TIPS MENGKILAPKAN KACA MOBIL KLASIK

Tips mengkilapkan kaca mobil klasik – Mempunyai mobil klasik kadang menjadi suatu impian untuk kita apalagi kalau kita memiliki mobil klasik yang merupakan special edition, seperti vw kodok tahun 1954/1956 yang memiliki bentuk kaca belakang oval, kombi bus jerman dobel sliding door, chevy camaro klasik, mazda rx dan mobil-mobil klasik lain yang memang sudah jarang yang punya dikarenakan memang jenis-jenis ini diproduksi dengan jumlah yang terbatas.

tips mengkilapkan kaca mobil
merawat kaca mobil tetap mengkilap

Masalah umum yang sering kita jumpai apabila kita baru membeli sebuah mobil klasik dan tua tentu saja banyak, apalagi apabila kondisi mobil yang kita dapatkan masih dalam bentuk bahan yang belum siap pakai.

Kita masih membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk merestorasikan kembali mobil tua kita. Memang untuk mendapatkan sebuah mobil klasik yang sempurna tentu saja sangatlah jarang karena berbagai kendala usia yang sudah tua. Untuk permasalahan restorasi atau cat ulang tentu anda mempunyai bengkel pilihan anda sendiri yang sudah dipercaya.
Akan tetapi sering kita mendapatkan mobil klasik dengan kondisi kaca yang sudah buram ataupun baret, tentu saja kita menginginkan agar kondisi kaca mobil kita kembali seperti semula.

Berikut beberapa permasalahan yang sering terjadi pada kaca mobil dan tips untuk mengkilapkan kaca mobil klasik nya kembali:

    1. Kaca mobil tampak kusam atau buram
      Biasanya ini disebabkan oleh jamur kaca yang terjadi karena air hujan yang tidak segera dibilas atau dilap sampai kering, masalah ini wajar dan sering bahkan hampir semua mobil mengalaminya kecuali mobil baru yang baru sebulan keluar dari dealer.
      Ciri-ciri kaca mobil anda terserang jamur yaitu adanya bercak-bercak seperti bekas air yang menetes pada kaca mobil, coba anda amati secara dekat pasti akan kelihatan dan hampir semua kaca baik itu kaca depan, belakang atau samping pasti kena jamur semua.

      obat jamur kaca mobil
      contoh obat anti jamur kaca dipasaran

      Cara mengkilapkan kembali untuk kaca mobil yang buram karena jamur yaitu anda tinggal menggunakan obat jamur kaca seperti yang dijual di toko-toko aksesoris atau spare part mobil (warnanya pink).
      Tetapi awas !!! Anda harus mengerti cara yang benar untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil anda, karena cara yang salah justru akan menambahkan efek buram di kaca mobil anda, baca dulu anjuran pemakaiannya.
      Kami akan menjelaskan sedikit tips menghilangkan jamur kaca pada mobil menggunakan obat anti jamur kaca ini agar kaca mobil anda bebas dari jamur.

      Hal-hal yang diperhatikan dan alat yang dibutuhkan untuk membersihkan kaca mobil dari jamur antara lain yaitu :

      • Hindari membersihkan jamur kaca dalam keaadan panas, sebaiknya bersihkan kaca pada pagi atau sore hari dan tidak terkena sinar matahari langsung, karena efeknya akan timbul pelangi dan kaca semakin buram.
      • Siapkan alat-alatnya seperti obat jamur kaca itu sendiri, sebuah kuas cat yang besar ( biar cepat pengerjaanya ), sebuah lap basah dan seember air untuk membilas.
      • Mulai pengerjaan dengan cara mengucurkan obat pada bagian atas kaca sampai mengalir sendiri dan gosok atau sapukan dengan kuas searah vertikal naik turun sampai merata pada seluruh kaca, apabila kaca terlalu lebar anda bisa memulai pengerjaan setengah kaca dulu kemudian dilanjutkan setengahnya lagi.
      • Jangan lupa lap langsung tetesan obat yang mengalir dan mengenai bodi untuk menghindari agar obat tidak menetes pada cat mobil.
      • Ulangi beberapa kali sampai didapatkan hasil yang maksimal, ini tergantung dengan kondisi jamur yang menyerang kaca mobil anda. Setelah semuanya merata baru kaca dibersihkan dengan lap yang mudah menyerap air dan keringkan.
      • Perhatian juga !!! Obat jamur kaca ini tidak cocok untuk kaca mobil-mobil buatan Eropa karena akan mengikis lapisan luar kaca sehingga tambah buram. Jadi cairan obat jamur kaca ini hanya cocok untuk mobil-mobil buatan Jepang saja.
      • Untuk mobil-mobil Eropa ada obatnya tersendiri, bukan memakai obat jamur kaca yang banyak dijual di pasaran, silahkan anda browsing sendiri ya…
cara menghilangkan baret kaca mobil

 

  • Menghilangkan baret pada kaca mobil.
    Setelah kaca dibersihkan dari jamur maka baret-baret pada kaca akan lebih jelas terlihat, karena jamur sudah hilang. Untuk menghilangkan baret-baret ringan pada kaca mobil ini anda hanya perlu mengkompon sedikit saja sampai kaca terlihat mengkilap.
    Atau cara sederhana yang biasa kami gunakan yaitu menggunakan odol atau pasta gigi yang bukan berbentuk gel. Caranya tinggal oleskan pasta gigi secukupnya pada kaca mobil, gosokkan secara merata dan memutar kalau perlu pakai alat yang untuk mengompon sampai kaca benar-benar bersih dan mengkilap.

    cara menghilangkan baret kaca mobil

    Cara ini bisa untuk mobil buatan mana saja dan lebih aman. Apabila baret pada kaca mobi anda parah dan dalam, anda bisa memanggil jasa khusus pengkilap kaca mobil yang terdekat di kota anda (sudah banyak kok jasa penghilang baret kaca mobil) atau anda bisa membeli produk kit khusus penghilang baret kaca mobil. Silahkan beli dengan agen terpercaya pilihan anda.

 

Demikian sedikit mengenai tips mengkilapkan kaca mobil klasik apabila anda mempunyai permasalahan pada kaca mobil anda. Semoga bermanfaat dan salam restorasi dan modifikasi mobil klasik antik.

tags: , ,