TIPS MEMBELI MESIN MOBIL BEKAS

Tips Membeli Mesin Mobil Bekas

Seperti yang sering kami sarankan kepada beberapa orang pembaca kami yang mempunyai masalah dengan mesin mobil klasik ataupun yang ingin meng-upgrade mesin mobilnya untuk diganti dengan mesin mobil lainnya yang lebih baru yaitu agar teliti dengan kondisi mesin yang akan kita beli, maka perlu juga kami memberikan beberapa saran dan tips dalam membeli mesin mobil bekas ataupun spare part second yang masih bagus.

membeli mesin mobil bekas
salah satu toko spare part dan mesin bekas langganan kami

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa mobil klasik yang kita punyai sudah semakin tua dengan berjalannya waktu yang ada, akan tetapi semakin tua menjadikan nilai yang lebih tinggi lagi apabila mobil klasik kita terawat dengan baik secara luar dalam termasuk juga kondisi mesin yang bagus.
Banyak mobil-mobil tua yang kami jumpai masih oke juga buat jalan-jalan sampai dengan naik turun bukit, pernah pada saat kami sedang menuju ke Semarang kebetulan kami melihat sebuah mobil hijet 55 yang sedang melaju di depan kami dengan kecepatan diatas 100 km per jam dan kami kejar dengan mobil kami yang masih tergolong baru pun hampir tidak kena.

membeli mesin mobil bekas

Busyet….dah….hijet 55 kok larinya kenceng amat sampai akhirnya mobil pun masuk ke sebuah SPBU untuk ngisi bahan bakar, kami pun mendekatinya dan menanyakan secara lebih detail mengenai kondisi mobil hijet 55 yang begitu istimewa sampai-sampai larinya seperti mobil baru.
Untunglah si pemilik hijet 55 yang tak mau disebutkan namanya menceritakan mengenai kondisi mesin hijet 55 nya yang sudah dimodifikasi dengan mesin mobil milik suzuki yang kapasitasnya lebih besar yaitu sekitar 1300cc. Wow….pantas saja larinya bisa mantap begitu.
Berdasarkan pengalaman ketemu dengan hijet 55 yang sudah di-upgrade mesinnya maka akhirnya kami juga pernah mengerjakan upgrade mobil klasik kami yang sekarang sudah kami jual yaitu sebuah mobil Fiat 124 Special tahun 1975 dengan sebuah mesin kijang. Kami sengaja membeli mesin rekondisi ini dari sebuah toko onderdil bekas yang belum kami kenal dan kami hanya percaya saja mengenai keadaan mesin mobil yang kami beli tanpa mengecek dulu (maklum pengin cepet-cepet jadi). Setelah kami pasangkan ke dalam dudukan mobil sedan fiat kami dan distart, waduh ternyata mesin sudah dalam keadaan ngebul, akhirnya kami bongkar lagi dan kami kontrol lagi mengenai kondisi mesin bekas yang kami beli itu, dan ternyata ring pistonnya sudah lemah, untung saja kondisi boring nya masih bagus sehingga kami tidak banyak mengeluarkan biaya tambahan lagi karena hanya mengganti ring piston nya saja.

mesin mobil bekas eks singapura

Mesin pun kami rakit kembali dan akhirnya sudah jadi dalam dua hari (maklum dikebut), mobil fiat kami pernah menjadi mobil tua yang siap untuk ikut drag deh pokoknya, sampai akhirnya ada seseorang yang naksir dan membelinya. Sayang juga waktu itu kami belum mengenal teknologi internet seperti sekarang ini, jadi banyak hasil karya kami yang tidak sempat terdokumentasikan.
Pada kesempatan yang akan datang kami akan mengerjakan modifikasi hijet 1000 kami lagi yaitu kami berencana akan mengganti rem tromol bagian depan hijet 1000 kami dengan memodifikasinya menjadi rem cakram agar pengeremannya lebih stabil dan perawatan juga lebih mudah serta rem cakram tentunya lebih banyak kelebihannya bila dibandingkan dengan rem tromol seperti yang sudah kami ulas dalam sistem pengereman mobil klasik beberapa hari yang lalu, silahkan anda baca lagi mengenai kelebihan rem cakram dibandingkan dengan rem tromol ya..
Nantikan posting kami selanjutnya mengenai tips memodifikasi rem tromol hijet 1000 menjadi rem cakram yang tentunya akan kami ulas dan kami bagikan kepada anda semua pembaca dan pengunjung setia blog bengkel restorasi mobil klasik antik.

Kita kembali ke permasalahan dan tips membeli mesin mobil bekas lagi… Berdasarkan contoh pengalaman diatas kami akan memberikan beberapa tips dalam membeli mesin mobil bekas kepada anda agar anda tidak kecewa setelah memutuskan untuk membelinya sebagai berikut :

