TIPS BERKENDARA DI MUSIM HUJAN

Tips berkendara di musim hujan – Musim hujan sudah mulai datang maka dari itu kami akan berbagi sedikit pengalaman mengenai hal-hal apa saja yang sekiranya perlu diperhatikan apabila anda masih ingin tetap menikmati jalan-jalan dengan mobil klasik antik anda tanpa terganggu dengan adanya hujan.

tips berkendara di musim hujan

Memang untuk berbagai tipe dan merek mobil tentunya berbeda masalah penangannya apabila terjadi masalah akan tetapi secara umum kita bisa mensiasati agar bisa terhindar dari masalah yang timbul dengan datangnya musim penghujan.

Berikut tips secara umum yang perlu diperhatikan mengenai keadaan mobil klasik anda bila kita berkendara di musim hujan.

    • Sebelum berpergian dimusim hujan sebaiknya cek dulu mengenai lampu-lampu, bila perlu pasang lampu kabut apabila anda akan berpergian ke tempat yang jauh, ini penting sekali karena kondisi hujan bisa menyebabkan pandangan kita terbatas maka dari itu penerangan akan sangat berarti sekali bila dalam keadaan normal, biasanya bercahaya kuning.
    • Cek juga fungsi wiper masih berjalan normal atau tidak, karenya sudah usang atau belum, segera ganti untuk menghindari terjadinya baret pada kaca mobil anda. Cek juga fungsi penyemprot air cadangan wiper masih normal atau tidak karena penting sekali bila hanya hujan gerimis dan posisi anda sedang berkendara dibelakang truck atau bus karena kaca mobil anda dipastikan akan terkena banyak kotoran dari mereka.
    • Cek lagi apakah mobil anda AC nya normal atau tidak, AC juga sangat penting bila musim hujan karena bisa menghilangkan embun pada kaca sehingga pandangan anda akan jelas mengenai keadaan sekitar kita, bila anda berkendara dengan mobil klasik yang tidak pakai AC atau anda kedinginan bila menggunakan AC, silahkan baca kembali tips dari kami mengenai cara mengatasi kaca mobil yang berembun bila hujan. Silahkan dicoba cara sederhana kami seperti yang sudah kami tulis sebelumnya.
tips berkendara di musim hujan
  • Cek kondisi ban anda sebelum berpergian dimusim hujan, bila ban alurnya sudah tipis sebaiknya ganti dengan ban baru agar tidak tergelincir atau selip. Cek juga tekanan angin pada ban agar sesuai, sebaiknya tekanan jangan terlalu tinggi karena bisa menyebabkan ban melayang (aquaplaning) isi saja tekanan ban antara 25psi sampai 30psi biar nyaman.
  • Cek sistem kemudi, rem, kopling dan lain-lain supaya terasa enak dan nyaman, periksa minyak rem juga agar jangan sampai kehabisan. Semua komponen diatas merupakan”nyawa kita” pada saat kita berkendara baik itu diwaktu musim hujan maupun seperti biasanya. Jadi jangan anggap remeh dan sepele karena sistem pengereman akan sedikit lebih kurang mantap bila kena air, apalagi bila mobil klasik anda masih menggunakan rem tromol semua anda perlu ekstra hati-hati.
  • Hindari menggunakan sepatu atau sandal yang licin karena biasanya akan terpeleset bila kita hendak menginjak rem atau kopling, kalau perlu nggak usah pake sepatu atau sandal, copot saja.
  • Periksa karet-karet pintu, talang air dll untuk menghindari air masuk kedalam, kalau karet pintu sudah gepeng semua, sebaiknya ganti dengan yang baru. Hal ini untuk menghindari air terciprat masuk kedalam melalui pintu/jendela kaca.
  • Untuk mobil klasik jenis tetentu seperti mobil buatan Daihatsu yaitu Hijet 1000 atau Daihatsu Zebra, perlu anda kontrol apakah penutup bawah mesin masih ada atau tidak karena ini berfungsi untuk menahan cipratan air naik keatas sehingga mengenai delco mobil anda, dan apabila ini terjadi maka dipastikan mobil anda akan mogok…gok…gok. Solusinya bisa anda tutup sementara dengan plastik sebelum melakukan perjalanan di musim hujan atau dibuatkan tutup pengaman delco sendiri. Silahkan konsultasikan dengan bengkel anda ya?

Untuk tips lainnya disamping hal-hal tersebut diatas yang perlu diperhatikan untuk mobil kita, kami juga menyarankan anda untuk lebih memperhatikan akan hal-hal yang bersifat humanity seperti dibawah ini

    • Jangan ngebut, ini penting sekali karena disamping sangat berbahaya karena pandangan yang tidak luas, anda juga pastinya tidak memahami kondisi jalan yang akan kita lalui ( maklum di Indonesia kondisi jalannya seperti itulah…anda juga tahu kan? ) Pokoknya berpedoman saja pada “biar lambat asal selamat”.
    • Jaga jarak aman dengan kendaraan di depan anda karena dalam kondisi hujan keadaan jalan akan berbeda sekali bila anda berkendara dalam keadaan normal.
    • Kenali kodisi rute perjalanan anda, maksudnya kalau rute yang biasa anda lalui bila musim hujan sering banjir, maka coba cari rute yang lain yang lebih aman. Kalau sampai terjebak banjir dan kena mogok….waduh…memalukan sekali ya? Sudah pake mobil klasik antik dan nyentrik eh…kena mogok, makanya hindari jalur banjir anda
tips berkendara di musim hujan
  • Nah…kalau sudah terlanjur lewat jalan yang banjir, sebaiknya jangan asal serobot saja jalannya, kecuali anda sudah hapal betul akan lobang-lobang jalanan yang rusak, maka terserah anda. Saran kami sebaiknya hati-hati dan pelan-pelan saja.
  • Kalau terjebak banjir dan posisi ngantri, sebaiknya gunakan transmisi rendah (gigi 1 saja) dengan posisi kaki siap untuk setengah kopling, kalau kondisi sudah macet total posisi transmisi di nol kan saja atau injak kopling penuh dengan gas yang sedikit besar, jangan digeber-geber karena air bisa saja masuk lewat knalpot. Tahan gas agak besar saja jangan sampai turun biar mesin tidak mati, kalau perlu kaki kanan bisa injak gas sama rem berbarengan. Kira-kira sudah pernah latihan belum nih untuk gas pol rem pol? Dijamin mobil anda tidak mogok waktu banjir.
  • Kalau sudah terlanjur mogok digenangan banjir, sebaiknya jangan dihidupkan dulu karena air bisa masuk lewat knalpot. Sebaiknya minta tolong sama orang-orang sekitar untuk mendorong mobil anda sampai ke tempat yang aman. Setelah itu coba hidupkan lagi..jreng…jreng.. Anda sudah bisa melanjutkan perjalanan kembali.
  • Hindari berpergian di malam hari bila keadaan hujan semakin lebat, sebaiknya siang hari saja kalau mau pergi.

Demikian tips berkendara di musim hujan dari kami semoga bermanfaat, silahkan share dengan teman-teman semua. Salam restorasi dan modifikasi mobil klasik antik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>