TEHNIK PENGECATAN METAL FLAKE

Tehnik pengecatan metal flake – Merupakan salah satu tehnik pengecatan lama yang kini sedang populer kembali di kalangan pecinta restorasi mobil klasik di Amerika dan Inggris. Tehnik ini merupakan pengecatan gaya custom seperti juga tehnik pengecatan air brush yang sebelumnya juga populer di kalangan modifikasi baik itu mobil maupun motor. Tetapi model air brush sudah mulai surut penggemarnya karena hasil dari tehnik pengecatan air brush terkesan norak dan membosankan.

tehnik pengecatan mobil metalik

Kenapa tehnik pengecatan air brush cepat membosankan? Ya menurut saya juga demikian karena tehnik pengecatan air brush itu hanya cocok dengan tema yang sedang ngetrend saja, misal seperti beberapa tahun yang lalu lagi ngetren film tertentu dan banyak penggemarnya yang kemudian diaplikasikan untuk mengecat mobilnya dengan gambar tokoh film itu dengan air brush. Kalau jaman sekarang air brush banyak diaplikasikan pada bus-bus dan mobil-mobil gede lainnya. Nah pada saat film itu sudah tidak populer lagi, maka gambar air brush yang ada di mobil kita pun harus ganti tema lagi. Ini artinya pemborosan bukan?

tehnik pengecatan mobil metal flake

Beda dengan tehnik pengecatan metal flake yang sampai sekarang masih tetap populer malahan menjadi pilihan bagi para restorer maupun modifikator mobil terutama mobil klasik antik yang ingin merestorasi kembali mobilnya dengan cat gaya custom, metal flake menjadi pilihan utama karena disamping banyak model serta pilihan kreasinya, hasil dari tehnik pengecatan metal flake bisa menjadikan mobil klasik antik anda naik pamor menjadi mobil klasik antik yang semakin mewah, contoh saja pada gaya custom modifikasi moris mini oleh tim pimp my ride di Amrik sana.

tehnik pengecatan mobil metalik

Sebenarnya tehnik ini sudah lama berkembang yaitu antara tahun 1990 an sewaktu warna cat metalik mulai banyak dipakai untuk cat mobil. Bedanya dengan cat metalik biasa yaitu kalau dengan tehnik metal flake kita bisa meng-custom sendiri akan hasil cat yang akan kita buat serta warna metaliknya menonjol dan sangat banyak, beda dengan warna cat metalik biasa yang sudah ada contoh cat jadinya.

tehnik pengecatan mobil metal flake

Pada tehnik pengecatan metal flake yang diperlukan disamping cat dasar sebagai pembawanya juga diperlukan campuran ‘metal flake’ nya yang sesuai dengan keinginan kita, misalnya mau dibuat gede-gede atau kecil-kecil kilapannya. Bahan metal flake berupa serbuk mengkilat dengan berbagai pilihan warna sesuai selera yang kemudian dicampurkan dengan cat pembawanya kemudian baru disemprotkan pada bodi mobil yang akan kita cat, istilah awamnya glitter warna cat. Tehnik ini yang sangat ditonjolkan yaitu warna metaliknya (flake nya). Sehingga akan nampak kelihatan jelas sekali warna metaliknya apalagi kalau dibawah sinar langsung. Hal lain yang vital yaitu vernis yang bagus karena hasil cat akan terlihat sempurna apabila proses pelapisan atau coating nya bagus sehingga cat tidak akan pudar walaupun terkena perubahan cuaca yang drastis.

Demikian sekilas info dari kami mengenai tehnik pengecatan metal flake yang sedang fenomenal di dunia perbengkelan cat mobil klasik di Amrik sana. Anda tertarik untuk merestorasi mobil klasik anda dengan tehnik pengecatan metal flake ini, silahkan hubungi ahlinya.
Salam restorasi dan modifikasi mobil klasik antik. Terima kasih

tags: , , ,