MODIFIKASI VELG DENGAN SPACER

Modifikasi velg dengan spacer – Pada beberapa modifikasi mobil klasik antik yang menginginkan ban mobilnya agak keluar ada yang mengganti velgnya dengan yang model lebar dan ada juga yang mengakalinya dengan menambahkan spacer dengan menggunakan velg yang lamanya.

modifikasi velg mobil dengan spacer

Sebenarnya semua tergantung dari selera dan keuangan kita masing-masing, kalau beli velg baru dengan model yang lebih lebar mungkin memerlukan biaya yang lebih besar bila dibandingkan dengan hanya memasang spacer saja dan masih menggunakan velg lama.
Beberapa orang mempunyai pendapat yang berbeda-beda mengenai modifikasi velg dengan spacer ini, ada yang berpendapat kurang aman dan ada juga yang berpendapat aman-aman saja.

modifikasi velg mobil dengan spacer

Nah disini kami akan sedikit berbagi pengalaman seperti yang sudah kami lakukan dalam hal modifikasi velg dengan menambahkan spacer biar roda terlihat lebih keluar dan tentu saja aman menurut kami karena sudah kami uji coba selama dua tahun lebih dengan menempuh perjalanan yang tidak pendek dan mobil pernah kami pacu dengan top speed 115 km per jam di jalan tol ( kami sudah tidak berani lari lagi untuk speed yang lebih tinggi lagi karena harap maklum saja kami menggunakan mobil tua )

Menurut kami dalam hal modifikasi velg dengan spacer yang aman adalah sebagai berikut :

    1. Spacer ada dua macam di pasaran modifikasi ada yang buatan lokal ada juga yang impor (maksud impor disini produk dengan merek yang sudah terkenal seperti yokohama, enkei, dsb yaitu produk dari produsen velg impor juga), kalau mau beli yang bagus beli saja yang impor, untuk lebih jelasnya anda bisa baca mereknya pada dus kemasannya. Keistimewaan dari spacer produk luar atau impor yang jelas sudah full balance. Jadi anda tinggal pasang saja pada velg dan pasti sudah presisi, anda tinggal beli ukuran sesuai selera anda penginnya roda keluar berapa cm dan pasti aman.
    2. Ada juga spacer produk impor seperti diatas yang merupakan kw 2, biasanya ini impor dari China. Dengan adanya pasar bebas kita bisa beli semua produk dari luar negeri dengan mudah tak terkecuali produk aksesoris mobil dan velgnya. Dan kebanyakan pedagang aksesoris di negara kita lebih suka beli produk dari China karena murah. Tapi untuk spacer buatan China anda harus lebih teliti karena tidak semuanya produknya bagus, jadi sebaiknya dicoba dulu, kalau perlu dibalance dulu. Kita bisa minta tolong di tukang bubut untuk menyeimbangkannya.
    3. Spacer yang terakhir ada produk lokal, kalau yang pernah saya pakai cuma dua yaitu produk China dan lokal. Menurut kami produk lokal seperti buatan dari Kota Tegal kualitasnya tidak kalah dari produk China. Untuk urusan bubut dan besi di Tegal banyak ahlinya, mau dibuat model apa saja bisa pokoknya. Pengalaman saya pakai produk lokal ini saya tidak membeli dari penjual spacer di toko aksesoris maupun di toko ban tetapi saya memesan langsung dengan pembuatnya dan minta disesuaikan dengann kondisi mobil saya. Dan saya pakai aman-aman saja sampai sekarang.
    4. Dari tiga hal tersebut diatas kami simpulkan bahwa pemasangan spicer sebenarnya aman asalkan bisa terpasang pas dan presisi pada velg dan tromol ban serta terbaut dengan kencang.
modifikasi velg mobil dengan spacer
  1. Ciri-ciri spacer yang baik dan bagus terbuat dari bahan alumunium, jangan sekali-kali pakai dengan bahan cor atau cetakan karena akan mudah pecah bila pemasangan tidak pas. Mungkin ini yang sering anda baca dan kebanyakan orang takutkan bila memodifikasi velg dengan spacer akan terjadi pecah ban dalam kecepatan tinggi karena memakai spacer yang menggunakan bahan cor.
  2. Untuk lebih aman lagi jangan memasang spacer lebih dari besar dari 1 cm, dan sebaiknya spacer jangan dipakai pada mobil dengan velg ukuran lebih dari 15 inchi atau dengan menggunakan ban besar seperti pada mobil-mobil off road.
  3. Sebelum dan sesudah pasang sebaiknya lakukan proses spooring dan balancing lagi untuk memastikan bahwa spacer dalam keadaan presisi dan seimbang.
  4. Untuk lebih aman lagi sebaiknya ganti juga baut roda dengan ukuran yang lebih panjang apabila anda menggunakan spacer dengan ketebalan 1 cm atau lebih, sehingga proses pemasangan mur rodanya akan maksimal.

Nah demikian sekilas modifikasi velg dengan spacer untuk membuat roda mobil klasik anda terlihat lebih keluar dan tentunya akan semakin gagah juga. Semoga tips diatas membantu anda dalam modifikasi mobil klasik antik anda.

tags: , ,