MASALAH YANG SERING TERJADI PADA HIJET 1000

Bagikan ke teman andaShare on Facebook16Share on Google+6Tweet about this on Twitter0Pin on Pinterest0

Masalah yang sering terjadi pada hijet 1000 – Selamat pagi semua untuk anda pembaca setia bengkel restorasi dan modifikasi mobil klasik antik di seluruh wilayah Indonesia.

masalah pada hijet 1000

Pada kesempatan kali ini saya ingin juga share mengenai berbagai masalah yang sering terjadi pada hijet 1000. Sebagai pecinta hijet 1000KOMUNITAS HIJET 1000 DI JAWA TENGAH. Read more ... » yang merupakan mobil minibus klasik dan banyak komunitasnya di Indonesia bahkan di negara tetangga seperti Malaysia dan Filipina juga banyak penggemarnya. Kalau saya pribadi menyukai Hijet 1000 karena bentuknya yang kecil dan bermesin 1000 cc yang merupakan spesifikasi minimal untuk mesin bagi saya karena dengan kapasitas minimal 1000 cc bisa irit bahan bakar

dan lari juga bisa kenceng (paling tidak bisa dibawa lari 100km/jam) masih mampu dan kapasitas mesin 1000 cc juga merupakan kapasitas minimal untuk mobil apabila mau dipasang AC. Kalau seperti minicab yang hanya berkapasitas 550 cc kayaknya nggak mungkin kalau kita pasang AC disana, betul nggak nih menurut pendapat anda semua? Spek diatas merupakan pemikiran saya sendiri, jadi Anda bisa mempunyai gambaran spek sesuai keinginan Anda.

masalah bodi hijet 1000

Kembali mengenai masalah yang sering terjadi pada hijet 1000 seperti hijet 1000 modifikasi saya yang memang sudah saya danai begitu besar untuk modifikasi mobil sekelas hijet 1000 semacam itu karena memang saya merupakan penggemar Hijet 1000, pemilihan mengapa saya memilih hijet 1000 dari pada suzuki carry 1000 atau cary bagong karena fasilitas rem boster yang sudah ada pada hijet juga yang merupakan salah satu pilihan saya memilihnya. Nah…memiliki hijet 1000 yang sudah modif memang menjadi kebanggaan sendiri bagi pemiliknya, akan tetapi namanya saja mobil tua atau mobil jadul jadi ya….mesti ada beberapa masalah yang sering terjadi pada hijet 1000 yang datang juga.

Berikut ini saya rangkumkan sendiri mengenai berbagai masalah yang sering terjadi pada hijet 1000 setelah kurang lebih 5 tahun memakai hijet 1000 sebagai kendaraan buat kaki dan kendaraan buat operasional saya sendiri.

kaki-kaki hijet 1000
    • Bodi

      Anda tentunya sudah tahu semua, sebelum saya memodifikasi hijet 1000 tahun 1984 saya, bodinya banyak yang keropos. Kita memaklumi karena usianya yang sudah lanjut. Makanya saya ganti plat bodi semuanya yang keropos dengan plat baru. Saran untuk Anda pemilik hijet 1000 apabila mempunyai masalah keropos pada bodi jangan ditambal pada lokasi yang keropos saja, tetapi dicari beberapa centimeter dari wilayah yang keropos untuk diganti dengan pelat baru, pakai plat dari drum bekas oli juga bagus karena disamping tebal drum bekas oli bahannya bagus, kalau perlu diganti beberapa areal yang keropos dengan plat dari drum semua, cuma untuk penggantian dengan plat dari drum butuh waktu yang lama karena harus motong drum dulu sebelum membentuknya dsb. Tetapi harganya tentu lebih murah, mantap bukan? Jangan lupa untuk dikenteng atau diketok magic. Cara pengelasan untuk menambal bodi juga harus di las full jangan cuma di las cantum saja, karena biasanya kalau ditutup dempul beberapa bulan kemudian dempulnya akan kempis, disini permasalahannya, nantinya cat akan cacat atau membekas seperti cacing. Saya sudah membuktikan sendiri mengenai hal ini, ada beberapa bagian dalam hijet 1000 saya yang hanya ditambal dengan model las cantum dan hasilnya sudah kelihatan mulai terlihat “cacing” nya. Ini berbeda dengan sambungan yang saya las full, hasilnya 100% oke. Jangan lupa untuk memberi lapisan anti karat pada bodi bagian dalamnya, ini sangat penting untuk melindungi terjadinya karat lagi pada bodi.

