MODIFIKASI HEADLAMP MOBIL KLASIK ANTIK

Modifikasi headlamp mobil klasik antik – Salah satu bagian terpenting modifikasi mobil klasik antik adalah penggantian atau modifikasi headlamp karena ini sangat penting sekali dan merupakan kebutuhan pokok dalam modifikasi mobil klasik antik.

modifikasi headlamp

Seperti yang kita ketahui bersama disamping bodi dan mesin yang kita modifikasi, headlamp merupakan bagian terpenting yang perlu kita modifikasi juga karena ini merupakan mata kita bila kita masih mengendarai mobil klasik antik kita terutama dalam suasana malam apalagi ditambah hujan. Bayangkan kalau headlamp kita nyalanya redup seperti bolam lima watt yang remang-remang, maunya nampang tapi kurang garang jadinya. Dan sudah nggak jamanya lampu redup jaman sekarang, sudah banyak dijual lampu-lampu headlamp yang nyalanya terang.
Bagi anda pemilik mobil klasik antik yang banyak temannya di Indonesia sudah banyak pabrikan yang membuat replika ataupun variasi baik lokal maupun kualitas luar yang langsung tinggal pasang headlamp dengan bohlamnya sekalian dengan kualitas HID (High Intensity Discharge ).
Untuk anda yang kemungkinan agak sulit mencari replika yang menyerupai bentuk headlamp mobil klasik anda dan headlamp anda sudah terlihat buram, anda bisa modifikasi sedikit headlamp mobil klasik anda yang sudah terlihat buram, bila headlamp anda terbuat dari bahan semi plastik yang sudah terlihat menguning, anda bisa putihkan atau beningkan kembali headlamp anda dengan kembali membaca tips dari kami mengenai cara mengkilapkan kembali headlamp yang buram. Disana sudah kami ceritakan sedikit cara yang sangat simpel untuk mengkilapkan headlamp anda yang sudah buram. Bila anda sudah baca artikel kami, anda bisa gunakan pisau cutter atau silet sebagai pengganti beling atau pecahan kaca yang kami gunakan untuk mengerok total bagian depan headlamp yang buram yang kemudian diteruskan dengan pengamplasan.

Jenis headlamp mobil klasik antik sebelum tahun 1990 biasanya berjenis Sealed Beam, biasanya bohlam sudah menyatu dengan headlampnya, reflektornya berupa cekungan dibelakang bohlamnya yang berfungsi memantulkan cahaya dari bohlam menuju kaca penutupnya dengan model garis-garis vertikal dan horizontal yang berfungsi untuk mengumpulkan cahaya agar bisa lurus dan menyebar di jalan. Headlamp jenis ini kalau dilihat dari luar bohlamnya tidak terlihat jelas. Jenis headlamp ini bisa kita modifikasi dengan headlamp universal yang bentuknya sama dengan type headlamp anda dan bohlam bisa kita ganti dengan halogen untuk memberikan efek cahaya yang lebih terang.

modifikasi headlamp

Untuk generasi jenis headlamp berikutnya dan memberikan efek yang lebih terang yaitu jenis kristal, cirinya yaitu reflektor berfungsi juga sebagai pengumpul cahaya sehingga cahaya akan fokus ke jalan dengan menyebar, kaca penutup depan berbentuk bening yang berfungsi hanya sebagai pelindung dari bohlamnya saja. Headlamp jenis ini jenisnya paling banyak dan bervariasi, sehingga kita bisa memilih sesuai dengan jenis headlamp mobil kita, silahkan cari saja mau bulat atau kotak dan banyak yang universal sehingga bisa diaplikasikan ke dalam berbagai jenis headlamp mobil klasik antik anda. Untuk bohlam atau bulb nya masih bisa pakai halogen atau bisa juga bohlam kita aplikasikan pakai HID.

modifikasi headlamp

Untuk yang terbaru dan teranyar yaitu ada jenis headlamp yang berbentuk projector, biasanya untuk headlamp jenis ini diperuntukkan khusus untuk jenis HID saja. Ciri untuk jenis headlamp ini bening semua dan kalau dilihat sekilas dari luar seperti headlamp didalam headlamp lagi. Untuk lebih detail mengenai jenis lampu HID silahkan baca di forum sebelah mengenai ulasan lengkap masalah HID yang memang untuk sekarang merupakan incaran para modificator dan penggemar otomotif kelas atas.
Demikian sekilas mengenai modifikasi headlamp mobil klasik antik yang sekarang memang merupakan keharusan dikarenakan memang hal yang penting dan vital dalam bagian modifikasi mobil klasik antik.

tags: , ,