TIPS MENGATASI KACA SAMPING MOBIL YANG MACET

Tips mengatasi kaca samping mobil yang macet – Kaca mobil samping kena macet mungkin sangat menjengkelkan sekali terutama bila terjadi pada saat hujan, kaca mobil ngak bisa tertutup rapat sehingga air mudah sekali masuk kedalam mobil.

tips mengatasi kaca mobil macet

Secara umum dan dari pergerakannya kaca samping mobil terbagi menjadi tiga yaitu :Kaca mobil gerak naik turun

  • Kaca mobil ini diaplikasikan pada kaca samping bagian depan untuk hampir semua jenis mobil dan untuk mobil-mobil terbaru sekarang semua kaca sampingnya mengaplikasikan model kaca naik turun seperti ini.
    Dan kalau dilihat dari cara kerjanya terbagi menjadi dua yaitu secara manual dan elektrik yaitu menggunakan power window. Untuk modifikasi dari manual ke power window maupun sebaliknya anda bisa konsultasikan dengan bengkel modifikasi kepercayaan anda sendiri-sendiri atau kalau lokasi dekat dengan bengkel kami bisa silahkan konsultasi dengan tim kami. Bila tidak bermasalah kaca mobil samping ini bisa 100% terbuka.
    Untuk kaca samping depan ini sering sekali terjadi kemacetan (seret) sehingga kadang bisa menyebabkan baret pada kacanya, silahkan baca tips menghilangkan baret pada kaca mobil.

    tips mengatasi kaca mobil macet
  • Kaca mobil gerak geser
    Untuk jenis kaca mobil ini semua menggunakan manual dan aplikasinya banyak dipakai pada kaca tengah maupun samping belakang pada mobil-mobil jenis minibus, seperti pada suzuki carry, hijet 100, atau jenis kijang kotak sampai grand extra. Dari gerak gesernya kaca samping mobil ini berpasangan ada yang bisa digeser dua-duanya ada juga yang hanya salah satu saja yang bisa digeser. Pada kaca mobil geser ini juga sering terjadi kemacetan terutama bila relnya sudah keropos maupun karetnya sudah mengeras.
  • Kaca mobil samping gerak buka tutup ceplikan
    Banyak diaplikasikan untuk kaca paling belakang mobil-mobil minibus seperti Suzuki Futura Realvan, Daihatsu Zebra maupun hijet 1000 modifikasi saya sendiri. Disamping itu juga banyak mobil-mobil klasik antik mengaplikasikan ini seperti pada kaca depan samping sopir pada vw kodok originalnya yang bisa diputar hingga 45 derajat. Selain praktis jenis kaca seperti ini cukup aman.
tips mengatasi kaca mobil macet

Dari penjelasan diatas yang paling sering macet adalah kaca samping bagian depan karena memang kaca samping ini memang yang sering dibuka tutup oleh kita, jadi kemungkinan macetnya semakin besar.

Beberapa hal yang sering membuat macet untuk kaca samping mobil ini karena disebabkan oleh beberapa hal antara lain :

  • Rusaknya power window, untuk masalah ini bisa anda cek dari terminal power window nya apakah ada aliran listrik atau tidak, biasanya untuk beberapa mobil klasik yang menggunakan power window sering mengalami kendala ini seperti pada suzuki forsa. Gantilah switch power window dengan yang baru, kalau sudah tidak ada dipasaran bisa anda modifikasi saja dengan model switch universal yang banyak ditemukan dipasaran dan harganya lebih murah saja.
  • Rusaknya gigi-gigi pada rangkaian rel tempat kaca samping, ini biasanya faktor usia dan sering terjadi pada kaca samping depan pada sebelah sopir, akibatnya kaca tidak bisa naik atau turun meskipun sudah diputar-putar tuasnya. Ciri-ciri gigi-gigi kaca sudah mulai aus biasanya pada saat kita memutar kaca samping untuk kita naikkan atau turunkan pada beberapa kali kaca akan tidak bergerak dan terkadang terdengar bunyi “krek” atau sejenisnya. Ciri lain terkadang kaca minta dipegangi bila mau dinaik turunkan.
    Cara mengatasinya, buka dortrim cek gigi-gigi rel kaca bila sudah aus bisa ganti yang baru bila ada, bila nggak ada yang jual kita bawa ke tukang las untuk dibuatkan gigi-gigi ulang
  • Karet-karet kacanya sudah mengeras, karena termakan usia dan terkena panas hujan tiap hari karet kaca mobil akan mengeras atau tidak elastis, untuk mengatasi sementara anda bisa taburkan bedak bayi pada samping-samping kaca dan pada permukaan kaca, cara ini bisa juga digunakan untuk mengatasi kaca samping dengan gerak geser juga. Jangan menggunakan oli atau pelumas lain karena bisa mengakibatkan cepat kotor sehingga malah tambah macet dan kaca terbaret oleh kotoran.
  • Rel kaca rusak dan karatan, biasanya kaca kalau dinaik turunkan akan selalu tidak pas seperti miring kanan atau kiri maupun kaca seperti mau lepas, tips mengatasinya segera cek dan bawa ke tukang las untuk membuatkan rel yang baru, kalau hanya karatan saja anda bisa menggunakan minyak rem untuk mengatasi karatannya, gosok sampai karat hilang semua kemudian bisa diberi pelumas, paling baik bisa memakai campuran minyak tanah dengan minyak goreng. Dijamin lancar kembali bila dipasangkan.
  • Hal-hal lain seperti cara pemasangan kaca yang salah, kaca mobil berjamur karena salah dalam mencuci dan lain-lain bisa menyebabkan kaca samping menjadi macet.

Demikian sedikit tips mengatasi kaca samping mobil yang macet. Terima kasih

tags: , ,