TIPS MODIFIKASI MESIN HIJET

Tips modifikasi mesin hijet – Sudah lama saya tidak menampilkan posting mengenai hijet 1000 saya soalnya memang keadaan hijet saya lagi tak opname sendiri di bengkel dikarenakan silinder head nya yang sudah banyak keropos akibat korosif kena air radiator sehingga air radiator sering habis karena ada yang ikut terbakar ke ruang kompresi, waduh…mumet nggak mumet yang pasti pusing deh.

modifikasi mesin hijet 1000

Maka dari itu janganlah sembarangan menggunakan air untuk mengisi radiator karena akan berakibat yang fatal seperti yang sudah pernah saya alami. Paling baik gunakan air khusus radiator atau coolant, atau paling tidak anda bisa gunakan air yang tidak bermineral seperti aqua dest, maka blok mesin atau silinder head anda pasti akan aman. Memang saya biasanya hanya pakai air sumur saja untuk mengisi radiator, akibatnya demikian.

modifikasi mesin hijet 1000

Setelah tau silinder head begitu akhirnnya dengan terpaksa (harus dipaksakan demi kenyamanan dan kepuasan karena mobil ini tidak dijual) saya cek semua mesinnya alias kita turunin mesin untuk mengetahui barangkali ada juga kerusakan yangs serius pada booring nya. Dan ternyata memang benar adanya dinding booring sudah ada beberapa yang aus jadi perlu untuk korter ulang.

modifikasi mesin hijet 1000

Tapi karena sudah oversize 50 dan sepertinya kalau di over size 75 belum bersih maka diperlukan over size 100 untuk mengoptimalkannya. Akan tetapi bila saya over size kan mesin menjadi 100 nantinya bahan bakar juga akan boros, maka saya tidak jadi ambil keputusan untuk over size sampai 100. Alternatif lain saya akan shock kembali booring biar kembali standar akan tetapi biasanya cetakan hasil shock tidak sebagus dengan buatan standar pabriknya. Disamping itu juga biaya akan berlipat lagi karena harus di shock dulu kemudian dikorter ulang biar standar dan harus beli piston dan ringnya juga.

Setelah lama konsultasi dengan tim ahli dari bengkel kami, akhirnya saya mencari alternatif lain yaitu membeli mesin bekas eks Singapura, maklum katanya disana mobil hanya berumur maksimal 5 tahun setelah itu jadi barang bekas, kan negaranya kecil jadi kalau terlalu banyak sampah mau simpan dimana? Jadi ya diimpor ke Indonesia karena jangankan mesin umur 5 tahun, yang berumur diatas 25 tahun disini juga masih terawat, semakin antik semakin oke pokoknya.
Setelah browsing kesana-kemari mencari informasi terkini mengenai standar harga mesin eks ini akhirnya ketemu juga. Perlu anda ketahui bahwa harga mesin eks singapura untuk jenis mobil Daihatsu tiga silinder (karena umumnya mesin ini eks mobil sedan) antara 3,5 juta dari Sabang sampai Merauke harganya hampir sama saja, pembedanya hanya pada ongkirnya saja, hal ini disebabkan karena jaman sekarang semua toko spare part bisa langsung beli dari importir mesin-mesin bekas jadi harga bisa sama dan seragam.
Jadi saran kami untuk anda yang pengin mengganti mesin mobil anda nggak usah jauh-jauh belinya, cari saja di kota anda atau sekitarnya karena anda perlu cek dulu mengenai kondisi mesin yang sebenarnya dan yang penting si penjual mesin orangnya jujur mengatakan bahwa itu mesin eks Singapura bukan mesin eks angkot lokal.

modifikasi mesin hijet 1000

Perlu hati-hati dalam membeli mesin, silahkan baca lagi mengenai tips membeli mesin mobil bekas.

Hal-hal penting yang perlu diketahui bahwa mesin itu eks Singapura atau lokal :

    • Mesin biasanya satu unit, belum pretelan jadi kalau mau beli pretelan mesti ngambil langsung / nyopot langsung ( misal bila kita mau beli silinder head nya saja atau yang lainnya ) maka langsung dicopotan dari mesinnya.
    • Dilihat dari luar mesin memang kotor sekali, pokoknya bolot banget deh, tetapi setelah dicek (biasanya penjual memperbolehkan cek mesin dari bawah lewat tempat tampungan oli / karter) mesin masih mulus banget, oli saja masih bersih belum kotor.
    • Kebanyakan mesin buatan tahun 1990 keatas dan jenis terbanyak adalah mesin sedan, jadi anda perlu sedikit tahu mengenai jenis mesin mobil anda bila mau memodifikasinya, sebagai contoh saya nyari punya hijet 1000 dan ternyata dapatnya dari sedan merek daihatsu 3 silinder. Dilihat dari model carter, manifold intake dan outtake nya memang beda dengan model minibus disamping itu sudah injection (semuanya masih nempel di mesin), semua yang nempel di mesin dibawakan semua seperti dinamo ampere, dinamo starter dan delco nya. Jadi lebih murah harganya dari pada kita beli per part saja.
modifikasi mesin hijet 1000
  • Belilah dari penjual mesin yang direkomendasikan banyak orang, jadi anda mesti tanya sana-sini untuk memastikan bahwa si penjual itu bukan abal-abal alias tukang tipu karena banyak juga part yang ditukar sana-sini dengan part bekas lokal yang sudah tidak layak pakai….Penting yang ini masbro..
  • Ciri utama mesin Daihatsu eks Singapura untuk jenis hijet maupun Zebra terletak pada nomor mesinnya yang berada pada blok mesin, berbeda dengan mesin daihatsu hijet yang ada di Indonesia nomor mesinnya nempel pada blok silinder head. Ini keistimewaannya mesin daihatsu dari eks Singapura, jadi biarpun silinder headnya jebol nomor mesin nggak ikutan hilang

Walaupun sudah mempunyai mesin untuk hijet 1000 eks Singapura yang masih standar harus juga dicek beberapa elemen penting lainnya seperti metal duduk dan metal jalan untuk mengetahui apakah kurk as nya masih standar atau bukan. Hal lain yang perlu diganti yaitu ring piston, biarpun masih bagus dan standar sebaiknya ring piston ganti saja dengan yang baru dan orisinil biar awet. Kemudian jangan lupa untuk dikontrol timing belt nya, kalau perlu ganti juga yang baru.

Setelah itu kami coba rakit biar sempurna, untuk memaksimalkan torsi tarikannya kami modifikasi bagian intake bahan bakarnya (penjelasannya nunggu posting yang lain ya) secara sederhana agar mesin hijet ini lebih handal untuk lari serta enteng tarikannya. Oke…sekian dulu tips modifikasi mesin hijet 1000, berhubung sudah ngantuk akan kami sambung lagi mengenai modifikasi mesin hijet secara detil biar untuk posting kami berikutnya.

Salam restorasi dan modifikasi mobil klasik antik.. Oh ya..sementara ini hijet 1000 masih dalam proses pemasangan mesinnya. Informasi dan perkembangan lainnya akan kami tulis di sini untuk anda, salam Hijet Owner Indonesia (HOI).

tags: ,