    • Chasis

      Untuk chasis hijet 1000 termasuk golongan mobil minibus klasik yang chasisnya kuat, alias tidak mudah keropos, buktinya hijet 1000 saya biarpun Pemalang merupakan daerah pantai tetapi chasis hijet 1000 saya masih tetap oke. Hanya saja biasanya ada beberapa bagian yang keropos terutama bagian depan tempat dudukan as setir bawah (bagian worm) dan tempat stabil bodi depan perlu dikontrol juga. Bagaimana dengan hijet 1000 Anda? Apabila anda mengalami hal demikian mudah saja penyelesaiannya tingaal las dan klem dengan pelat baja yang kuat, ini biasanya sering terjadi pada hijet 1000 pick up karena sering bawa muatan yang berat.

    • Kaca-kaca

      Apabila kaca-kaca sudah kusam dan berjamur, cuci dan bersihkan dengan obat anti jamur kaca. Silahkan beli saja di toko dan baca sendiri aturan pakainya, menurut saya sangat mudah dan simpel.

    • Karet-karet

      Mengingat usia mobil yang sudah tua biasanya karet-karet sudah keras semua, saran saya sih ganti yang baru saja terutama karet-karet pintu, hasilnya akan berbeda sekali apabila anda sudah menggantinya dengan yang baru. Saran untuk anda yang sedang merestorasi atau lagi ngecat hijetnya ganti saja karet kaca depan dan belakang dengan yang baru.

    • Lantai

      Untuk lantai hijet 1000 tergolong bagus terutama untuk lantai tengah sampai belakang, jarang sekali keropos dan menggunakan besi bergelombang jadi sangat kuat sekali. Permasalahan biasanya terjadi pada lantai depan atau dibawah pijakan gas biasanya keropos. Penangananya sangat mudah saja, silahkan tambal saja dengan pelat drum seperti pada nomer 1 dan jangan lupa dibuat modif pelatnya biar sama seperti lantai aslinya jangan polosan saja. Setelah ditambal bisa anda cat dengan Hammertone atau flingkut saja untuk mencegah keropos lagi.

    • Kaki-kaki

      Karena hijet 1000 juga termasuk mobil jadul, kaki-kaki juga perlu penyegaran yaitu perlu dicek tie road dan ball joint nya, apalagi bila setir sudah terasa berat, ganti saja dengan yang baru dan jangan lupa untuk spooring dan balancing ya? Pakai manual saja, gampang dan mudah kok, silahkan dibaca lagi masalah spooring dan balancing pada mobil klasik anda. Kebanyakan hijet tie road nya kuat asal spare part nya original, jangan yang palsu belinya, harga spare part termasuk murah kok. Suspensi juga perlu mendapat perhatian penting, ganti saja dengan yang baru apabila suspensi sudah bocor, jangan hanya diservis atau disuntik saja karena ketahanannya nggak lama cuma sekitar 2 bulanan saja, saya sudah membuktikannya, beli baru justru lebih murah dan jangan lupa ganti juga karet-karet pangkonnya, dijamin hijet 1000 anda akan mantap dan empuk lagi, nggak kalah sama avansa dan xenia yang baru empuknya.

    • Rem dan roda

      Masalah yang sering terjadi pada hijet 1000 seputar rem dan roda biasanya rem yang kurang empuk atau rem sering mengocok, waduh…bahaya juga nih, kalau nggak terbiasa ngocok bisa-bisa nabrak mobil didepan kita dong… Untuk permasalahan ini yang perlu diperhatikan dan perlu diservis yaitu pada master remnya, biasanya karet sealnya sudah pada bocor, ini perlu penanganan yang serius yaitu dengan menggantinya dengan seal karet yang baru, dan ingat beli yang asli biar awet dan bagus, kalau piston master rem yang sudah aus sebaiknya ganti juga dengan yang baru biar pengereman berjalan normal kembali.
      Masalah lain dari rem biasanya rem membuang kekanan atau kekiri, ini dikarenakan ada salah satu rem yang berfungsi bagus dan ada yang lainnya yang macet pada masing-masing roda, sebagai contoh apabila kita injak rem terus setir malah belok kiri berarti rem sebelah kiri normal dan sebelah kanan macet, maka perlu dikontrol pada bagian roda kanan apakah ada kebocoran pada sealnya atau pistonnya sudah aus. Setelah penggantian perlu dilakukan setel ulang rem lagi biar keadaan normal, setel juga kampas remnya agar jangan terlalu dekat atau renggang dengan tromol karena bila terlalu dekat biasanya untuk berjalan terasa berat dan akan tercium bau kampas rem, kalau terlalu renggang maka pengereman akan kurang maksimal, sebaiknya konsultasikan dengan ahlinya saja, dan biayanya dijamin murah banget.
      Ada satu lagi permasalah rem dan roda pada hijet 1000 yaitu mobil akan terasa bergetar apabila kita rem, ini disebabkan karena tromol bagian dalam kurang rata ausnya atau penjol bagian dalamnya, solusinya tromol harus di bubut ulang atau kalau sudah tipis ganti saja dengan yang baru.
      Untuk permasalahan roda yang lainnya yaitu seringnya terjadi kerusakan pada bearing roda terutama pada roda depan, ini biasanya terjadi kalau kita mengganti hijet 1000 kita dengan velg racing, karena setir akan terasa lebih berat, solusi ganti bearing dengan yang asli dan tetap pakai velg standar saja kalau mau ganti ring 13 ya pakai punya espass atau zebra yang standar, ini merupakan solusi terbaik agar bearing anda menjadi awet.

