TIPS MEMBUAT WARNA CAT MOBIL SEPERTI ORISINIL

Tips membuat warna cat mobil seperti orisinil – Mempunyai mobil tua, antik serta klasik dengan cat masih orisinil tentunya merupakan suatu kebanggaan sendiri untuk kita. Selamat deh buat anda yang masih memiliki koleksi mobil klasik dan antik dengan cat yang masih orisinil.

tips mengecat vw kodok

Pokoknya dijamin sangat langka banget untuk hal ini kecuali memang mobil klasik ini merupakan milik anda dari beli di dealernya dulu atau anda membeli langsung dari pemilik pertama mobil klasik ini, tentunya harga juga akan sangat mahal bukan?

tips menyepet mobil biar orisinil

Untuk peminat mobil klasik tentu harga tidak menjadi masalah bila memang mobil yang kita beli benar-benar klasik dan orisinil catnya. Tapi apakah cat mobil klasik yang kita beli itu benar-benar orisinil? Nah ini yang harus anda cermati, mintalah tolong dengan orang yang benar-benar ahli dalam urusan ini karena jaman sekarang membuat cat mobil agar tampak seperti orisinil bukan merupakan hal yang sulit. Biasanya trik ini digunakan untuk para pedagang mobil bekas atau bisa juga mobil baru dari dealer pun bisa saja catnya sudah ada spetnya alias sudah tidak orisinil semuanya.

tips membuat warna cat orisinil

Tentunya ini saya ceritakan karena kami kadang diminta untuk menyepet mobil dari dealer yang entah apa penyebabnya, mobil yang masih baru dan cling ternyata ada juga cat yang cacat seperti bekas cat yang luntur, dll. Ada juga mobil baru yang mau diantarkan ke pembelinya terkena apes di jalan yaitu keserempet motor dsb. Pokoknya macem-macem deh penyebabnya.

Nah…kembali ke tips membuat cat mobil seperti orisinil yang dilakukan para pedagang mobil biasanya bila mereka mendapat mobil dagangan dengan bahan bagus dan catnya sudah banyak sepetan yang tidak nyambung atau bisa juga mobil klasik yang sudah ada sedikit keropos.

cara mengecat mobil

Tips membuat cat mobil seperti orisinil ini mungkin tidak kami tuliskan cara kerjanya secara rinci karena merupakan privasi kami akan tetapi faktor-faktor yang mempengaruhi atau hal-hal yang menentukan ada beberapa sebab yaitu :

    1. Untuk mobil yang sudah tua dan cat terlihat botak-botak itu belum tentu catnya masih orisinil, karena cat yang demikian bisa kita buat, jadi anda jangan terkecoh dengan hal yang demikian. Bila anda punya mobil yang masih orisinil dan minta disepet bawa saja pada kami dijamin catnya akan sama dengan warna orisinil mobil anda, mengenai cara menyepetnya saya sudah sedikit mengulasnya pada tips membuat warna cat lama dan baru biar sama

 

  • Untuk mobil-mobil baru yang ada sekarang untuk tips untuk membuat cat mobil seperti orisinil lebih mudah karena merek dan kode warna catnya masih banyak dijual di toko cat mobil, atau biasanya ada sampel cat yang bisa digunakan untuk menyepet bila mobilnya langsung beli di dealer.

 

 

  • Mobil dengan cat solid lebih mudah pengerjaannya untuk bisa menjadikan warna catnya kembali seperti orisinil, mobil apa saja pokoknya mau mobil tua ataupun mobil yang baru lahir sekalipun. Yang perlu diperhatikan untuk warna solid pada mobil-mobil tua yaitu jangan gunakan coating pada akhir pengecatan. Jadi perbedaan antara cat solid mobil lama ( tahun 1990 kesana ) dengan cat mobil-mobil solid mobil sekarang hanya pada coatingnya saja. Kecuali mungkin pada cat mobil pada truck yang pernah kami rubah warnanya, itu juga tanpa coating.

 

membuat warna cat mobil seperti orisinil

 

  • Membuat warna cat mobil seperti orisinil pada warna metalik agak sulit karena harus benar-benar teliti mengenai corak metaliknya, mungkin pemilik mobil secara awam tidak tahu, tapi kalau dilihat secara teliti pasti akan tahu perbedaannya (prinsip kami tidak akan mengecewakan pelanggan) jadi pekerjaan harus sesuai dengan permintaan pelanggan.

 

 

  • Warna silver metalik merupakan warna yang paling sulit untuk dibuat catnya agar nampak seperti orisinil, coba saja anda bagi anda yang punya mobil warna silver dan ingin menyepet mobilnya karena tergores misalnya dan dilakukan hanya pada bengkel yang asal-asalan saja (misal karena alasan ekonomis anda nyari bengkel yang harganya murah) dijamin hasilnya tidak akan sama. Sebab apa warna silver merupakan warna cerah dari berbagai warna dasar yang berbeda-beda, coba anda perhatikan sendiri dari mobil-mobil yang brwarna silver dengan seksama. Pasti ada perbedaan kecenderungan dari warna silver tersebut (efek warnanya berbeda) seperti ada warna silver yang cenderung ungu, biru, abu-abu, dsb. Makanya perlu anda perhatikan dengan baik.

 

 

  • Faktor tekanan udara pada saat mau menyepet cat orisinil juga sangat berpengaruh sekali terhadap hasil semprotannya, setel spuyer dengan benar biar hasil cat yang keluar besar kecilnya sama.

 

 

  • Yang tidak kalah penting lagi yaitu faktor emosional dari si tukang cat nya, ini merupakan faktor utama yang perlu dan sangat vital karena bagaimanapun juga mengecat mobil merupakan seni, seperti halnya orang melukis maupun memahat ( tentunya anda sudah pernah melihat tv mengenai profil orang yang memahat ulang dinding candi Borobudur bukan? Mereka itu perlu tirakat juga untuk bisa mengerjakan hal itu ). Sama seperti orang mau mengecat mobil apalagi mau mengecat mobil agar warna cat mobilnya sama seperti orisinil, dalam pekerjaan ini kalau tukang cat saya wajahnya sudah tidak cerah sewaktu akan mengerjakan ini tentu saja proses pengerjaannya akan saya undurkan besoknya lagi sambil nunggu keadaan emosional yang menggembirakan.

 

 

Nah dari beberapa faktor yang mempengaruhi pembuatan warna agar mobil nampak seperti orisinil diatas tentunya anda bisa menyimpulkan sendiri mengenai tips membuat cat mobil seperti orisinil tidaklah mudah dan juga tidak sulit.
Bagaimana kondisi cat mobil anda apakah masih orisinil? Atau sudah banyak spetnya tetapi nampak orisinil? Tentunya anda yang tahu karena harga juga sangat berpengaruh bila anda menjual mobil yang catnya masih dalam keadaan “orisinil”.

tags: , , ,