MERCY KEBO

Mercy kebo – Mobil klasik ini sebenarnya merupakan generasi pendahulu dari Mercedes type S-Class, alias simbahnya mobil mewah dari Mercy type S, yaitu Mercedes Benz 280S atau dikenal dengan nama lain Mercy W108.

mercy kebo
mercy kebo

Memang Mercedes mengeluarkan berbagai type untuk mobil mewahnya untuk kelas yang berbeda, tentunya dengan standar kenyamanan yang sama hanya fasilitas yang membedakannya.
Mercy kebo ini pertama kali diproduksi tahun 1965 sebagai pengganti versi sebelumnya yaitu mercy type W111 atau untuk orang Indonesia menyebutnya Mercy Batman karena bentuknya yang panjang seperti mobil kepunyaan tokoh kartun Batman pada saat itu.
Kalau dilihat sekilas dari tampang luarnya mercy kebo sangat mirip sekali dengan mercy mini, silahkan dibaca kembali mengenai sejarah mercy mini di blog ini pada posting kami yang lain. Tetapi kalau diamati secara seksama ada perbedaan panjang jarak antara kedua bannya ( whellbase ) antara mercy kebo dan mercy mini, selisihnya sih sedikit saja sekitar 5 cm saja, akan tetapi kita sebagai orang awam tentu saja jarang memperhatikan hal ini.

mercy kebo
mercy kebo

Dari sisi kelas juga sangat berbeda yaitu mercy mini di kelas E sedangkan mercy kebo dikelas S. Bagi anda yang menyukai mobil mercy tentunya tahu perbedaan type E dan S yang sampai sekarang juga masih digunakan untuk membedakan harganya juga.
Hal lain yang menjadikan ciri khas mercy kebo yaitu bentuk head lamp yang didalamnya terpisah antara lampu pendek (low beam) dan lampu jauhnya (high beam)yang sendiri-sendiri tetapi masih menyatu dalam satu cover dengan lampu sign nya juga, tidak seperti pada mercy mini yang head lamp nya jadi satu, silahkan diamati dengan seksama gambar kedua headlamp mobil klasik ini.
Hal unik lain yang menjadikan ciri khas mercy kebo yaitu posisi tutup tanki bensinnya yang tersembunyi dibelakang pelat nomer belakangnya. Ini yang pernah membuat malu kami sewaktu kami memakai mobil mercy kebo pinjaman dari teman dan mau mengisi bensin, bingung juga nyari-nyari letak tutup bensinnya. Untung saja si tukang bensin sudah pengalaman sambil menunjukkan posisi tutup tankinya dibelakang pelat nomernya (walah…jan ngisin-isini tenan ki…). Kalau untuk mercy mini sih mudah karena posisi tutup tanki bahan bakarnya kelihatan sekali karena letaknya diantara pelat nomer dan stop lamp sebelah kanan (pas disamping kiri stop lamp kanan).

mercy mini
mercy mini 200

Demikian sekilas info mengenai si Kebo, nama yang sama untuk julukan dari mobil taft Kebo. Kalau mercy kebo karena sedan klasik ini memang gede bentuknya sedangkan taft kebo karena kebiasaan dipakai di jalanan berlumpur seperti kebo untuk membajak sawah pada waktu dulu.
Salam restorasi dan modifikasi mobil klasik antik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>