MODIFIKASI VELG MOBIL KLASIK

Modifikasi velg mobil klasik – Salah satu bagian penting dari modifikasi mobil klasik adalah modifikasi velg mobil klasik atau mengganti rodanya. Modifikasi velg mobil klasik perlu dilakukan untuk menambah penampilan mobil semakin keren dan gagah. Untuk trend dan gaya modifikasi velg mobil klasik disesuaikan dengan keadaan mobil yang kita modifikasi, artinya disamping tampil keren juga perlu diperhatikan efek ‘safety’ pada saat kita menggunakan atau memakai mobil klasik kita untuk keperluan sehari-hari.

modifikasi velg mobil klasik

Jangan sampai dengan tampil keren dengan modifikasi tetapi rasa kurang nyaman juga terjadi pada saat mobil kita kendarai.

Misalnya menggunakan velg ukuran besar dan lebar dengan ban ukuran tipis, menurut saya efek kurang nyaman akan lebih banyak dari pada manfaat menjadi keren tadi, apalagi kondisi jalan disekitar kita yang tidak memungkinkan. Berdasarkan pengalaman kami pernah pengalami pecah ban karena terjerembab ke lobang pada saat kami melewati jalan pantura di sekitar Tegal dan Pemalang. Untung saja velg yang kami pakai tergolong bagus, kalau hanya velg modifikasi berbahan lokal mungkin sudah pecah atau paling tidak retak. Bukan berarti kami menganggap jelek bahan lokal lho?

Beberapa pertimbangan dalam modifikasi velg mobil klasik antara lain :

    1. Hindari pemakaian velg yang terlalu besar dari ukuran sebenarnya, misal ring 13” diganti dengan ring 16” atau 17”. Sebaiknya pakai yang standar saja atau kalau ingin velg yang lebih besar maka patokan kita harus diganti velg yang ukurannya satu atau dua tingkat diatasnya, misal ring 13” diganti ring 14 atau 15”.
    2. Hindari menggunakan velg yang terlalu lebar, memang menggunakan velg yang lebar akan membuat ban mobil semakin menapak dengan jalan. Akan tetapi penggunaan velg yang terlalu lebar juga akan mengganggu kenyamanan pada saat berkendara atau pada saat parkir. Karena setir akan terasa lebih berat pada saat belok atau parkir, walaupun mobil klasik kita sudah power stering. Kelemahan yang lain apabila menggunakan velg yang terlalu lebar juga akan mengakibatkan pecahnya bearing atau boll joint.
modifikasi velg mobil klasik
  1. Hindari penggunaan ban yang terlalu tipis. Disamping kurang nyaman pemakaian ban yang terlalu tipis juga sangat berbahaya terutama bila jalan keluar kota karena seperti pengalaman kami diatas dengan kondisi jalanan yang ada di Indonesia yang menurut kami jelek, banyak lubang dll.
  2. Sesuaikan ban dengan fungsinya, misalnya ban off road atau ban biasa, karena ini merupakan salah satu faktor kenyamanan kita dalam berkendara.
  3. Carilah bahan velg dengan kualitas bagus, bahan yang bagus biasanya terbuat dari alumunium atau untuk velg-velg sekarang yang banyak beredar ada yang terbuat dari bahan karbon sehingga konstruksinya lebih ringan dan kuat biasanya untuk velg-velg dengan bahan ini harganya lumayan mahal.
  4. Hindari mengganti atau memasang ban dengan alat tradisional seperti dipinggiran jalan untuk menjaga kondisi velg terutama bagian permukaan dan tepi velg cacat karena biasanya mereka hanya mencongkelnya saja tanpa menggunakan alas, kalau terpaksa mengganti dijalan ya kita harus mengawasinya sehingga velg kita tidak cacat.
  5. Perlu di spooring dan balancing secara berkala, silahkan lihat fungsi spooring dan balancing pada posting kami yang lain.
  6. Carilah velg yang ukuran lobang pcd nya sesuai dengan pcd mobil kita, jangan menggunakan velg modifikasi dengan lubang pcd universal artinya bisa digunakan untuk berbagai tipe ukuran pcd, disamping jelek secara estetika, juga kekuatan lubang pcd nya akan berkurang (sering pecah pada bagian lubangnya apabila terkena getaran yang tinggi)
  7. Apabila velg sudah cacat sebaiknya ganti dengan yang baru, hindari menyervis atau memperbaiki velg apalagi bila bila perbaikannya dilakukan dengan metode pemanasan karena bahan velg nya akan berubah stuktur menjadi lebih mudah retak.
  8. Apabila anda ingin membeli velg bekas dipinggir-pinggir jalan hal yang perlu diperhatikan apakah velg itu masih layak atau tidak harap teliti dengan baik bagian luar, dalam dan permukaannya. Jangan sampai anda salah dalam membeli karena ada juga mereka yang menjual velg sudah retak dan mendempulnya kembali.
  9. Untuk modifikasi mobil klasik antik gaya retro, velg standar dengan dicat warna hitam dengan tutup dop stainless dan ditambahkan dengan white wall akan tampil lebih klasik dan keren.
  10. Untuk mobil klasik antik yang hanya untuk pameran atau pajangan saja sih, tips-tips diatas mungkin tidak perlu sama sekali, yang diperlukan hanya tampilan velg yang keren.

Demikian tips dari kami mengenai modifikasi velg untuk mobil klasik anda. Selamat berkreasi dengan mobil klasik antik yang anda miliki.

tags: , ,