MEMBUAT BODY KIT DAN AKSESORIS MOBIL KLASIK

Membuat Body kit dan Aksesoris Mobil Klasik – Dalam sebuah modifikasi mobil baik itu mobil klasik antik atau mobil apa saja kiranya keahlian dalam membuat body kit dan aksesoris mobil juga sangat diperlukan guna menunjang hasil modifikasi kita. Banyak diantara para modifikator mobil Indonesia yang bisa dan menguasai dalam hal ini.

membuat body kit dan aksesoris mobil
body kit bumper dan grill hijet modifikasi

Dalam hal membuat body kit dan aksesoris mobil klasik yang paling utama adalah kreatifitas kita sebagai modifikator untuk bisa mengaplikasikan bahan baku untuk modifikasi menjadikan suatu hasil karya modifikasi yang bagus dan memuaskan.
Bahan untuk membuat modifikasi body kit dan aksesoris lainnya dalam modifikasi mobil yang biasa dan umum digunakan menurut kami ada tiga macam, yaitu dari plastik, fiber glass dan pelat besi. Untuk kami sendiri dan yang sering kami pakai yaitu menggunakan pelat besi karena hal-hal yang biasa kami tangani dalam restorasi dan modifikasi mobil klasik antik kebanyakan bahan-bahan baku yang ada atau yang original sudah jarang kami dapatkan, jadi dengan terpaksa kami harus bisa membuat body kit dan aksesoris mobil lainnya agar bisa seperti originalnya atau memodifikasi sesuai permintaan dari pelanggan kami. Untuk bahan plastik jarang sekali dipakai karena biasanya bahan ini diproduksi oleh pabrikan, sedangkan yang terbanyak dan penuh kreasi yaitu dengan bahan fiber glass.

membuat body kit mobil dengan pelat besi
body kit tutup bumper honda aacord

Kami menekuni pembuatan dan modifikasi dengan pelat besi karena keuntungan menggunakan pelat besi jauh lebih banyak dibandingkan dengan bahan lainnya seperti fiber dan plastik, kalau harga ya relatif tergantung tingkat kesulitan yang kami hadapi. Anda mungkin sudah tahu dan banyak membaca mengenai bahan modifikasi dari fiber dan plastik yang sudah banyak di share pada artikel-artikel mengenai modifikasi dan pembuatan body kit mobil.
Kami juga pernah mencoba belajar mengenai fiber glass dalam modifikasi dan sudah pernah kami aplikasikan dalam restorasi dan modifikasi taft yang sudah pernah kami tangani, tapi kami nilai sendiri hasilnya kurang memuaskan dibandingkan dengan hasil modifikasi kami dengan bahan pelat besi pada pembuatan tutup bumper honda accord dan modifikasi hijet 1000 yang kami kerjakan semua full pelat sampai dengan dasbornya juga kami modidikasi secara custom menggunakan pelat besi.

Kekurangan dan kelebihan bahan pelat besi untuk membuat body kit dan aksesoris mobil lainnya

Alasan kami menggunakan bahan pelat besi dalam membuat body kit dan aksesoris mobil lainnya karena beberapa kelebihan yang menurut kami lebih baik dari pada bahan lainnya seperti plastik atau fiber glass, yaitu antara lain :

  • Bahan pelat besi mudah didapat, dari bahan sisa drum saja ( biasanya untuk lantai mobil ) bisa dijadikan bahan dari pada bahan lainnya.
  • Bahan lebih kuat dan tahan lama, ini sangat jelas.
  • Tidak diperlukan cetakan kita tinggal gambar saja, potong lalu bentuk sesuai kreasi, kalau kita tidak bisa atau tidak punya kemampuan mengelas kita bisa panggil tukang las saja dan instruksikan ide modifikasi kita kepada tukang las tersebut. Seorang tukang las yang profesional pasti akan mampu dan memahaminya.
  • Bahan lebih fleksibel artinya tidak kaku seperti fiber, kalau plastik biasanya sudah pabrikan artinya modelnya terbatas, karena bahan plastik biasanya pabrikan jadi kita tidak bisa bentuk sesuai dengan keinginan kita.
  • Jauh lebih murah dan perawatan mudah, kalau dihitung biaya awalnya sih mungkin sama atau lebih mahal, akan tetapi dalam hal perawatan lebih gampang dan murah. Contohnya kalau kena benturan kita tinggal kenteng saja dan dicat kembali, kalau fiber dan plastik pasti pecah dan harus beli atau membuat dari awal lagi. Jadinya lebih murah kan?
  • Bisa dimodel permanen atau disambung langsung dengan body dan juga bisa dibuat semi permanen atau bisa dibongkar pasang.
membuat body kit sendiri
membuat dasbor sendiri dari pelat besi

Untuk kekurangannya biasanya body akan lebih tebal karena perlu didempul lagi untuk meratakan permukaannya ( fiber juga demikian ) akan tetapi bisa diminimalisir dengan proses kenteng yang baik. Kurang detail untuk modifikasi aksesoris yang kecil-kecil terutama pada interior seperti contohnya pada modifikasi box audio yang kecil-kecil, tetapi bisa diakali dengan cara membungkusnya dengan bahan kulit atau semi kulit.

Sementara hanya itu saja mengenai cara membuat body kit dan aksesoris mobil klasik menggunakan bahan pelat besi. Silahkan anda bisa pilih sendiri mengenai bahan untuk membuat body kit dan aksesoris mobil klasik antik anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>