MODIFIKASI SEDERHANA SUZUKI KATANA

Bagikan ke teman andaShare on Facebook181Share on Google+9Tweet about this on Twitter11Pin on Pinterest0

Dengan membaca judul modifikasi sederhana suzuki katana tentunya Anda sudah bisa membayangkan keadaan mobil suzuki katanaDIJUAL SUZUKI KATANA GX TAHUN 1994. Read more ... » kesayangan Anda di rumah. Ya…memang suzuki katana merupakan mobil jenis jip yang legendaris dari pertama kali dikeluarkan setelah Jimny Jangkrik terakhir diproduksi yaitu antara tahun 1982/1983.

suzuki katana modifikasi

Sampai generasi terakhir sekitar tahun 2005/2006 dengan bentuk dan model yang secara garis besar masih sama hanya sedikit perubahan-perubahan saja.
Pada awal-awal tahun 1982/1983 bentuk dan model atap masih ‘trepes’ istilahnya dan model ini sekarang malah banyak peminatnya karena banyak pecinta katana yang menjadikannya mobil off road modification.

suzuki katana modifikasi

Bagi anda yang memiliki usaha jual beli mobil bekas tentunya sangat jarang memiliki stok suzukiSUZUKI CARRY BAGONG PICK UP MODIFIKASI. Read more ... » katana model awal ini karena banyaknya peminat yang mengincar dan pastinya harga jualTIPS JUAL BELI MOBIL BEKAS. Read more ... » juga mahal.

Nah secara umum orang menyukai suzuki katana karena memiliki banyak kelebihan antara lain sbb:

  • Modelnya simpel
    Dengan bentuk model simpel, sederhana dan praktis suzuki katana tidak memerlukan tempat parkir atau garasi yang besar, karena itu banyak disukai oleh orang-orang kota yang memang keadaan rumah yang berhimpitan. Disamping itu sengan model simpel ini suzuki katana bisa masuk ke jalan-jalan sempit di kota-kota. Dari dulu sampai sekarang modelnya juga masih sama saja.
  • Irit bahan bakarMENGATASI MOGOK KENDARAAN KARENA BENSIN NGGAK KELUAR. Read more ... »
    Karena kapasitas mesin yang kecil, 1000cc Suzuki Katana termasuk mobil yang irit bahan bakarnya. Konsumsi bahan bakar untuk satu liternya bisa mencapai 12 sampai 15 km tergantung pemakaian dan keperluannya, misal kalau untuk luar kota bisa sampai 15 km per liter biarpun tetap menggunakan AC full.
  • Mobil untuk semua umur
    Suzuki katana termasuk mobil yang disukai oleh semua orang baik pria maupun wanita dari kalangan muda maupun dewasa karena modelnya yang simpel dan keren mengikuti perkembangan jaman. Pernahkah suzuki katana anda diparkirkan sejajar dengan mobil-mobil yang baru? Model masih oke kan? Apalagi bila Suzuki katana anda sudah dimodifikasi, pasti lebih mantap deh..
  • Mesin tidak ribet dan perawatan mudah
    Suzuki memang mendesain mesinnya sangat simpel serta spare part yang banyak dipasaran. Mesin Suzuki katana termasuk bandel dan jarang terjadi kerusakan apabila anda secara rutin sering memeriksa atau mengganti oli dengan teratur, dijamin tidak akan pernah turun mesinWAKTUNYA TURUN MESIN MOBIL TUA ANDA. Read more ... » sampai sekarang. Kalaupun ada masalah sedikit cara penangannya sangat mudah, banyak mekanik yang menguasai cara perbaikan mesin suzuki katana, dari bengkel resmi suzuki sampai bengkel dibawah pohon waru bisa menanganinya.
  • Fleksibel dan gampang dimodifikasi
    Suzuki Katana merupakan mobil yang fleksibel dan paling gampang dimodifikasi, sudah banyak pabrikan aksesoris dari dalam negeri ataupun luar negeri seperti China dan Taiwan yang memproduksi berbagai macam aksesoris keperluan modifikasi suzuki katanaMODIFIKASI MINIMALIS SUZUKI KATANA 1995. Read more ... » yang sudah jadi dan tinggal pasang saja, misalnya model bumper dan grill serta body kitMEMBUAT BODY KIT DAN AKSESORIS MOBIL KLASIK. Read more ... » lain yang sudah banyak dijual dipasaran. Anda tinggal membelinya dan memasangnya saja sendiri, mudah bukan?

Dari semua kelebihan Suzuki katana seperti yang sudah kami sebutkan diatas, ada juga kekurangan yang menurut kami perlu untuk anda perhatikan juga seperti judul posting ini yaitu modifikasi sederhana suzuki katana antara lain maksudnya adalah agar suzuki katana anda lebih terlihat sempurna biarpun modifikasinya hanya standar saja.

modifikasi rem suzuki katana

Mengenai kekurangan secara standar dari suzuki katana serta saran kami untuk sedikit memodifikasinya antara lain yaitu :