    • Belilah mesin mobil bekas dari penjual yang sudah anda kenal atau percaya.
      Artinya kalau anda sudah biasa membeli onderdil berlangganan dari sebuah toko A dan anda puas akan jaminannya, maka kami sarankan bahwa toko A itu merupakan seller yang baik. Dan tentunya seorang seller yang baik tidak akan memberikan keterangan palsu mengenai kondisi barang yang akan dijual kepada buyer nya, apalagi yang sudah biasa berlangganan dengannya.
    • Apabila anda belum mempunyai seller atau penjual spare part yang terpercaya (terutama spare part bekas atau second)sebaiknya bawa bengkel atau seorang teknisi mesin yang bisa anda percaya untuk sekedar ikut mengecek kondisi mesin atau spare part yang akan anda beli. kalau anda sendiri sudah bisa ngeceknya sih nggak apa-apa diputuskan sendiri. Yang terpenting harus teliti dan tahu kondisi sebenarnya walaupun si penjual mengatakan dalam kondisi yang baik.
onderdil mobil bekas eks singapura
  • Sebaiknya belilah mesin mobil bekasnya pada toko yang terpercaya, jangan kepada penjual eceran saja yang hanya mempunyai stok sedikit kecuali anda sudah mengenalnya dengan baik. Apabila anda beli secara online, carilah beberapa referensi mengenai seller atau penjual tersebut agar anda tidak tertipu.
  • Apabila anda beli satu set mesin menurut pengalaman kami eks Singapura kondisinya lebih bagus dan kebanyakan masih standar dari pada rakitan lokal yang biasanya untuk bagian part nya sudah kanibalan dari beberapa mesin yang diambil per unit saja. Tetapi apabila anda tidak mengecek bagian dalamnya perlu diadakan dulu perjanjian jaminan uang kembali apabila dipasang tidak sesuai harapan, soalnya beberapa penjual akan membebankan kerugian pada pembeli apabila barang kembali lagi.
  • Bila tanpa jaminan, kita harus tahu part didalamnya masih layak atau tidak yaitu dengan membuka silinder head dan packing carter, untuk sekedar meraba boring nya masih bagus atau sudah tergores, piston-piston masih bagus atau sudah goyah. Pastikan bawa teknisi untuk memastikan ini. Jangan membeli ‘kucing didalam karung’ seperti yang pernah kami alami.
  • Carilah harga yang kompetitif, artinya dari berbagai penjual pastinya masing-masing mempunyai harga serta kualitas barang yang berbeda-beda, jangan anda tertarik dengan harga murah tetapi mesin yang anda beli tidak bermutu.
  • Yang utama kalau bisa mintalah faktur pembelian mesin mobil tersebut, ini digunakan kalau anda akan merubah surat-suratnya pada samsat, jadi mesin yang lama bisa anda jual atau dirongsokkan saja.

Demikian kiranya sedikit pengalaman dari kami dalam ketelitian yang kami ringkas menjadi tips membeli mesin mobil bekas. Semoga tips-tips dari kami bermanfaat untuk kita semua. Salam restorasi dan modifikasi mobil klasik antik.

27 thoughts on “TIPS MEMBELI MESIN MOBIL BEKAS”

  1. Mas bro…
    mau tanya nih, kalau mengenai masalah kaki-kaki mobil lawas, apa bisa di kanibal dg mobil keluaran baru
    cth; Datsun 510 wagon
    Thanks’

  2. mas Damar, kalo hijet 55 mesin bisa pake punya suzuki, kalau minicab bisa tidak mas? harus rombak seberapa banyak dan cari mesin + transmisinya dimana? matur nuwun.

    1. Mantap banget kalau anda punya hijet 55 dipasang mesin suzuki carry 1000 cc, konsultasikan saja dengan bengkel anda apakah bisa mengaplikasikannya atau tidak, kalau butuh bantuan atau butuh mesinnya silahkan hubungi kami saja. Trims

      1. Yang saya punya minicab mas 1982. sebenarnya tidak ada masalah untuk harian, ngirit, kuat tanjakan & bandel, ngebut juga bisa sampai 80 km/jam. Permasalahannya kalo pas tanjakan panjang mobil harus berhenti, trus harus gas lagi dari awal… itu baru ndak kuat. Itu dia, kalo bisa naik 1000 cc / 1300 cc kan Jos mas. Mesin kisaran berapa mas? berarti harus mesin sama transmisi ya? soal surat-surat bagaimana?

        1. Kalau mau ganti mesin memang sebaiknya sekalian ganti transmisi biar rasionya pas jadi tidak banyak perubahan pada instalasinya dan biaya pemasangannya juga lebih murah . Kebanyakan mobil tua selama blok mesin aslinya masih ada surat-surat dibiarakan saja karena tiap 5 tahun yang digesek blok mesin aslinya.
          Kalau mau dijual pembeli juga tidak mempermasalahkan ini karena maklum mobil tua, mobil-mobil VW juga kebanyakan mesinnya sudah ganti semua. Untuk harga mesin silahkan cari referensi di internet, yang jelas harganya bisa melebihi harga mobilnya.

      2. Mas,,,sy butuh mesin hijet 55 komplit sm bak perseneleng nya,,,sekiranya ada tlong hub sya di 087765432799,,mkasih

      1. Mas,mohon beli Boster Rem Fiat 124 special th.73 (satu set ) kalau ada Dan berapa harganya makasi ya.

        1. Sudah jarang ada masbro, itu bisa diakali dengan boster rem mobil selain fiat. Kalau bosternya menyatu dengan masternya bissa diganti pake mobil Jepang seperti kijang atau lainnya. Kalau bosternya misah dengan master bisa pake punya vw yang masih banyak dipasaran.
          Monggo silahkan dipilih sendiri

  3. Pak Bro, saya sedang mencari mesin bekas diesel lengkap dgn clutch sama transmisi. Kira-kira cc paling kecil punya mobil apa ya di bawah L300?
    Dan kisaran harga berapa kira2 dan ada gak toko rekomendasi di sekitar Jabotabek?
    Thanks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>