulisan anda ke email kami di damarautobody[at]mobil-klasikantik[dot]com. Kami akan senang hati memmuat tulisan anda mengenai apa apabila anda penyuka mobil-mobil klasik dan antik.
Oke deh kami sekarang kami rinci mengenai lanjutan permasalahan hijet 1000 sebagai berikut :

  • Mesin

    Untuk mesin hijet 1000 sebenarnya sudah tangguh, artinya mesin hijet 1000 yang sehat benar-benar asyik untuk segala macam arena dan medan, begini ceritanya…pada waktu kami touring ke Jogja, perjalanan dari Pemalang kesana dipenuhi dengan jalan yang menanjak dan mendaki serta berkelok-kelok pula bahkan ada tanjakan yang kemiringannya lebih 45 derajat ( mantap bukan ). Hijet 1000 saya ngacir saja tuh untuk naik dan gunung, transmisi yang digunakan pake 2 dan 3 saja sudah oke. Saya juga heran mengapa demikian, selidik punya selidik eh…ternyata memang mesin 3 silinder ternyata lebih ampuh karena kerja antara piston 1, piston 2, dan piston 3 kerjanya susul-menyusul dan berurutan, kalau pada mesin 4 silinder kan kerja piston 1 dan 3 bareng disusul piston 2 dan 4 bareng. Menurut kami akselerasi pembakarannya akan lebih cepat yang 3 silinder. Betul nggak nih…para master mesin daihatsuDAIHATSU TAFT KEBO. Read more ... »? kalau nggak percaya coba saja bandingkan sendiri antara suzukiMODIFIKASI JIMNY SUPER KE KANVAS. Read more ... » cary dengan hijet 1000 buat nanjak, enakan mana?
    Akan tetapi namanya saja mobil tua, banyak juga mesin hijet yang sering panas dan temperaturnya selalu naik, jangankan untuk tanjakan, untuk jalanan biasa saja juga temperaturnya bisa naik, nah…ini permasalahannya.
    Untuk permasalahan mesin hijet 1000 dan mobil daihatsu tua lainnya yaitu biasanya terjadi yaitu mesin sering panas. Biasanya untuk tahap pertama yang perlu dikontrol adalah switch temperatur serta kabel yang menghubungkan antara switch temperatur dengan indikatornya yang ada pada dasbor, silahkan di cek masih normal atau tidak, apabila antara switch dan indikator masih normal dan masih menunjukan temperatur panas silahkan dikontrol juga radiatornya apakah sistem sirkulasi air cooler nya lancar atau terhambat dan apakah airnya berkurang banyak atau sedikit, kalau berkurang banyak apakah ada selang-selang radiator atau klem-klem yang bocor, kalau anda malas silahkan di bersihkan ulang di tukang radiator saja sekalian minta dicek kan semuanya.
    Kalau radiator sudah oke dan temperatur masih juga naik, kontrol juga packing silinder head nya, coba diganti dengan packing yang baru kalau perlu tutup silinder headnya di bubutkan ulang di bengkel korter mesin biar posisinya rata dengan silinder head. Silahkan dibaca juga alternativ penanganan panas pada mesin hijet 1000.

  • Karburator

    Untuk karburator biasanya jarang terjadi permasalahan. Akan tetapi sering juga terjadi karburator yang kurang normal. Untuk masalah karburator yang tidak normal hubungannya erat sekali dengan mesin, apabila hijet 1000 anda mengalami susah distart pada pagi hari, adanya asap yang hitam pada knalpot, jalan yang tersendat-sendat, stationer tidak langsam atau gas naik turun dll ini sangat erat hubungannya dengan karburator yang kurang normal.
    Untuk penanganan mesin susah hidup pada pagi hari, biasanya aliran bensin ke karburatornya yang terlambat, anda perlu sedikit mengocok gas sebelum anda mulai start hijet 1000 anda pada pagi hari. Kalau masalah ini sering terjadi coba cek membran bensin atau pompa bensin nya yang letaknya persis disamping delco, coba cek apakah sudah lemah atau masih normal. Untuk permasalahan mesin yang susah di hidupkan karena permasalahan aliran bensin yang kurang normal yang disebabkan membran bensinnya sudah lemah alternativ yang lain tutup sahja membran bensinnya dan ganti dengan sistem rotak, anda bisa menggunakan rotak zebra atau espas untuk menggantinya.

