MENANGANI MOBIL BEKAS KECELAKAAN

Berhubung kali ini bengkel modifikasi mobil klasik antik masih ada pekerjaan menangani mobil bekas kecelakaan kali ini kami akan sedikit mengulas mengenai tata cara menangani mobil bekas kecelakaan atau tabrakan. Memang menangani mobil bekas kecelakaan dituntut untuk menguasai ilmu ( bukan bela diri…lho…) pasti mengenai perkentengan, kalau orang dulu bilang kenteng magic atau ketok magic.

melepas pintu dan kedokan mobil

Ilmu perkentengan ini mungkin tidak bisa diceritakan dengan teori saja, tetapi dibutuhkan seorang teknisi yang memang harus tahu seluk beluk ketok magic.

menangani mobil tabrakan
bagian bodi depan parah

Ingat tulisan saya sebelumnya mengenai kenteng magic, bahwa tidak ada istilah bantuan mahluk halus dalam istilah kenteng magic itu. Kembali untuk menangani mobil bekas kecelakaan kami sudah ada khusus seorang teknisi khusus untuk menangani permasalahan ini dengan pengalaman yang sudah tidak usah diragukan lagi, karena memang untuk masalah penanganan mobil bekas tabrakan tidak ada sekolahnya yang mengajarkan teori saja, akan tetapi praktek lah yang jauh lebih penting.

pintu mobil yang ringsek
pintu mobil ringsek bekas tabrakan

Sebelumnya kategori kerusakan bodi mobil dapat kita golongkan menjadi beberapa sebab yang tentu saja faktornya bermacam-macam antara lain:

    • Bodi keropos.
      Bodi keropos merupakan kerusakan pada bodi mobil yang umum dan sering terjadi karena mobil dimakan usia alias mobil tua atau mobil jadul, apalagi mobil-mobil anda berada di wilayah seekitar pantai, penyakit keropos akan lebih cepat datang dibandingkan apabila posisi mobil sehari-harinya berada di daerah pegunungan. Untuk penanganan yang baik kalau terjadi keropos ya..kita harus tambal ulang keroposnya itu, kesulitannya yaitu apabila keroposnya terjadi pada tempat-tempat sulit dan berbahaya, seperti dekat tanki bahan bakar atau pada sudut-sudut lis kaca depan atau belakang. Untuk semua bengkel punya cara tersendiri untuk menanganinya. Mobil klasik antik banyak dan sering mengalami kejadian ini.
      Menambalnya juga diperlukan keahlian tersendiri dan jangan asal bisa menambal saja. Masalah ini merupakan masalah alami yang sering terjadi pada mobil klasik antik.

 

  • Bodi amblas atau ringsek ringan.
    Bodi amblas disini merupakan kerusakan faktor yang lain karena mungkin nyerempet atau kena benturan ringan dan kalau bodi masih dalam keadaan kaleng hal ini sangat mudah untuk ditangani dan kejadian bodi amblas ini sering terjadi di daerah yang padat kendaraannya seperti di kota-kota besar, apa itu nyerempet atau serempetan dengan mobil lain sewaktu diperjalanan. Biasanya banyak terjadi pada pintu-pintu atau bumper mobil anda. Cara penanganan tinggal ketok aja bagian belakangnya, tetapi jangan menggunakan benda besi karena bagian dalam akan terlihat cacat. Gunakan bahan yang lain seperti balok kayu, dll.

 

 

  • Bodi amblas dan ringsek.
    Nah untuk masalah ini merupakan masalah yang sangat serius, kejadian bodi yang amblas dan ringsek banyak dan sering terjadi pada keadaan mobil habis kecelakaan atau tabrakan. Bodi amblas disini bisa diartikan mobil habis nabrak atau mobil bekas kecelakaan. Karena amblasnya bodi akibat kecelakaan terutama kecelakaan tingkat sedang sampai tinggi terjadi akibat human error atau juga vehicle error.
    Untuk penanganan bodi amblas pada bagian ini sangat sebenarnya sangat mudah,untuk sebagian pelanggan yang mempunyai dana lebih bisa menggantinya dengan yang baru pada bagian-bagian tertentu misal kedokan depan yang kena, bumper, atau pintu saja. Tentu saja ini dilakukan kalau bodi benar-benar sudah tidak berbentuk lagi, akan tetapi sebenarnya bisa kita perbaiki asalkan kita tahu mengenai alur-alur ringseknya bodi, sebagai contoh misalnya pada bodi yang terkena bekas benturan biasanya akan amblas dan sekitarnya juga akan ikut amblas, kita mulai mengenteng dari sekitar bodi yang amblas dulu baru setelah selesai sekitarnya kita tangani yang utama yaitu pada bagian yang kena. Pemotongan bisa dilakukan apabila pada posisi-posisi sulit seperti pada tiang-tiang penyangga kaca, bagian bawah seperti lantai, dsb.

 

menangani mobil kecelakaan
menangani mobil kecelakaan
menangani mobil kecelakaan
kedokan depan dibongkar total
memperbaiki lantai mobil
melepas lantai mobil
kenteng bodi mobil tabrakan
melepas bekas las dari pabrik
penambalan bodi mobil
penambalan bodi mobil

Kalau untuk penanganan mobil klasik akan sangat lain apalagi kalau bagian bodi yang kena sudah tidak ada dipasaran lagi, jadi terpaksa harus dibuatkan bodi ulang lagi atau istilah kerennya harus di-karoseri-kan kembali agar pada proses pengerjaan selanjutnya lebih mudah dan mobil bisa benar-benar mirip seperti semula. Begitu kira-kira mengenai sedikit permasalahan cara menangani mobil bekas kecelakaan menurut pengalaman bengkel kami.
Berhati-hatilah dijalan dan ikuti semua rambu-rambu lalu lintas yang ada. Salam restorasi dan modifikasi mobil klasik antik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>