TIPS MENGECAT MOBIL DENGAN WARNA-WARNA CERAH

Tips mengecat mobil dengan warna-warna cerah – Bengkel restorasi mobil klasik antik kali ini akan sedikit berbagi pengalaman untuk pembaca setia blog kami maupun kepada anda yang membuka usaha bengkel cat mobil.

tips mengecat mobil warna cerah

Ada kalanya kita sebagai bengkel restorasi dan modifikasi mobil klasik antik memenuhi permintaan pelanggan yang menginginkan warna mobil cerah dan mencolok seperti warna merah ferrari, warna oranye sperti vw combi tahun 1970 modif ini, warna kuning menyala seperti honda civic wonder ini maupun warna-warna lain yang sifatnya cerah dan menyolok.

tips mengecat mobil warna cerah

Memang sebagai penyedia servis jasa modifikasi maupun sebagai bengkel cat mobil kita senantiasa berkembang dengan mengikuti perkembangan mode dan gaya serta tren yang lagi banyak digemari bagi para pecinta mobil, baik itu mobil klasik antik, mobil retro klasik maupun mobil-mobil baru yang sekarang lagi ramai pasar. Seperti contohnya corolla warna putih (warna putih bermacam-macam) sekarang menjadi warna favorit pabrikan mobil-mobil baru dari kelas mobil yang termurah sampai kelas mobil yang termahal masing-masing sedang menunjukkan trend warna putih.

tips mengkilatkan cat mobil

Tentu saja dari warna-warna putih yang dikeluarkan pabrikan mobil baru tampilannya berbeda satu dengan lainnya, hal ini tentunya dibedakan dari bahan cat yang digunakan apakah termasuk bahan polyurethane dengan kualitas bagus atau yang biasa saja. Coba saja anda dekati atau amati dari dekat warna-warna mobil putih dari berbagai merek mobil secara seksama (pasti akan bisa membedakan sendiri yang bagus dan tidak).

tips mengkilatkan cat mobil

Padahal pada tahun 1990 an mobil dengan warna putih jarang sekali peminatnya dan tentu saja harga second mobil warna putih pada waktu itu (apalagi jenis station wagon atau minibus) bila dibandingkan dengan warna-warna yang lainnya akan lebih murah dari mobil-mobil warna lainnya, trend membenci warna putih mulai berakhir tahun 2000 an, kemudian tergantikan dengan trend warna silver hingga tahun 2011.Ditahun 2011-2012 warna putih menjadi trend kembali, makanya pemilik taft gt ini menginginkan warna mobilnya berganti dengan trend warna putih tahun 2012 dengan berbagai perbedaan warna putih tentunya.

Dalam hal mengecat mobil dengan warna-warna cerah hal-hal yang perlu diperhatikan agar warna cerahnya semakin menyala adalah sebagai berikut :

  • Harga dan kualitas cat
    Untuk masalah harga tentunya erat sekali dengan kualitas cat nya, istilah orang ngomong ada rupa ada barang. Ya…. rupanya sama (warnanya)antara cat merek A dengan cat merek B dilihat dari kode warna catnya juga sama, akan tetapi anda jangan terkecoh untuk mengamati hasilnya nanti, jelas beda. Misal cat merek A warnanya merah dengan metalik lembut sedangkan cat merek B warnanya merah metalik kasar, dsb.
  • Warna cat dasar
    Warna cat dasar sangat berpengaruh sekali pada hasil cat yang akan kita dapatkan, misalkan kita akan membuat warna merah ferrari yang menyala dengan bahan utama cat merek A dengan warna merah ferrari, sedangkan warna dasar yang digunakan untuk mengecat warna menjadi merah ferrari ini warna merah biasa dan warna putih mengapa saya mengambil warna putih? Nanti akan kami jelaskan. Nah dari warna cat pokok A warna merah ferrari dengan cat dasar merek sama tapi dengan warna yang satu merah dan yang lainnya putih menurut anda hasil yang nantinya akan menjadi merah ferrari yang menyala sesuai yang diharapkan yang mana?
  • Bahan dan kualitas cairan pelarut cat (thinner)
    Bahan dan kualitas cairan pelarut cat (thinner) tentu saja sangat mempengaruhi hasil cat yang akan kita cat. Semakin bagus kualitas bahan pelarunya hasil akhir cat yang akan jadi tentu akan berbeda dengan hasil dari bahan pelarut yang kualitasnya kurang bagus. Disini anda sebagai orang awam perlu mengerti mengapa harga orang mau mengecat mobil sangat bervariatif antara bengkel yang satu dengan bengkel yang lainnya.
  • Bahan dan kualitas vernisnya (clear)
    Bahan dan kualitas vernis (clear) juga punya andil yang sangat besar dalam hal pengecatan mobil agar didapatkan hasil cat yang sempurna. Ada harga ada rupa tentunya, sama prinsip seperti bahan-bahan diatas.

Nah dari sedikit penjelasan kami diatas anda sebagai pengguna jasa yang akan merestorasi maupun modifikasi mobil tentunya bisa membayangkan sendiri mengenai kualitas serta harga yang akan anda keluarkan. Bayangkan saja kalau ngecat jaminan pudar dan rusaknya 5 tahun….klepek…klepek…tentunya.

cara mengkilatkat cat mobil

Pada bagian akhir ini kami akan melanjutkan kembali point yang kedua diatas mengenai masalah warna dasar. Apakah anda sudah menemukan jawabannya? Nah….menurut hasil survey saya mereka kebanyakan menjawab memakai warna dasar merah dengan alasan kan yang ingin didapatkan warna merah yang menyala, tentu saja merah ditambah merah menjadi sangat merah alias merah menyala. Tentu saja kami tidak menganggap ini salah, akan tetapi dari berbagai pengalaman kami dalam mengecat mobil dengan warna-warna cerah, warna cat dasar putihlah yang memberikan efek menyala dan cerah sehingga didapatkan merah ferrari yang sebenarnya.
Kalau kurang yakin silahkan coba saja sendiri….pilihlah warna putih yang white atau super white, tentunya yang kualitasnya bagus (agak mahal dikit) yang penting hasil puas.
Demikian sedikit tips mengecat mobil dengan warna-warna cerah agar didapatkan hasil yang bagus dan sesuai harapan kita. Salam restorasi dan modifikasi mobil klasik antik.

tags: ,