MODIFIKASI DOBEL KARBURATOR PADA VW KOMBI

Modifikasi dobel karburator pada vw kombi – Pada seminggu yang lalu kami kedatangan tamu yang membawa VW Kombi tahun 1977 yang sering mengeluh dengan masalah tarikan serta setelan gas yang tidak spontan, tidak responsif serta pijakan terasa berat.

modifikasi karburator vw kombi

Memang banyak sekali pemilik vw kombi yang sering mengalami hal yang demikian yaitu sering bermasalah dibagian ini, apkah vw kombi anda juga mengalami hal yang demikian?

Kalau dilihat dari kapasitas mesin asli dengan volume 1.600 cc seharusnya vw kombi sudah memenuhi standar yang sama bila kita bandingkan dengan misalnya toyota kijang yang berkapasitas sama yaitu 1.600 cc juga. Akan tetapi yang membedakan disini adalah bobot dari bodi kedua mobil tersebut yang berbeda, jelas sekali vw kombi mempunyai bobot yang jauh lebih berat bila keadaan kosong tanpa penumpang bila dibandingkan dengan toyota kijang sehingga bila dikebut secara standar dan diajak balapan toyota kijang akan lebih enteng larinya. Akan tetapi VW Kombi sangat stabil dan senyaman sedan tunggangannya.

Hal lain yang juga menjadikan kurangnya responsif dengan tarikan vw kombi yaitu pada awalnya vw kombi ini dikhususkan memang penjualannya untuk masyarakat Eropa yang memang mereka merancang untuk negara-negara yang berhawa dingin dan berudara sejuk karena itu rancangan pada sistem pendinginnya hanya menggunakan pendingin udara saja tidak seperti mobil lainnya yang dirancang untuk negara-negara tropis yang panas dengan mengandalkan radiator atau berpendingin dengan air. Sehingga pada waktu pertama kali VW masuk negara Brasil yang beriklim tropis seperti Indonesia para ahli dari pabrikan itu banyak melakukan perubahan yang membantu sistem pendinginan pada mesinnya seperti merubah lubang udara yang langsung pada samping kanan dan kiri pada kabin mesin vw kombi ini agar proses pendinginan menjadi lebih maksimal.

modifikasi karburator vw kombi
modifikasi karburator vw kombi
modifikasi karburator vw kombi
modifikasi karburator vw kombi
modifikasi karburator vw kombi

Dari berbagai masalah dengan tarikan yang kurang spontan pada vw kombi akhirnya kami mencoba ide dengan memodifikasinya dengan menjadikan karburatornya menjadi dobel atau dua yang kami pasangkan pada sisi kanan dan kiri, cara ini sudah kami tes beberapa kali dan bahan bakarnya tidak begitu boros karena sudah kami coba jalan masih bisa menggunakan bensin 1:10 yaitu 1 liter bensin untuk jarak tempuh 10 km, masih normal kan untuk konsumsi ini?

Setelah proses selesai kami coba langsung untuk jalan, silahkan dilihat saja videonya dan maaf kalau kurang sip videonya karena saya sendirian, team yang lain masih mengurusi modifikasi jeep gladiator yang hari ini juga mau diambil pemiliknya dari Salatiga yaitu Bapak Martin.

Mengenai prinsip modifikasi dobel karburator pada vw kombi ini sebenarnya simpel saja yaitu hanya merubah posisi karburator aslinya yang berada pada posisi tengah dengan memindahkannya pada posisi kanan dan kiri dan kita buatkan manifold intake bahan bakar  untuk masing-masing karburatornya, cara ini sangat simpel karena posisi busi mesin vw berada pada masing-masing sisi tidak sama dengan mobil-mobil Jepang yang posisi letak businya yang sejajar. Untuk lebih jelasnya anda bisa lihat videonya sampai selesai.

modifikasi dobel karburator vw

Demikian sedikit gambaran modifikasi dobel karburator pada vw kombi semoga bisa memberikan inspirasi modifikasi untuk anda. Salam restorasi dan modifikasi mobil klasik antik.

tags: , , ,