BEDA SISTEM PENGEREMAN TROMOL DAN CAKRAM

Beda sistem pengereman tromol dan cakram – Sebelum membahas lebih lengkap mengenai beda sistem pengereman tromol dan cakram pada mobil, maka kita flash back kembali mengenai apa arti rem dan seberapa pentingnya rem itu untuk mobil.

sistem pengereman mobil

Perlu kita ketahui bahwa sistem pengereman pada mobil ditemukan sejak jaman pertama kali mobil dibuat, jadi penemuan rem umurnya sama dengan penemuan mobil karena sistem pengereman merupakan sistem yang sangat penting dan vital sekali selama mobil atau kendaraan bermotor itu ada karena fungsi dari rem yaitu untuk mengurangi laju kendaraan sampai dengan menghentikan laju kendaraan, jadi sistem pengereman berbanding terbalik dengan kecepatan. Kalau boleh saya katakan bahwa rem adalah nyawa untuk kita yang berkendaraan.
Dalam teknologi sistem pengereman pada mobil yang sering kita temui dan yang paling banyak adalah sistem pengereman tromol dan sistem pengereman cakram. Dua-duanya masih dipakai dalam sistem pengereman mobil hingga sekarang sampai tulisan ini kami postingkan.
Untuk mobil klasik jenis sedan kebanyakan menggunakan sistem pengereman cakram pada roda depan dan tromol pada roda belakang, dengan semakin berkembangnya teknologi mobil untuk jenis sedan-sedan sport untuk keempat rodanya semuanya menggunakan sistem rem cakram semua karena kepraktisannya. Untuk mobil klasik jenis minibus tahun 1986 atau yang lebih tua kebanyakan menggunakan sistem tromol karena efisiensi biaya yang mungkin diperhitungkan pada saat mobil tersebut dibuat.
Kalau jaman sekarang ada sistem pengereman yang namanya ABS ( AntiLock Breaking System ) ini merupakan teknologi pengereman dengan bantuan elektronik saja yang bertujuan untuk menghindari penguncian pada saat pengereman bukan merupakan sistem pengereman yang baru agar rem lebih pakem.

Secara umum beda sistem pengereman tromol dan cakram yaitu :

Sistem Pengereman Cakram

Pada sistem rem cakram kampas rem digerakkan oleh kaliper yang didorong oleh piston sehingga kampas akan menjepit pada cakram karena terdorong oleh minyak rem apabila pedal rem kita injak.

sistem pengereman cakram

Sistem pengereman cakram lebih praktis dan efisien karena tanpa perlu menyetel alias sudah paten, perawatan dan pemasangan juga lebih mudah karena kita bisa melihat secara langsung apabila kampas sudah tipis dan perlu diganti dengan yang baru.

Sistem Pengereman Tromol

Pada sistem pengereman tromol kampas rem yang menempel pada sepatu rem akan bergerak mengembang sehingga menggesek bagian dalam tromol, pergerakan kampas rem ini karena adanya dorongan master rem yang menggerakkan piston sehingga menekan kampas untuk bergerak keluar.

sistem pengereman tromol

Pada sistem ini kampas rem akan kembali ke posisi normal karena adanya per atau pegas yang mengaitnya. Sistem pengereman ini cukup ribet karena harus dilakukan penyetelan ulang agar pengereman bisa tetap sempurna, kita juga tidak bisa tahu secara langsung apabila kampas rem sudah tipis, tetapi kita bisa mengira-ngira kapan kampas rem harus diganti yaitu apabila pedal rem yang kita injak sudah kurang nyaman.

Sistem pengereman tromol merupakan sistem pengereman yang lama, sistem ini banyak kekurangannya antara lain apabila saat banjir dan tromol tergenang air maka sistem pengeremannya akan berkurang atau tidak pakem, anda perlu berhati-hati apabila mobil anda masih menggunakan sistem tromol dan melewati daerah yang tergenang air. Rem tromol juga akan sering gancet atau macet karena biasanya pegas atau per yang menggerakkan kampas keluar tidak berfungsi dengan baik, akibatnya kampas rem akan cepat habis. Biasanya ini berpengaruh juga pada saat mobil berjalan terasa kurang bertenaga dan berbau kampas yang menyengat.

Kekurangan rem cakram yaitu kalau posisi mobil kita sering berjalan pada area berlumpur atau tanah dan kita jarang mencuci bagian ini maka kotoran yang menempel pada cakram atau kampas akan menghambat sistem kerja rem, tetapi ini jarang terjadi.

Demikian sekilas mengenai beda sistem pengereman tromol dan cakram serta beberapa kebaikan dan keburukannya. Bagaimanakah dengan sistem pengereman mobil klasik anda? Semoga bermanfaat, salam modifikasi dan restorasi mobil klasik antik.

tags: , , ,