SEPUTAR MODIFIKASI AC PADA MOBIL KLASIK

Seputar Modifikasi AC pada Mobil Klasik

Meskipun kami tidak menguasai terlalu banyak mengenai seputar permasalahan ac pada mobil apalagi untuk ac pada mobil-mobil baru, akan tetapi karena banyak juga yang menanyakan mengenai modifikasi ac mobil yang memang merupakan aksesoris utama sebuah mobil apalagi bila mobil klasik anda itu model sedan, maka ac merupakan suatu keharusan yang harus ada atau harus dipasang guna untuk kenyamanan anda dalam berkendara.

modifikasi ac mobil klasik

Jaman sekarang ac mobil merupakan kebutuhan pokok dalam setiap modifikasi mobil klasik antik,karena kegunaaan dari ac pada mobil sangat banyak sekali seperti untuk melindungi interior mobil klasik biar nggak cepat kotor, menghindari proses pengembunan pada kaca mobil sewaktu hujan yang bisa menghalangi pandangan mata kita pada saat menyetir serta yang paling pokok yaitu demi kenyamanan kita sendiri.Sejarah AC Mobil Klasik

Ac mobil ditemukan seiring dengan perkembangan dalam produksi mobil yang menginginkan kenyamanan dalam berkendara, awal mula hanya kipas angin saja yang dipasangkan untuk menghilangkan rasa ‘gerah’ di dalam mobil sampai akhirnya ditemukan ide pemasangan ac untuk mobil seperti dalam rumah. Yang terpenting dari sejarah ac mobil disini yaitu mengenai isi dari gas pengisinya yaitu freon yang digunakan sebagai unsur utama yang digunakan dalam ac dan yang memberikan efek dingin, disamping komponen-komponen hardware yang diperlukan seperti kompresor, dryer, evaporator, dll.

spare part ac mobil

Pada perkembangan ac pada mobil klasik sebelum pembuatan tahun 1990 ( ac mobil untuk mobil produksi sebelum tahun 1990 ) masih menggunakan gas freon R12 yang sebenarnya sudah dilarang pemakaiannya sejak tahun 1990 dikarenakan freon type R12 ini merupakan salah satu gas yang menyebabkan penipisan lapisan ozon di atmosfer bumi kita, tentunya anda tahu kan mengenai efek dari penipisan ozon ini? Seperti sekarang ini bumi menjadi semakin panas.
Maka dari itu kemudian diciptakan type gas freon yang lebih ramah lagi dengan ozon yaitu R134 yang sampai sekarang masih digunakan untuk pengisian ac mobil serta alat-alat pendingin lainnya, Pemerintah juga berperan aktif dalam pelestarian ozon dengan meluncurkan produk gas freon ramah lingkungan dari Pertamina ( cari saja namanya sendiri ya? kami bukan sponsornya ) yang sekarang merupakan gas freon wajib bagi bengkel-bengkel ac mobil.

Mengapa Kita Perlu Memodifikasi AC Mobil Klasik kita?

Nah…ini inti utama mengapa kami sering menjelaskan mengenai modifikasi ac mobil klasik. Seperti yang sudah anda ketahui bahwa mobil-mobil klasik yang kita miliki merupakan mobil keluaran dibawah tahun 1990 sehingga seperti yang sudah kami tulis diatas sistem ac nya juga masih mengadopsi pada komponen-komponen lama yang masih menggunakan gas freon R12 yang secara nyata sudah ‘dilarang’ penggunannya. Kenapa kami tulis dengan tanda ‘kutip’ karena masih banyak yang memakainya dan tentunya juga ‘tidak apa-apa’ apalagi bila komponen-komponen peralatan ac mobilnya masih OEM (Original Equipment Manufacture) alias masih orisinil buatan pabrik tentunya jaminan mutunya sangat bagus dong, anda masih ingat toyota corolla tahu 1975 yang yang pernah kami restorasi di bengkel kami dan sudah laku dijual disini juga? Komponen AC nya semuanya masih OEM lho, jadi masih maknyus dinginnya. Dan sampai sekarang dari pemiliknya yang terakhir belum ada kendala sama sekali.
Nah… seputar modifikasi ac pada mobil klasik kali ini kami khususkan untuk anda yang mempunyai mobil klasik antik dan sering bermasalah dengan ac mobilnya kami sarankan upgrade saja komponen-komponen ac nya dengan komponen-komponen ac yang mendukung freon R134 yang tentunya anda juga akan ikut melestarikan lingkungan.
Mengapa perlu upgrade untuk bisa diisikan gas freon R134 ini? Padahal secara umum sifat-sifat gas freon itu sama yaitu :

  • Tidak berwarna dan berbau
  • Tidak bersifat korosif (menyebabkan karat)
  • Tidak beracun
  • Gas yang koefisiennya stabil dalam membawa panas tetapi tidak mudah terbakar
  • dll.
spare part ac mobil

Akan tetapi menurut ahli yang kami tanyakan sifat molekul freon R123 lebih kecil dari R12 karena itu komponen-komponen yang utama dari AC berfreon R12 tidak bisa menerima untuk diisikan freon R134 maka dari itu anda perlu upgrade atau modifikasi hampir seluruh spare part AC mobil klasik anda. Atau gampangnya anda beli lagi satu set Ac untuk mobil klasik anda apabila ac nya sering bermasalah, jangan hanya di servis-servis saja karena komponen ac lama anda yang berada di pasaran umumnya sudah tidak OEM lagi jadi kemungkinan mutunya akan kurang sehingga sering bermasalah terus.
Karena kami masih banyak pekerjaan lain waktu kita sambung lagi mengenai seputar modifikasi AC pada mobil klasik pada bagian yang lain. Salam restorasi dan modifikasi mobil klasik antik.

tags: ,