TIPE BAN UNTUK JENIS MOBIL JIP

Tipe ban untuk jenis mobil jip – Pada posting kali ini bengkel restorasi dan modifikasi mobil klasik antik juga baru mengetahui tentang adanya berbagai macam tipe ban mobil. Ini merupakan pengalaman pribadi juga sewaktu kami dengan sengaja berjalan-jalan dalam rangka untuk mencari ban mobil yang cocok untuk dipasangkan pada mobil Taft putih yang masih dalam tahap akhir restorasi di bengkel kami.
Kalau secara fisik daihatsu taft ini merupakan jenis mobil jip jadi bannya juga mencari tipe ban untuk jenis mobil jip yang cocok untuknya.

ban untuk jip
tipe ban untuk jenis mobil jip
Begini ceritanya, sewaktu kami disuruh mencarikan ban apa yang cocok untuk model Daihatsu Taft milik Pak Henry dari Jakarta ini dengan sengaja kami membandingkan harga antara toko ban satu dengan yang lainnya. Kebetulan kami sudah ada gambaran untuk membeli ban yang cocok dan baru keluar model terbarunya yaitu type savero komodo. Wah kelihatannya mantap nih tipe ini dan kami pun menanyakan mengenai harganya serta disuruh memilih tipe nya yaitu M/T atau A/T atau tipe biasa atau ekstrim, terus ukuran berapa? Kami pun bingung juga setahu kami ukuran ban cuma kami tahu tinggi, lebar dan ring velg nya saja, eh… ternyata ada juga tipe ban A/T, M/Tdan ada juga tipe H/T.

Akhirnya kami tanyakan lebih lanjut dengan si pemilik toko mengenai arti A/T, M/T dan H/T dengan beraninya. Memang kode-kode ini biasanya ada pada ban jenis radial untuk mobil-mobil jenis jip seperti Daihatsu Taft kami. Dan tanpa basa-basi akhirnya kami diberi penjelasan yang panjang lebar mengenai tipe ban untuk mobil-mobil off road ini.
Perbedaan yang sangat mencolok dari ketiga tipe ban jenis ini dapat kita lihat dari jenis corak kembang bannya, untuk jenis M/T ( Mud Terrain) kembangnya semakin besar dan tebal karena jenis ini merupakan jenis ban untuk off road, jalan berlumpur dan medan-medan sulit lainya pada off road. Kalau untuk berjalan pada aspal bunyi ban akan berisik dan bila jalanan basah sangat berbahaya sekali karena ban akan menjadi licin.

ban mobil off road

A/T merupakan singkatan dari All Terrain, ban jenis ini digunakan untuk jenis segala medan seperti tanah, kerikil, genangan air serta bisa berjalan dengan baik pada aspal dengan suara yang tidak terlalu berisik tidak seperti ban jenis M/T.
Sedangkan H/T merupakan singkatan dari High Terrain hanya diperuntukkan untuk jenis jalan aspal saja, jenis ban ini biasanya dipakai pada mobil jenis-jenis MPV atau Multi Purpose Vehicle.
Setelah tahu tipe ban mobil jenis jip dan sebagainya, akhirnya kami pun memilih sesuai dengan keperluan kami nantinya.
Oke silahkan tentukan tipe ban apa yang sesuai dengan mobil klasik anda. Salam restorasi dan modifikasi mobil klasik antik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>