TIPS MODIFIKASI AS TROMOL BELAKANG MINICAB

Tips modifikasi as tromol belakang minicab – Tips praktis ini merupakan sedikit pengalaman kami sewaktu kami sedang berpergian dengan menggunakan mobil minicab klasik kami yaitu keluaran tahun 1981 yang gerigi tromolnya aus di tengah jalan sehingga tidak bisa jalan karena hanya as rodanya saja yang berputar tetapi tromolnya tidak ikut berputar sehingga rodanya pun berhenti. Sebelumnya kami mengira kampas koplingnya habis, tetapi setelah kami cek ternyata gerigi tromol belakangnya aus.

modifikasi tromol belakang minicab

Bagi anda yang mempunyai minicab baik itu pick up maupun model minibusnya dengan keluaran model sebelum tahun 1983 pasti sering atau pernah mengalami mogok di jalan gara-gara gerigi tromol belakangnya aus ( kalau tahun 1982 ada sebagian yang pakai gerigi tromol yaitu tahun 1982 awal, sedangkan untuk minicab keluaran tahun 1982 akhir sudah mengadopsi seperti tahun 1983 yaitu menggunakan as payung).Model as bergeri inilah yang merupakan salah satu kelemahan mitsubishi minicab keluaran lama yang kemudian di upgrade dengan model as payung untuk keluaran terbarunya (1983) karena banyaknya keluhan bagi para pecinta dan pengguna minicab pada jamannya dulu. Setelah dikeluarkannya model payung as belakang minicab, banyak pecinta minicab keluaran sebelum tahun 1982 yang kemudian memodifikasi as gerigi belakangnya dengan menggantikan dengan as belakang model payung milik mitsubishi minicab tahun 1982-1983.

Ini dulu sekitar tahun 1990 an sewaktu mitsubishi minicab masih banyak dijumpai di jalanan, tapi untuk jaman sekarang sepertinya mitsubishi minicab sudah menjadi barang langka dan merupakan salah satu mobil minibus klasik di Indonesia, jadi apabila anda mau mengupgrade atau mencari as roda belakang milik minicab tahun 1982-1983 akan kesulitan mencarinya karena memang sudah jarang ada. Kalaupun ada biasanya as belakangnya sudah tidak presisi lagi dan anda masih perlu mengeluarkan uang lagi untuk membuatnya menjadi presisi kembali ( paling tidak dibubut ulang ).

modifikasi tromol belakang minicab

Nah dari pada anda kesulitan mencari as roda belakang mitsubishi minicab tahun 1983 dengan model payung, sebaiknya modifikasi sendiri saja as gerigi minicab anda biar awet biarpun geriginya aus masih tetap bisa dipakai kembali tanpa takut mogok lagi.
Tentunya anda mungkin sudah bosan karena harus sering gonta-ganti tromol karena geriginya aus bukan? Maka dari itu ikuti tips modifikasi as tromol belakang minicab seperti yang sudah pernah kami lakukan sebagai berikut (maaf saya gambar sendiri sketsanya karena nyari-nyari fotonya sudah tidak ada lagi dan mobil minicab saya sudah terjual):

    1. Dongkrak roda belakang kemudian lepaskan rodanya (dua ban sekaligus).
    2. Lepaskan as belakang dengan mengendurkan baut as yang ada di tromol sebelah dalam
modifikasi tromol minicab
    1. Pisahkan tromol dengan as roda
    2. Bubutkan as roda belakang dan tromolnya sekalian, minta kepada tukang bubutnya untuk dibuatkan celah antara as roda dan tromolnya seperti pada gambar 1, kira-kira 1 cm celah pada as roda (dua buah celah) dan 1,5 cm pada tromolnya (dua buah celah juga).
    3. Minta kepada tukang bubutnya untuk membuatkan lempeng baja dengan ukuran sesuai dengan celah yang dibuat pada as roda dan tromolnya, minta agar presisi atau kalau mungkin agar lempeng pengunci celah ituterkunci pada as rodanya.
    4. Pasang kembali as roda dan tromol serta ban sesuai dengan gambar 2
modifikasi tromol minicab
  1. Tromol roda belakang minicab anda sekarang aman dan tidak akan aus lagi geriginya karena sudah ada pengganjalnya.

Untuk modifikasi tromol belakang minicab ini kita hanya mengeluarkan uang seratus ribu rupiah saja untuk biaya ongkos bubut dan pembuatan pengganjalnya saja. Bila anda memanggil bengkel untuk melepaskan as roda belakangnya mungkin biaya tambah 50 ribu saja untuk ongkos bengkelnya, jadi lebih irit bukan? Dari pada anda harus bolak-balik beli tromol baru yang harganya juga sekitar 175 ribuan dan bila dipakai terus paling lama 1 tahun sudah aus kembali karena kualitas tromol yang ada di toko spare part sekarang bukan orisinilnya. Mendingan modifikasi tromol orisinil dari mitsubishi minicab anda biar awet seperti diatas.

Demikian sedikit tips modifikasi tromol belakang minicab keluaran tahun 1982 dan sebelumnya. Semoga tips ini bermanfaat untuk anda dan salam restorasi dan modifikasi mobil klasik antik.

tags: , ,