CIRI-CIRI VW KOMBI KUMIS DAN KOMBI JERMAN LAINNYA

Ciri-ciri VW Kombi Kumis dan Kombi Jerman

Ciri-ciri vw kombi kumis dan kombi Jerman lainnya – Kami akan sedikit membahas mengenai vw kombi Jerman yang sampai saat sekarang ini harganya masih lumayan mahal yaitu kombi kumis ( buatan tahun 1967 samapi tahun 1970 ) bila dibandingkan dengan kombi-kombi generasi berikutnya serta keistimewaan produk kombi Jerman generasi terakhir yaitu buatan tahun 1977 sampai 1979 yang harganya juga masih selangit.

vw kombi kumis

Sebelum kami jelaskan mengenai keunikan kombi kumis dan keistimewaan vw kombi 1977 sampai 1979, silahkan anda baca dulu untuk sejarah vw kombi pada posting kami yang lalu, serta baca juga mengenai perbedaan vw kombi dan kombi mikro.

Bila anda sudah sedikit membaca kedua artikel mengenai sejarah vw kombi dan bisa membedakan antara vw kombi dan mikro, kali ini kami akan sedikit memberi gambaran mengenai bagaimana cara membedakan vw kombi dari tahun ke tahunnya yang ada di Indonesia. Dari berbagai referensi dan kami tanya juga kepada yang berpengalaman di bidang per-kombi-an berikut kami urutkan cara mengenali ciri-ciri vw kombi dari bentuk fisiknya serta perubahan-perubahan lainnya.
Sebenarnya vw kombi Jerman dari tahun pertama dibuat yaitu tahun 1967 (sesudah dakota) ke tahun sampai terakhir diproduksi yaitu tahun 1979 tidak beda-beda jauh, oh ya untuk nama di luar negeri sana nama kombi setelah dakota dinamakan kombi bay window dan kombi ini pertama kali dibuat yaitu pertama model tahun 1967 sampai terakhir tahun 1979. Orang Indonesia mengelompokkan untuk bay window tahun 1967 sampai 1970 menyebutnya kombi kumis, setelahnya dinamakan kombi saja.

Ciri-ciri model vw kombi bay window pertama yaitu buatan tahun 1967 sampai 1970 atau orang Indonesia banyak menyebut ‘kombi kumis‘ yaitu :

  • Mesin sama dengan model terdahulunya atau yang lebih tua (dakota) yaitu mesin type 1 hanya mesin lebih tinggi sekitar 4 cm dan rem depan masih tromol dengan 5 lobang baut roda (pcd nya berapa tuh lupa pokoknya jarak lubang-lubang pcd nya lebih jauh).
  • Kaki-kaki sudah menggunakan ball joint, model sebelumnya (dakota) masih menggunakan kingpen, sehingga kaki-kaki dan setir sudah lebih enak dan empuk. Karena itu banyak pemilik asli dakota yang merubah  kingpen nya dengan model ball joint, karena hanya memerlukan sedikit modifikasi saja.
  • Ciri lain dari kombi kumis yaitu flap penutup bahan bakar masih mirip dengan dakota hanya saja tidak ada tempat lubang kuncinya (tempat kunci bahan bakar ada di penutup bensin).
  • Ciri yang sama lagi dengan model dakota yaitu stop lamp nya, lampu sen ( orang menyebutnya lampu sen ‘udang’ ) letaknya diatas bumper depan. Bumper depan juga terlihat lebih panjang dan melingkar sampai ujung pintu depan karena nyambung dengan foot step yaitu sebagai pijakan kalau kita mau naik ke kabin.
  • Lubang saluran udara ke ruang mesin (orang menyebut kupinganya) modelnya seperti bulan sabit.
  • Ciri lain yaitu pada dasbor, switch wiper nempel di dasbor, di setir hanya ada switch lampu sen saja.
dasbor vw kombi 1978

Itulah ciri-ciri fisik asli kombi bay window pertama atau kumis ( tahun 1967sampai tahun 1970) bro!!
Kenapa harganya masih mahal? Saya juga nggak tahu bro, mungkin tahunnya yang tua kali ya, kata orang sih semakin tua semakin antik.