  • Rem standar Suzuki Katana yang keras
    Rem bawaan atau rem standar suzuki katana menurut kami termasuk keras atau tidak empuk, mengapa demikian? Ya… memang demikian adanya karena rem suzuki katana masih manual atau belum menggunakan sistem booster. Coba saja anda bandingkan dengan rem hijet 1000 yang sudah menggunakan booster pasti lebih enak dan enteng punya rem hijet 1000KOMUNITAS HIJET 1000 DI JAWA TENGAH. Read more ... » dari pada punya katana. Nah…untuk saran dari kami anda harus modifikasi sedikit tuh remnya dengan memasang booster biar enak nginjeknya dan nggak seperti terpental kakinya. Untuk booster sepertinya anda bisa nyari ex singapura atau punya mobil-mobil kecil seperti suzuki carry extra yang tidak banyak merubah dudukan atau posisi filter anginnya. Silahkan cari rekomendasi sendiri dengan mekanik anda untuk pemasangan masalah booster rem pada suzuki katana anda.
  • Dinamo ampereTIPS SEDERHANA CARA MENGETES PENGISIAN AKI NORMAL ATAU TIDAK. Read more ... » atau alternator
    Dinamo ampere bawaan suzuki katana tergolong kecil jadi untuk pengisiannya kurang, apalagi bila anda memasang berbagai macam aksesoris lampu dan audio yang ‘jedug-jedug’ ditambah lagi ada AC nya, dijamin aki suzuki katana anda akan sering tekor alias kurang setrum. Saran kami modifikasi saja atau ganti saja alternator yang lebih gede, misal milik kijang dijamin aman apabila suzuki katana anda mau dipasangi berbagai modifikasi seperti audio yang bagus, disamping itu juga aki perlu ganti dengan yang berkapasitan 60 ampere minimalnya.
  • Pengapian platina
    Suzuki katana model lama masih menggunakan platina sebagai pengapiannya. Sistem ini menurut kami ribet dan terlalu sering disetel dan kalau setingnya tidak pas maka akan mengganggu juga sistem pembakarannya, ribet bukan? Saran kami modifikasi saja pengapian platina menjadi pengapian CDI, silahkan anda beli CDI kit untuk modifikasi platina yang sudah banyak dijual dipasaran. Dengan digantikannya platina menjadi CDI, konsumsi bahan bakar juga akan semakin irit lagi. Silahkan dibaca lagi mengenai mobil klasik lebih irit dengan CDI disini.
  • Modifikasi tempat wiper
    Tempat dudukan wiper suzuki katana dan suzuki yang lain seperti suzuki carry sering kendor karena menggunakan sistem jepit saja, saran kami sebaiknya upgrade atau modifikasi saja dengan dudukan sistem baut dan mur seperti pada toyota kijang sehingga tidak mudah aus.
  • Lampu yang redup
    Memang bawaan asli wiring set suzuki katana demikian, untuk mengatasi lampu terutama head lamp yang kurang terang, anda bisa menggantinya dengan head lamp set yang sudah ada dipasaran atau dengan merangkai kembali wiring set dengan menambahkan relay. Untuk panduan memasang relay akan kami postingkan nanti ya..

Sementara hanya itu saja yang mungkin perlu kita ketahui mengenai modifikasi sederhana suzuki katana. Silahkan share juga pengalaman anda di komentar ya? Terima kasih sudah mampir di restorasi dan modifikasi mobil klasik antik.
Informasi diatas merupakan pengalaman kami dan sebagian kami ambil referensi dari berbagai sumber dari forum-forum otomotif.

Bagikan ke teman andaShare on Facebook181Share on Google+9Tweet about this on Twitter11Pin on Pinterest0

54 thoughts on “MODIFIKASI SEDERHANA SUZUKI KATANA”

  1. Mas aku punya katana gx 95 pada saat macet indikator temperatur naik sampai separuh bahkan bisa lebih tp begitu lancar turun lagi indikator panasnya, untuk radiator kondisi fit dan pakai cullent bahaya ga untuk mesin? Klo biar bisa standar panasnya dikasih apa ya? Mohon pencerahan mas bro thx banyak catatan kipas masih standart

  2. Radiator sudah dikorokin bro dan airnyapun pakai coolant tp masalah panas masih tetap coz ada yg bilang suruh ganti fan escudo apa kira2 bisa jd solusi? Thx pencerahannya bro

    1. Mungkin bisa membantu, kami juga belum pernah memakai fan escudo, kalau pengin lebih bagus lagi pake fan elektrik saja tapi sebelumnya coba ganti packing silinder head nya dulu masbro barangkali bisa membantu mengurangi panasnya, ganti dengan yang ori saja.

  3. Mas bro ane mau tnya nie, katana ane ada bunyi yg ga bersahabat alias ngorok tapi begitu pedal kopling di injak dah ilang tuh bunyi jadi sopan banget penyebabnya apa ya mas bro??? Bunyi ini muncul sehabis pulley ane ganti ukuran paling kacil tuk ngilangin overhead, overhead teratasi tp muncul suara yg aneh jd takut kalo mau pake, mohon pencerahan mas bro untuk mobil katana kesayangan ane terima kasih

    1. Bunyi ngorok pada saat pedal kopling diinjek itu karena drek laher atau release beraing nya sudah aus bro dan tidak ada hubungannya dengan penggantian puli, kebetulan saja suaranya terdengar keras saat anda mengganti pulinya. Silahkan ganti saja drek lahernya dengan yang baru

  4. Bunyi ngoroknya itu pada saat stasioner mas bro, tapi begitu kita INJEK PEDAL KOPLING Ngoroknya ilang suwun pencerahannya mas bro

    1. Seting karbu dan delco kurang pas, coba seting posisi delco dulu setelah itu karbu dibersihkan. Cek juga kabel busi barangkali ada kebocoran sehingga pembakaran kurang maksimal. Terakhir lihat knalpot apakah berasap putih atau hitam.

  5. Artikel Modifikasi Sederhana Katana nya Mas Damar sangat menarik. Saya punya Katana DX 94 Standar (hanya ganti velg) sudah 9 thn . Saya tertarik dengan Rem Suzuki Carry Extra dan Pengapian CDI (bener, ini keluhan/kekurangan yg saya alami). Mohon info kira-kira berapa anggaran yg harus saya siapkan utk 2 (dua) masalah diatas (kondisi barang baru, booster & CDI) … Thx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>