Home » ac mobil » TIPS MEMPERBAIKI AC MOBIL SENDIRI

TIPS MEMPERBAIKI AC MOBIL SENDIRI

Minggu, Februari 3rd 2013. | ac mobil, perawatan ac mobil

Tips memperbaiki AC mobil sendiri – AC mobil bukan merupakan aksesoris lagi akan tetapi suatu faktor penting untuk sebuah mobil. Dilihat dari sejarahnya AC mobil umurnya sama dengan pertama kali dibuatnya mobil, silahkan disimak posting kami pada modifikasi AC mobil klasik.

komponen ac mobil

Disitu kami jelaskan pula mengapa kita perlu upgrade atau ganti satu unit AC mobil klasik kita dengan yang baru karena sistem AC baru menggunakan gas freon yang ramah lingkungan (R134a) karena tidak merusak ozon, itu kalau AC mobil klasik anda masih menggunakan freon R12 lho (saran saja demi kelangsungan hidup generasi yang akan datang).
Sistem kerja AC mobil secara umum adalah sebagai berikut, pada saat tombol ‘on/off’ pada AC mobil kita ‘on’ maka ‘magnet cluth’ akan menekan kompresor dan akan memutar kompresor untuk bekerja mengkompres atau menekan gas freon (refrigrant) yang ada didalamnya seingga menuju ke tempat pendinginan (kondensor) yang kemudian masuk ke filter dryer. Fungsi kondensor yaitu untuk mendinginkan gas yang bersuhu tinggi, itu sebabnya biasanya kondensor ditaruh di depan radiator dan dibantu dengan extra fan untuk menurunkan temperatur gas sebelum kemudian dialirkan melalu pipa menuju ekspansi valve yang berfungsi menurunkan tekanan yang kemudian menuju ke evaporator. Akibat perbedaan tekanan dari ekspansi maka udara didalam ruangan akan terserap oleh refrigan melauli evaporator sehingga ruangan akan berkurang panasnya dan pada waktu tertentu akan menjadi sejuk.

Di evaporator terjadi perubahan bentuk refrigran yaitu dari cair menjadi gas sehingga mudah menyerap hawa panas yang ada di dalam mobil yang kemudian dikembalikan lagi menuju kompresor dalam bentuk cair untuk dinaikkan tekannya secara berulang dan terus menerus. Jadi tidak ada istilah “harus tambah freon sedikit paling cuma 50 ribu atau 100 ribu saja” bila AC mobil anda tidak dingin, trik ini biasanya dikatakan oleh pedagang mobil bekas bila kita mau beli mobil bekas darinya. Baca juga tips jual beli mobil bekas ya sebagai pengetahuan tambahan kita.
Tidak sepele itu harus nambah freon, kalau memang tidak dingin berarti ada kerusakan atau kebocoran pada parts nya, maka dari itu kami tulis judul posting ini tips memperbaiki AC mobil sendiri yang berarti bukan kita yang harus memperbaiki sendiri kerusakan AC mobil kita melainkan sebagai pengetahuan kita mengenai apa yang terjadi pada kerusakan AC mobil kita dan kita bisa menganalisa sendiri sehingga kita tahu yang sebenarnya dilakukan. Hal ini sangat penting bila ini terjadi pada saat kita ditengah perjalanan untuk menghindari trik nakal dari beberapa oknum bengkel AC dadakan yang ada dipinggiran jalan yang menawarkan jasa sevis AC mobil.

Secara umum berkurangnya “dingin” pada AC mobil kita ada 3 faktor yang utama yaitu :

  1. Karena usia AC sudah tua (lebih dari 7 tahun atau bisa lebih lama tergantung bagaimana cara kita merawat AC dengan benar) biasanya terjadi kebocoran pada karet-karet seal nya.
  2. Faktor instalasi yang kurang sempurna, baik instalasi AC nya maupun kelistrikannya ( biasanya pada pemasangan sendiri bukan asli dari pabrik)
  3. Faktor lain misalnya akibat kecelakaan sehingga selang-selang bocor atau kondensor rusak, dll.

Dari ketiga faktor utama mengenai faktor yang menyebabkan AC mobil anda tidak dingin sangat tidak mungin sekali atau kecil kemungkinan bila anda punya mobil baru yang umurnya baru 1 atau 2 tahun yang kemudian AC nya tidak dingin dan anda tanyakan kepada si tukang AC jawabannya kurang freon atau tambah freon lagi, dan anda diduruh membayar beberapa ratus ribu dengan si bengkel berpura-pura bongkar ini dan itu. Bila anda mengalami hal demikian kemungkinan besar yaitu faktor nomer 2 dengan mengecek apakah ada arus listrik yang mengalir pada saat tombol AC anda ‘on’ kan (ini yang biasa terjadi) dan biasanya hanya sekring saja yang putus, jadi anda bisa ganti sendiri dan tidak usah memanggil bengkel.

Berikut kami berikan beberapa tips untuk pencegahan AC mobil anda agar lebih awet umurnya:

  1. Menjaga kebersihan kondensor, seringlah anda menyemprotkan air ke sirip-sirip kondensor sehingga proses pendinginan pada kondensor berfungsi baik karena bila kotor maka proses pendinginannya kurang sempurna akibatnya akan merusak seal-seal karet di sambungan pada saluran pipanya.
  2. Membersihkan evaporator dengan sikat khusus agar proses penyerapan hawa panas didalam mobil menjadi lebih sempurna, sehingga AC tetap sejuk.
  3. Jangan hidupkan AC dalam keadaan kaca terbuka terlalu lama karena akan memberatkan kerja kompresor (proses pendinginanya menjadi lama) akibatnya seperti nomer 1.
  4. Carilah bengkel AC mobil yang profesional dan terpercaya untuk urusan AC mobil anda agar anda tidak merasa dibohongi, seperti contohnya ditulis tambah freon 2 kg untuk jenis mobil sedan. Ini sangat tidak mungkin sedangkan yang dobel blower saja paling hanya 1,5 kg saja, dll.
  5. Untuk AC mobil tua dan sering kurang dingin, maka cek komponen dan pipa saluran AC dengan cara mengoleskan cairan yang berbusa, misalnya sabun untuk mengecek kebocoran yang terjadi, setelah tahu segera konsultasikan dengan bengkel anda untuk segera diperbaiki.

Semoga tips diatas bermanfaat dan salam restorasi dan modifikasi mobil klasik antik.

tags: ,

Artikel Terkait TIPS MEMPERBAIKI AC MOBIL SENDIRI

Komentar TIPS MEMPERBAIKI AC MOBIL SENDIRI

BERLANGGANAN ARTIKEL VIA EMAIL
Silahkan Tulis Email Anda pada kolom di bawah

Hubungi Kami

  • XL ------------------>081803964646
  • INDOSAT --------->081548030790
  • T-SEL -------------->082225560728
  • PIN BBM----------->24E7E2C5
  • BBM Channel----->C00476B75
  • Whatsapp-------->+6282225560728