Untuk vw kombi tahun selanjutnya yaitu tahun 1971 perubahan yang mencolok pada penggunaan disc brake atau kita menyebutnya rem cakram pada roda depannya. Pokoknya sampean lihat-lihat sendiri ke kolong mobil kalau mau tahu bener nggaknya ya?
Ciri kedua lubang baut roda masih 5 cuma pcd nya tambah kecil. Ini ciri aslinya kombi tahun 1971 ya bro…

Untuk vw kombi tahun 1972 perubahan pada mesin engine bay sudah besar kalau di Jerman sana ada juga yang menggunakan mesin Type 4 yaitu 1.800 cc, stop lamp sudah menggunakan lampu yang panjang, tetapi bentuk bumper depan serta lampu sen masih sama dengan pendahulunya. Kupingan atau saluran udara yang masuk ke mesin sudah berbentuk kotak.
Orang Indonesia jarang yang suka dengan model ini karena banyak yang menyebut kombi banci.

Untuk vw kombi tahun 1973 ciri-ciri yang mudah dikenali yaitu perubahan pada bumper depan yang sudah berbentuk kotak, lampu sen depan juga sudah naik sejajar dengan ventilasi atau lubang grill depan. Untuk rem cakram depan menggunakan disc brake yang lebih besar, model ini bertahan sampai ke generasi yang terakhir kombi Jerman sampai yang model Brasil juga masih sama.
Pada tahun 1973 juga ada yang menggunakan transmisi otomatis, dan perubahan di dasbor yaitu switch wiper yang pindah ke setir dan berbentuk seperti cocor bebek.

VW kombi tahun 1974 perubahannya yaitu panel-panel instrumen warnanya berubah hitam.

VW kombi tahun 1975 perubahan pada bentuk setir yang agak sedikit kecil dari tahun-tahun pendahulunya, penutup bensin tanpa menggunakan flap melainkan langsung tutup bensin yang bisa langsung dikunci.

Vw kombi tahun 1976 sepertinya jarang ditemukan di Indonesia karena deregulasi impor mobil pada waktu itu yang tidak memperbolehkan mobil Built Up (BU) tidak bisa masuk ke Indonesia. Memang sebelum tahun 1977 Indonesia masih memperbolehkan untuk import mobil secara utuh atau CBU (Completely Built Up)

Tahun 1977 VW kombi masuk Indonesia melalui sistem CKD (Completely Knocked Down) artinya mobil diimport tidak seutuhnya asli dari Jerman, karena di Indonesia juga sudah mulai merakit sendiri, cuma disayangkan mesin masih menggunakan type 1 dan kaca-kacanya juga bukan asli dari Jerman lagi.

vw kombi 1978

VW Kombi tahun 1978 dan tahun 1979 masih import dengan sistem CKD juga, perubahan yang ada yaitu batang setir tengahnya lebih besar. Part lainnya masih buatan lokal, seperti AC buatan Jepang, kaca sliding juga buatan lokal.

Keistimewaan VW kombi tahun 1977 sampai 1979 adalah tarikan bawahnya sangat panjang, ini disebabkan transmisi aslinya tersusun dari gigi gerigi yang halus. Makanya banyak juga kombi tahun 1977 sampai 1979 ini yang nyari juga karena keistimewaan tarikan gasnya yang panjang, apalagi kalau kita modif jadi doubel karburator pasti tambah mantap deh.

Tahun 1980 Indonesia sudah tidak import Kombi Jerman lagi melainkan kombi Brasil, mungkin harganya lebih murah kali ya. Kami juga tidak tahu, pokoknya yang kami tulis disini hanya membahas ciri-ciri vw kombi kumis dan kombi Jerman lainnya.

Nah setelah membaca artikel diatas silahkan dicek apakah kombi Jerman anda sesuai dengan spesifikasi aslinya atau sudah dimodifikasi?

tags: , ,