    • Lampu-lampu dan kelistrikan

      Ini masalah yang sering terjadi pada hijet 1000 yang sangat penting dan perlu mendapat perhatian serius karena menyangkut hal vital untuk berkendaraan. KelistrikanMODIFIKASI HEADLAMP MOBIL KLASIK ANTIK. Read more ... » perlu distandarkan lagi yanitu dengan setting ulang kabel-kabelnya, kalau anda tidak mau repot panggil saja tukang dinamo yang profesional, kalau mau dipelajari sebenarnya mudah, tetapi tidak perlu saya jelaskan panjang lebar ya? Intinya permasalahan kelistikan pada hijet 1000 anda apabila sudah banyak jumper-jumper atau sambungan kabel disana-sini dan semrawut, perlu diseting ulang, penambahan-penambahan aksesoris seperti lampu kabut, pasang AC atau tape mobil yang baru perlu dilakukan dengan sambungan baru yang bersumber pada aki langsung dengan model relay jangan asal mengambil setrum dari kabel yang ada dengan sembarangan karena sangat bahaya dan bisa menyebabkan hubungan pendek….boom….bisa terbakar deh mobil anda. Kalau lampu depan atau head lamp kurang terang perlu diganti bolamnya atau perlu ditambahkan relay sendiri buat lampu (kapan-kapan mau saya posting tersendiri mengenai relay buat lampu). Kalau mika lampu hijet 1000 anda sudah kusam dan pengin kembali tampil cling atau baru, silahkan dibaca lagi mengenai cara mengkilapkan headlamp disini.

    • Interior

      Ada yang suka original ada juga yang pengin menggantinya dengan yang baru karena originalnya sudah pada sobek dan rusak. Silahkan baca lagi mengenai restorasi interior mobil klasik antik. Anda bisa memilih sesuai selera anda mengenai interior hijet 1000 ini, banyak pilihan dan model sesuai dengan budget anda.

 

Sementara sampai disini dulu deh tulisan saya mengenai masalah yang sering terjadi pada hijet 1000, untuk selanjutnya nanti akan saya tuliskan lagi mengenai mesin dan permasalahannya. Silahkan anda bisa menambahkan untuk permasalahan hijet 1000 anda di komentar, masalah diatas itu menurut pandangan saya saja dan bukan merupakan masalah teknis serta keahlian, itu merupakan masalah berdasarkan pengalaman saya saja. Terima kasih untuk anda yang tetap setia membaca di blog bengkel restorasi dan modifikasi mobil klasik antik.

Bagikan ke teman andaShare on Facebook16Share on Google+6Tweet about this on Twitter0Pin on Pinterest0

6 thoughts on “MASALAH YANG SERING TERJADI PADA HIJET 1000”

  1. sip…sip….
    Bos, kalau mau reparasi Body Hijet, supaya asap kagak masuk dan bisa di pasang ac, plus cat Merah Ferari abis berapa duit ya …. ?
    mohon infonya. terimakasih

  2. Pak willy untuk hijet biar asap nggak masuk harus dicek keadaan lantai, penutup mesin dan landasan jok dan bila perlu pasang lis karet pada pinggir2nya serta peredam panas. Masalah ngecat merah ferari silahkan hubungi kami langsung, bisa sms, whatsapp dan lain-lain.

  3. kalo hijet bisa ngga di ganti bodynya?? kbetulan body mobil ttangga masih mulus tp chasisnya kropos parah sedangkan mobil saya chasis utuh tp body kropos abis. bisa gak bodynya ditukarkan alias dikanibalkan???

    1. Bisa mas Catur bila hijet anda mau dikanibal dengan bodi hijet lainnya, potong saja nomer rangka yang dibawah jok kemudian pasang pada bodi hijet yang baru. Kalau nomer rangka hijet 1000 anda sudah keropos sebaiknya urus saja ke kantor Samsat setempat untuk mendapatkan nomer rangka baru yang dibuat resmi dari pihak yang berwenang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>