CARA MEMPERBAIKI LANTAI MOBIL SEDAN

Bagikan ke teman andaShare on Facebook9Share on Google+1Tweet about this on Twitter4Pin on Pinterest0

Cara memperbaiki lantai mobil sedan – Sebenarnya untuk memperbaiki lantai sedan tidak banyak memerlukan keahlian khusus, yang terpenting disini yaitu mempunyai kreatifitas yang tinggi.

cara memperbaiki lantai mobil sedan

Perlu kita ketahui bahwa fungsi lantai pada mobil jenis sedan merupakan hal yang sangat vital, hal ini dikarenakan bahwa fungsi lantai disamping untuk tempat berpijak kita juga merupakan penopang seluruh bodi sedan karena pada mobil sedan tidak punya chasis tidak seperti pada mobil-mobil niaga lainnya seperti toyota kijang, daihatsu taft, suzuki carry dan masih banyak jenisnya lagi.
Untuk mobil jenis sedan lama atau kita sebut sedan klasik tentunya bila perawatannya kurang sempurna dapat dipastikan akan terjadi keropos pada lantainya, apalagi bila sehari-hari mobil sedan anda berada di areal pesisir pantai seperti di Kota Pemalang yang dekat dengan laut Jawa. Kalau kita kurang merawat mobil sedan klasik kita dengan baik, seperti tidak langsung mencuci bila habis kena hujan atau kena genangan air terutama air laut (biasanya untuk daerah yang terkena rob, seperti pada kecamatan Semarang Utara atau di daerah Kapuk Kamal Jakarta Utara yang tiap harinya dipastikan ada daerah yang terkena rob oleh air laut walaupun tidak musim hujan). Maka dari itu mencuci mobil juga merupakan salah satu perawatan rutin untuk menjaga agar mobil anda senantiasa terawat.

cara memperbaiki lantai mobil sedan

Tips untuk anda yang mau membeli sedan klasik bekas perlu dikontrol juga lantainya, kalau perlu anda masuk kolong mobil untuk memastikan lantai mobil sedan yang mau anda beli dalam keadaan baik.
Ada banyak kasus yang kami tangani dalam restorasi mobil sedan klasik yang biasanya lantainya pada keropos semua, jadi harus dibuatkan ulang dengan pelat khusus ketebalan minimal 1,2 inchi.
Cara memperbaiki lantai mobil sedan sebenarnya sangat sederhana yaitu anda tinggal meniru dari lantai lamanya, biasanya lantai sedan terdapat lekukan-lekukan yang berfungsi untuk memperkuat lantai. Jadi pertama-tama kita harus membuat polanya dulu sesuai dengan lekukan-lekukan yang masih originalnya. Cara membuat lekukan-lekukan lantai mobil sedan ada dua cara yaitu secara press dengan menggunakan mesin dan pencetaknya serta secara manual dengan model seperti ketok magic.

Cara lain untuk memperbaiki lantai mobil sedan yang lebih sederhana yaitu dengan membuat custom sendiri, kita bisa membuat lekukan bertanda “X” pada setiap area lantai dengan luas 30×30 cm persegi, ini biasanya kita buat pada bagian pas pijakan kaki, dipastikan lantai akan lebih kuat bila diinjak, kalau perlu kita buatkan palang dari kiri ke kanan pada bagian bawahnya, dan yang paling penting kita gunakan las listrik untuk mengerjakan ini. Contoh ini kami buat berdasarkan pengalaman pada pembuatan lantai untuk vespa, silahkan anda cek lantai vespa anda pada bagian bawahnya.

cara membuat lantai mobil sedan

Kalau mau membuat custom yang lebih kuat lagi kita bisa meniru lantai pada mobil-mobil pick up, yaitu dengan membuat lantai bergelombang, cuma model ini secara estetika kurang bagus karena kesannya yaitu tadi seperti mobil barang atau pick up. Kalau yang lekukan seperti pick up kita tinggal pasangkan saja karena bahannya sudah banyak yang jual, kita tinggal ukur dan modifikasi sedikit.

Untuk penambalan pada sebagian lantai sedan yang keropos sebaiknya kita potong pada bagian lain dari keroposnya itu, maksudnya kita harus melihat pada area sekitar keroposnya kalau ada titik lain yang sudah mulai karatan sebaiknya kita potong juga jadi pemotongannya lebih lebar lagi, kemudian kita buatkan pola penambalan yang pas dan sama persis seperti aslinya.

Langkah terakhir untuk memberikan lapisan anti karatnya, kita bisa memasang lembaran yang sudah ada di toko atau menyemprotkan sendiri, pada bagian bawah kolong juga harus dilapisi ini, kalau bisa tiga lapis atau lebih agar kembalinya karat lebih lama. Mengapa bisa kembali berkarat? Banyak hal yang menyebabkan lantai mobil berkarat seperti faktor usia, cuaca, tempat dan karena kebiasaan kita sewaktu mencuci dan men dosmir bagian kolong yang biasanya dilakukan di tempat pencucian (ada sebagian mereka menggunakan solar bukan oli khusus untuk dosmer) sehingga bisa mengikis lapisan anti karat yang sudah ada. Tapi hal ini juga lama apalagi bila kita melapisinya dengan beberapa lapisan anti karat. Biasanya mobil-mobil di daerah pegunungan lebih awet bodi dan lantainya dari pada mobil-mobil di daerah pantai.

Kiranya sekian dulu tips dari kami mengenai cara memperbaiki lantai mobil sedan yang sudah rusak, entah karena karat karena termakan usia maupun akibat dari kecelakaan yang parah sehingga mengakibatkan lantainya juga rusak atau terlipat.
Cara sederhana ini hanya sharing saja, mungkin anda punya cara lain yang sekarang anda pakai selama ini, prinsip dari bengkel kami sharing pengalaman atau bagi-bagi pengetahuan tentang tips dan trik terutama dalam bidang perbengkelan merupakan hal yang baik sekaligus beramal (amal tidak selamanya menggunakan uang kan?) Hal ini sekaligus untuk membukakan konsumen sehingga mereka juga mengerti paling tidak tahu bahwa ternyata pekerjaan yang kita kerjakan rumit juga sehingga mereka juga akan berani bayar mahal untuk biaya perawatan mobilnya sesuai dengan kerusakannya.
Salam restorasi dan modifikasi mobil klasik antik.

Bagikan ke teman andaShare on Facebook9Share on Google+1Tweet about this on Twitter4Pin on Pinterest0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>