    pengaman delco hijet 1000
    Pengaman delco hijet

    Kalau knalpot ngebul dan asapnya berwarna hitam, coba setel sendiri antara spuyer bahan bakarANTARA MOBIL KLASIK DAN PREMIUM. Read more ... » dan spuyer angin biar pas, pokoknya kalau suara sudah langsam dan sudah tidak keluar asap berarti sudah normal, jangan bawa ke sembarang tukang karburator karena seperti pengalaman saya mereka kadang kurang profesional juga, seperti yang saya alami selenoid stationer yang ada pada karbu hijet saya mereka potong saja kabelnya padahal saya hanya mau nyetel tarikannya biar enteng, tapi mereka ceroboh mendisfungsikan selenoid stationer pada karbu hijet saya, jadinya sekarang stationer kurang enak bunyinya karena kalau di setel gas kecil, serasa mesin bergetar dan suaranya tersendat-sendat.
    Kalau permasalahan asap ngebulnya putih, itu kemungkinan yang terjadi dan harus di kontrol adalah seal valve atau seal klepnya, coba dicek dan ganti dengan yang baru. Kalau masih terjadi kemungkinan yang lain adalah ring piston sudah lemah, silahkan konsultasikan dengan bengkel anda untuk diganti dengan ring atau piston yang baru.

  • Delco dan Platina

    Untuk permasalahan mesin hijet atau mesin daihatsu seperti zebra dan espas yang sering mati bila hujan dan melewati genangan air itu sebenarnya tidak akan terjadi karo dek penutup delconya masih ada dan seal pada delconya masih normal. Memang ini kelemahan hijet atau zebra yang posisi delconya disamping, sehingga kalau penutup delconya sudah hilang dan sewaktu melewati genangan air hujan maka airnya akan menyiprat ke delco sehingga aliran listrik dari delco ke busi akan tersendat dan akhirnya mati.

    platina ganti cdi
    Rubah platina ke cdi pada hijet

    Apabila anda mengalaminya dalam perjalanan hal-hal yang harus dilakukan sebagai pertolongan pertama adalah :
    1. Pinggirkan mobil anda, apabila mogoknya ditengah jalan.
    2. Buka penutup mesin dan buka penutup delconya (anda tidak perlu mencopot seluruh delconya), pengatur waktu pengapiannya.
    3. Bersihkan bagian dalam rumah delco dengan lap kering.
    4. Pasang kembali semuanya seperti sedia kala.
    5. Bungkus sementara delconya dengan plastik dan ikat dengan karet.
    6. Start kembali mobil anda dan lanjutkan perjalanan meskipun hujan.
    7. Hindari genangan air biar sampai tujuan.

    Apabila sudah sampai rumah segera buatkan dek penutup delco dengan posisi tepat dibawah delco sejajar dengan busi memanjang sekitar 50 cm x 20 cm dan bisa dibaut diantara lantai dan chasis tengah, posisi disesuaikan saja sesuai selera anda yang penting tujuannya untuk menahan cipratan air dari roda depan sebelah kiri. Hujan gede atau ada genangan air tidak menjadi masalah lagi bagu hijet 1000 anda.
    Untuk masalah platina biasanya yang terjadi kalau knalpot sering nembak-nembak, silahkan dicek delconya dan dilihat platinanya apakah sudah tipis atau kurang rata ausnya, anda bisa amplas dan setel kembali posisinya biar pas. Apabila platina sering habis dan tidak rata ausnya dan ini sering terjadi, kemungkinan yang perlu anda ganti adalah as delconya sudah tidak simetris lagi, jadi putaran as delconya sudah goyang. Solusinya anda bisa ganti delco baru atau rubah saja ke cdi biar nantinya tidak repot nyetel-nyetel ulang platina.

Sekian dulu saja tulisan dari kami mengenai lanjutan permasalahan hijet 1000, semoga tips ini bermanfaat untuk anda semua terutama penggemar hijet serta daihatsu zebra. Lain waktu akan saya update lagi mengenai permasalahan hijet 1000 dan mobil-mobil klasik lainnya. Terima kasih

Bagikan ke teman andaShare on Facebook45Share on Google+6Tweet about this on Twitter3Email this to someone

2 thoughts on “LANJUTAN PERMASALAHAN HIJET 1000”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>