MESIN COLT T120 SERING PANAS

Bagikan ke teman andaShare on Facebook51Share on Google+7Tweet about this on Twitter9Pin on Pinterest0

Mesin Colt T120 sering panas – Banyak pengguna Mitsubisi Colt T120 yang mengeluhkan masalah ini dan samapi bosan juga mengatasinya karena biasanya setelah menempuh jarak sekitar 3 km saja posisi ampere suhu pada dasbor akan naik lagi.
Berikut kami akan berikan sedikit tips untuk mengatasi permasalahan mesin colt T120 yang selalu panas, semoga bisa membantu anda.

colt t120 klasik
 colt t100 pck up

Mengapa colt T120 masih banyak penggunanya? Terutama untuk type pick up nya? Memang sudah terbukti dan teruji kalau mobil keluaran Mitsubishi buatan antara tahun 1970 sampai tahun 1980 an ini terkenal sangat bandel dalam segala medan dan chasis atau frame mobil ini sangat kuat sekali, mungkin anda sering lihat penggunaan colt T120 pick up pada toko-toko material maupun pata pertanian untuk angkut-angkut gabah (padi). Kalau untuk jenis pick up mobil sekarang chasis dipastikan sudah retak tuh, bahkan bisa saja patah. Ini dikarenakan chasis atau frame yang digunakan sangat tebal, kalau sekarang bisa disamakan dengan chasis untuk truck engkel. Hebat khan? Hanya saja kapasitas mesin yang tidak memungkinkan untuk mengangkut beban yang sama seperti truck.
Coba bayangkan kalau colt T120 anda modif dengan mengganti mesinnya dengan mesin Colt diesel, pasti mantap dah !
Kalau ada yang mau kami siap bantu pemasangan dan modifikasinya.

Kita kembali ke permasalahan mengapa mesin colt T120 anda sering panas? hal-hal yang perlu kita lakukan secara berurutan adalah sebagai berikut :

  • Masalah radiator

Cek radiator apakah airnya berkurang atau tetap atau bisa juga air di radiator balik ke tempat penampungan air cadangan.
Bila air berkurang bisa disebabkan karena ada yang bocor diantara radiator, selang-selang atau pada bagian sambungan water pump yang korosi. Coba cek satu persatu dengan menghidupkan mesin dan kita buka jok mobilnya. Coba amati dengan seksama diantara itu dengan cara ijak gas pada putaran 1000 sampai 1500 rpmnya, bila belum kelihatan coba matikan mesin dan amati kembali pada bagian-bagian tersebut. Bila bocor pada sambungan selang-selang segera ganti dengan yang baru, pada selang jangan pernah untuk menambalnya karena pasti akan bocor lagi pada saat tekanan air sangat besar. Bila bocor pada sirip-sirip radiator segera bawa ke tukang radiator untuk diperbaiki sekaligus untuk dibersihkan bagian saluran-salurannya. Bila ada korosi di bagian sambungan pipa dengan selang ( biasanya pada sambuangan dengan water pump nya ) bila hanya bocor sedikit, anda bisa mengatasinya dengan cara mengelem dengan alteco dan menaburkan bubuk besi pada permukaan yang bocor tersebut (harus dilepas dulu waktu mengelemnya)

mitsubishi colt t120

Bila tidak ada kebocoran tetapi air berkurang, coba anda start mobil dengan posisi tutup radiator terbuka, kalau pada saat distart air pada radiator muncrat keluar, dapat dipastikan silinder head bermasalah, biasanya permukaan silinder head sudah korosi, kalau masih memungkinkan coba selep kembali untuk menghaluskan dan gantilah packing silinder head yang orisinil sebelum pemasangan kembali.
Memang permasalahan mesin panas colt T120 kalau dianalisa dari radiator cukup banyak, dari radiator mampet sampai ke silinder head yang bermasalah. Tapi jangan kuatir semua permasalahn bisa ketemu dan ada solusinya, silahkan dianalisa sendiri sesuai urutan diatas.
Catatan : Untuk mengurangi korosi pada radiator dan pada pipa penghubung water pump, anda bisa mengisinya dengan coolant, bila posisi anda di desa dan tidak ada yang jualTIPS JUAL BELI MOBIL BEKAS. Read more ... ┬╗, memakai air hujan yang ditadah langsung juga lebih baik, karena kadar air hujan hanya sedikit mengandung zat kapur dan garam sehingga lebih bagus dibandingkan dengan air sumur biasa.

  • Masalah Platina dan bahan bakar

Bila mesin panas tetapi kondisi radiator normal, sirkulasi air lancar dan tidak ada kebocoran, coba cek seting kerenggangan platinanya, setel saja kerenggangannya sekitar 0,3 mm dan seting spuyer karburator agar jangan terjadi ngelitik karena bensin terlalu irit, mesin ngelitik juga bisa menyebabkan ampere meternya naik.
Kira-kira saja keiritan colt T120 anda yaitu 1 liter bensin untuk jarak tempuh 10 sampai 13 km seperti kondisi normalnya. Kalau karburator sudah tidak normal bisa diganti punya T120SS akan lebih jos lagi.

  • Masalah kipas radiator switch ampere meter

Kipas radiator juga bisa bermasalah terutama bila tali kipasnya sudah mulai kendur, silahkan ganti yang baru. Tali kipas kendur membuat perputaran kipas tidak normal sehingga proses pendinginan pada radiator akan terganggu. Untuk maslah modifikasi daun kipas radiator juga bisa dilakukan yaitu dengan menggantinya pakai kipas yang berdaun lebih banyak seperti punya mobil-mobil solar, tetapi jangan beli yang imitasi karena biasanya tidak tahan panas dan suatu saat pasti akan rusak. Bahayanya bila rusak dalam perjalanan dan kita tidak menyadarinya, maka akan sangat fatal lagi kerusakannya karena bisa merembet ke mesin.

Cek juga switch ampere meter biasnya juga sudah rusak atau tidak normal, bila mobil baru distart dan baru sekitar 5 sampai 10 menit ampere panas naik, biasanya switch amperenya sudah tidak normal atau kotor, coba lepas dan bersihkan.

Demikian sekilas tips kami untuk mengatasi mesin colt t120 yang sering panas, semoga tips diatas bisa berguna untuk anda pengguna colt t120. Kami bukan ahlinya, tetapi itu berdasarkan pengalaman kami.

Bagikan ke teman andaShare on Facebook51Share on Google+7Tweet about this on Twitter9Pin on Pinterest0

One thought on “MESIN COLT T120 SERING PANAS”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>