MENGATASI BUNYI KURANG NYAMAN PADA STARTER MOBIL

Mengatasi bunyi kurang nyaman pada starter mobil – Kali ini bengkel restorasi dan modifikasi mobil klasik antik akan membahas sedikit mengenai cara mengatasi bunyi kurang nyaman pada saat starter mobil. Namanya saja mobil klasik antik, umurnya pasti sudah lebih dari dua puluh tahunan dan pastilah banyak permasalahannya karena memang sudah waktunya untuk dilakukan perawatan rutin biar tetep tokcer dan oke punya.

dinamo starter rusak mobil di dorong
ayo terus dorong mobilnya

Anda jangan kuatir dengan mobil klasik yang anda punyai karena kalau kita bisa sendiri menganalisa berbagai permasalahan yang menimpa mobil klasik kita tentunya tidak perlu banyak biaya untuk merawatnya.

Starter merupakan sesuatu yang sangat vital pada mobil, bayangkan saja kalau mobil tanpa starter pastinya sangat repot kan? Tiap hari harus nyiapin minimal dua orang untuk mendorongnya agar bisa jalan. Makanya starter sangat penting bagi sebuah mobil, akan tetapi terkadang kita kurang perhatian terhadap beberapa masalah yang terjadi pada starter. Starter disini yang kami maksud merupakan bagian keseluruhan yang mendukung sistem kerja pertama pada saat mobil distart, jadi bukan pada dinamo starternya saja.

bagian-bagian dinamo starter mobil
komponen dinamo starter

Komponen-komponen yang berpengaruh pada starter mobil antara lain yaitu :

  • Dinamo mobil lengkap dengan motor starternya
  • Kunci kontak (ignition switch) sebagai alat untuk memutuskan dan menyalurkan arus listrik
  • Accu mobi yang sehat
  • Fly wheel atau orang bilang ‘roda gendeng’
  • Komponen pendukung lain seperti kabel-kabel dan relay

Kalau ada yang lain mohon ditambahkan di komentar ya?
Nah mengacu pada beberapa komponen yang sudah kami uraikan diatas untuk keadaan pada mobil-mobil non klasik atau mobil-mobil yang masih tergolong baru memang tidak banyak mendapatkan kendala, akan tetapi pada mobil-mobil klasik atau mobil-mobil tua seringkali kita menghadapi beberapa permasalahan walaupun termasuk permasalahan yang ringan.
Akan tetapi permasalahan-permasalahan yang ringan pada starter mobil klasik anda akan menjadi masalah yang lebih serius apabila anda kurang tahu cara mengatasinya lebih dini, karena sebelum terjadi masalah yang lebih besar pada starter mobil anda biasanya sudah ada tanda atau sinyal yang mengharuskan anda tahu untuk segera mengatasinya yaitu bunyi yang kurang nyaman pada saat starter mobil.

Bunyi-bunyi kurang nyaman pada starter mobil antara lain yaitu :

  • Bunyi ‘cak-cek-cak-cek’ pada saat distarter dan mobil nggak jalan-jalan.
    1. Kemungkinan pertama yang terjadi yaitu tidak ada arus listrik yang masuk ke motor starter yang menempel pada dinamo starter. Cara penyelesainnya yaitu dengan mengontrol kabel listrik yang menuju ke motor starter, kalau motor starter sudah menggunakan relay, kemungkinan tidak ada arus yang masuk ke relay atau soket relay kendur atau kotor. Copot soket relay bersihkan dan pasang kembali, cek pula sekring yang terpasang ke relay.
    2. Kemungkinan yang kedua yaitu gigi bendik (pinion gear) pada dinamo starter belum sepenuhnya masuk kembali ke rumahnya, solusi penanganannya yaitu, kita pukul-pukul atau kita ketok-ketok dinamo starter pakai sesuatu yang keras tetapi tidak berbahan besi contohnya kayu sampai beberapa kali kemudian distart lagi atau kita masukan gigi transmisi ke gigi satu kemudian kita goyang-goyangkan bodi mobil dengan sedikit mendorongnya biar gigi bendik pada dinamo starter kembali normal. Apabila masalah ini sering terjadi, segeralah lepas dinamo starter dan lepaskan bendik dari rumahnya, kontrol apa rumahnya sudah aus atau belum, apabila masih bagus maka hanya perlu diberi stempet atau gumuk saja, kemudian pasangkan kembali.
skema dinamo starter dengan relay
skema dinamo starter dengan relay
  1. Kemungkinan yang lain terjadi karena ‘cool brush’ pada dinamo starter sudah aus atau sudah tipis dan perlu diganti ulang atau bisa juga angker dinamo starter sudah aus, sebelumnya dicek juga akinya apakah arusnya melemah atau tidak, bisa saja arus dalam aki berkurang. Maka anda perlu mengontrol dinamo ampere apakah pengisiannya normal atau tidak, silahkan baca artikel cara menganalisa pengisian aki normal atau tidak.
  • Bunyi ‘cek-jer-cek-jer’dan mesin belum juga jalan serta sering terjadi. Kemungkinan yang terjadi karena gigi bendik (pinion gear) pada dinamo starter sudah aus atau angker dinamo minta digulung ulang dan atau perlu diganti yang baru.
  • Bunyi ‘cekekek-cekekek’ pada saat mobil klasik anda pertama kali di start. Kadang bunyi ini kadang kala merupakan ciri khas suatu mobil, contoh pada daihatsu hijet 1000. Pada hijet 1000 bunyi ini memang ada karena memang komponen pada dinamo starternya ( gigi bendik nya lebih sedikit jumlahnya ) dibandingkan dengan gigi bendik pada mobil lain seperti suzuki carry, akan tetapi apabila bunyi tersebut lebih keras dan kadang disertai dengan bunyi ‘cer….cer…’ sampai beberapa kali dan mobil juga belum jalan-jalan, maka perlu anda curigai bahwa gigi pada dinamo starternya sudah mulai aus, atau bisa saja terjadi gigi pada fly wheel nya sudah pada runcing. Kalau hanya gigi bendik saja yang aus maka kita bisa menggantinya dengan yang baru, akan tetapi sebaiknya gigi fly wheel nya juga kita kontrol untuk memastikan bahwa gigi fly wheel masih bagus atau sudah meruncing. Repot juga nih… perlu turunin blok transmisi. Kalau gigi fly wheel nya masih bagus, it’s ok. Akan tetapi kalau gigi fly wheel nya sudah aus juga maka solusinya kita pasang gigi fly wheel nya dibalik, akan tetapi sebelumnya perlu kita bawa ke tukang bubut dulu untuk merapikan gigi-gigi fly wheel nya agar seperti standarnya.

Kiranya hanya sementara itu saja yang kami tahu, kalau nantinya kami menemukan atau anda juga menemui masalah yang lain seputar starter mobil silahkan ditambahkan lagi ya? Masalah diatas yang sering kami jumpai dalam penanganan masalah bunyi kurang nyaman pada starter mobil.
Semoga tips diatas bermanfaat, salam restorasi dan modifikasi mobil klasik antik.

tags: , ,