TIPS MENGGUNAKAN GPS BIAR TIDAK TERSESAT

Tips menggunakan GPS biar tidak tersesat – Judul posting yang aneh bukan? Semua sudah tahu apa itu GPS ( Global Positioning System ) yaitu suatu alat navigasi yang bisa digunakan untuk keperluan dari soal ukur mengukur tanah sampai dengan untuk pertahanan suatu negara.

tips membaca gps
GPS tracker pada mobil

Untuk dunia otomotif GPS banyak digunakan sebagai navigasi serta untuk mengontrol posisi mobil ( terutama untuk para pengusaha rental mobil ) berada dimana.
Tentunya banyak sekali kepentingan dan keperluan dalam menggunakan GPS ini, tapi kali ini saya akan sedikit sharing pengalaman yang kebetulan juga dialami teman saya yang terjebak atau tersesat dalam menggunakan GPS sebagai penunjuk arah atau jalan.

Kebetulan juga saya menggunakan GPS navigasi yang terintegrasi dengan google map serta teman saya menggunakan GPS navigasi yang terintegrasi dengan suatu software didalam head unit audionya. Bagi anda yang sering menggunakan ini tentunya sudah tidak asing lagi cara mengoperasikannya bukan?
Untuk cerita seru kami mengapa kami tersesat yaitu sewaktu mudik pada lebaran kemarin yaitu dengan sengaja kami ikut juga mudik asyik dengan mobil klasik dengan beberapa persiapan dan bekal yang cukup karena kami sengaja akan keliling Jawa dengan mobil klasik kami hijet 1000 dan dengan mengandalkan sebuah alat navigasi yang bernama GPS mobile tracking.

Awalnya sih lancar-lancar saja kalau kita melewati kota-kota besar atau kota setingkat kabupaten dan kecamatan, tetapi apabila kita berada pada desa yang jarak dengan kota kecamatan terdekat lumayan jauh, penunjuk GPS nya mulai ngawur dengan melewati jalan-jalan yang mungkin hanya dilewati oleh orang setempat saja dan kami tidak menjumpai satu mobil pun bersimpangan dengan kami.

gps mobile
Jawa Tengah pada GPS

Kami tenang saja dan terus mengikuti jalur yang ditunjukkan oleh GPS, pedoman kami yaitu sudah sering mengikuti jalur yang ditunjuk dan benar arahnya. Tetapi ini lain, setelah kami singgah di sebuah tempat wisata di Kabupaten Kendal tepatnya di Kecamatan Sukorejo dan desanya kami lupa namanya, menurut GPS yang kami langsung tracking untuk ke arah Pemalang ternyata menunjukka jalan yang ngawur, sampai akhirnya kami juga menyeberangi sungai untuk kembali lagi karena jalanan putus.

Kalau tujuan kami untuk off road sepertinya memang oke punya jalur ini, untungnya kami melakukan perjalanan di siang hari dan setelah hampir tiga jam bergelut dengan medan yang rusak dan ditengah hutan akhirnya kami bisa mencapai kota kecamatan lagi dengan selamat. Pokoknya jangan percaya 100% apabila anda akan melakukan perjalanan dengan mengandalkan GPS apalagi bila anda memakai mobil klasik yang sangat disayangi, seperti hijet 1000 saya akhirnya bodi pada penyok karena terkena lompatan-lompatan batu di jalanan yang kami lewati.

Disini kemudian kami bisa menyimpulkan sendiri mengenai tips menggunakan GPS biar tidak tersesat yaitu antara lain adalah :

  • Cara seting GPS apabila anda berada di kota harus dibedakan apabila anda berada di Desa.
    Untuk seting GPS di kota anda bisa langsung tentukan tujuan kota yang akan dituju karena penunjuk arah pada GPS biasanya akan melewati jalan-jalan besar yang merupakan jalan yang dilewati oleh mobil umum.
    Untuk seting GPS di desa atau kota kecil ke kota tujuan dengan jarak yang jauh anda sebaiknya menyeting GPS secara berurutan, jangan langsung menyeting kota tujuan akhir kita, karena dimungkinkan GPS akan memberikan arah yang tercepat menuju akses kota tujuan kita tanpa tahu akses jalan yang kita lalui itu jalannya rusak atau tidak. GPS hanya akan memberikan rute nya saja dan tidak mengetahui kondisi jalan yang sebenarnya. Maka anda sebaiknya menyeting dari kota tujuan yang terdekat dulu.

    tips membaca gps
    GPS pada head unit mobil

    Misalnya posisi anda berada di desa A, kecamatan B, kabupaten C dan akan pergi dengan tujuan kota D. Maka anda sebaiknya seting GPS ke tujuan terpendek dulu yaitu kecamatan B, baru kemudian seting ke kabupaten C atau langsung ke kota tujuan D. Karena kalau anda berada di desa A dan desa tersebut terpencil beberapa kemungkinan yang ada akses jalan menuju ke kecamatan B biasanya akan lebih baik karena biasanya jalan menuju ke kecamatan dari desa sudah bagus.

  • Pepatah malu bertanya sesat dijalan sampai saat ini juga masih berlaku, jadi anda jangan hanya mengandalkan GPS saja apabila anda berada di daerah yang asing, sebaiknya anda juga bertanya kepada orang di sekitar anda agar tidak jauh tersesat seperti yang kami alami.
    Bagaimanapun juga teknologi secanggih apapun tetap masih ada kekurangannya

Oke, demikian tips dari kami dalam menggunakan GPS biar tidak tersesat, semoga tips ini berguna untuk kita semua. Salam modifikasi mobil klasik antik.

tags: , , ,