CARA MENGATASI MASALAH SETIR KIJANG YANG TIDAK STABIL

Bagikan ke teman andaShare on Facebook24Share on Google+6Tweet about this on Twitter3Pin on Pinterest0

Cara mengatasi masalah setir kijang yang tidak stabil – Pada posting kali ini kami akan membahas lagi mengenai masalah kaki-kaki kijang, terutama kijang doyok, kijang buaya dan kijang super yang masih belum pake rack end. Kadang yang sudah pake rack end pun bisa juga bermasalah seperti masih “gloyar-gloyor” istilahnya (setir lari kesana-kemari sendiri).

mengatasi masalah setir yang tidak stabil

Permasalahan setir sering tidak stabil terutama pada kijang super jangan dianggap sepele karena setir ini ibarat separuh nyawa bagi setiap mobil, kok separuh nyawa? Ya dong… yang separuhnya lagi yaitu rem. betul nggak juragan? Bayangkan kalau mobil nggak ada remnya? Siapa yang mau naik??? Banyak yang menganggap enteng masalah ini tentu saja resiko ditanggung sendiri kalau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.modifikasi setir kijang

Nah…berdasarkan data dari Kepolisian Indonesia faktor utama penyebab kecelakaan disamping human error yang terpenting lagi adalah faktor kondisi kendaraan itu sendiri. Saya setuju sekali nih… dan yang utama dan sering terjadi kecelakaan adalah angkutan umum, kenapa? Karena faktor prinsip ekonomi tentunya, banyak pengusaha angkutan umum yang kurang memperhatikan kondisi kendaraannya, seperti pengalaman pribadi pernah naik bus dengan kondisi setir yang gloyar-gloyor masih saja jalan terus. Untung saja pak sopir yang menyetir sangat cekatan dan terampil, padahal kondisi jalan naik turun gunung lho… (perjalanan dari Pemalang ke Purwokerto). Kondisi rem juga saya lihat pak sopir mengocok beberapa kali untuk mengurangi laju kendaraannya. Sempat deg-degan juga alias ngeri, tapi ya itu tadi orang Indonesia sebenarnya pinter-pinter, buktinya pak sopir enjoy saja mengemudikannya.

Dari contoh diatas bila anda mempunyai mobil pribadi, apakah anda tidak akan merawat mobil anda sampai-sampai saya katakan mobil anda seperti angkutan umum? Biarpun mobil tua kalau dirawat pasti akan oke lho..
Nah… kita kembali ke cara mengatasi masalah setir mobil kijang anda yang tidak stabil alias lari kesana kemari, disini perlunya anda bisa menganalisa sendiri mengenai permasalahan ini sehingga anda bisa langsung menentukan kapan harus diperbaiki dan kapan harus diganti spare part kaki-kakinya itu.

Berikut ini kami berikan sedikit cara menganalisa kaki-kaki mobil kijang anda bila tidak stabil untuk lari:

    1. Periksa atau cek pada posisi sayap dan boljoin, kalau memang sudah terlalu aus (sudah tidak presisi lagi) sebaiknya ganti saja dengan yang baru dan yang kualitasnya bagus. Memang agak mahal tentunya, akan tetapi jaminan lebih awet dan aman. Kalau memang dalam keadaan darurat, misal ditengah perjalanan dan anda takut si bengkel tidak jujur bisa di pres saja untuk sementara ( digeprek bahasa Jawa ) artinya dipalu-palu kembali biar boljoin kembali presisi atau tidak goyah, tetapi ini akan membuat setir semakin berat. Nah…kalu sudah di rumah silahkan anda panggil bengkel langganan anda untuk menggantinya dengan yang baru. Pengalaman kami juga, jangan pernah diganti dengan barang-barang rekondisi seperti dibengkel-bengkel kaki-kaki mobil karena pastinya tidak akan lama ( paling lama 2 atau 3 bulan sudah jebol lagi ). Sayang uangnya bukan? Kecuali mobil anda akan dijual lagi (ini biasanya trik dari pedagang mobil).
mengganti worm setir kijang dengan rack end
mengganti worm dengan rack end
    1. Tie road juga perlu dicek, siapa tahu kondisinya sudah aus juga, atau posisinya sudah goyah. Kalau minta ganti ya ganti saja, kalau goyah bisa dikencengin lagi. Jangan lupa untuk sporing dan balancing ulang.
    2. Worm setir cek juga, kalau posisi setir spel nya banyak, worm juga perlu diganti. Ingat! Jangan dibubut ulang karena akan percuma saja, kecuali anda pedagang mobil yang mengutamakan prinsip ekonomi seperti diatas. Kalau anda pengin aman dan awet modifikasi saja worm setirnya dengan rack end biar enteng dan stabil, silahkan baca kembali mengenai modifikasi kaki-kaki kijang doyoknya.
    3. Ini yang tidak kalah penting…yaitu cek juga posisi stabil bodi apakah baut-bautnya ada yang sudah aus atau karet-karetnya sudah minta diganti yang baru dll. Kalau untuk jenis kijang biasanya hanya karet-karetnya saja tetapi kalau jenis Suzuki carry atau Daihatsu Zebra atau Mitsubishi Jetstar atau mobil barang lainnya yang bodi depan tidak bisa diangkat biasanya dudukan stabil bodi pada lantai depan keropos, maka perlu dilas ulang, kalau perlu dibuatkan lagi.
    4. Untuk suspensi perlu juga dikontrol apakah ada minyak yang bocor atau per suspensinya sudah terlalu lembek, tapi ini jarang terjadi pada minibus sejenis kijang.
as roda kijang super
rumah as roda
  1. Kalau dari kelima poin diatas permasalahan setir tidak stabil alias masih lari kesana kemari, alternatif terakhir yaitu pada as roda depan, biasanya posisi rumah tempat kolaher sudah tidak presisi lagi, kalau yang ini anda bisa bubut ulang tempat rumah kolahernya biar presisi kembali. Biasanya juga kalau rumah kolaher as tidak presisi anda bisa mendeteksi kalau di rem atau buat jalan disertai bunyi “gudak-gluduk”.

Demikian sedikit ulasan mengenai cara mengatasi masalah setir kijang yang tidak stabil, lari kesana kemari maupun gloyar-gloyor. Semoga tips ini bermanfaat dan kami mohon share dengan teman anda lewat facebook, twitter dll. Salam restorasi dan modifikasi mobil klasik antik.

Bagikan ke teman andaShare on Facebook24Share on Google+6Tweet about this on Twitter3Pin on Pinterest0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>