PERBANDINGAN PAS ANTARA DEMPUL DAN HARDENER

Perbandingan pas antara dempul dan hardener – Akan membuat dempul menjadi lebih baik dan kekerasannya juga sempurna. Pada tulisan kami mengenai cara mendempul yang baik sudah pernah kami jelaskan secara rinci mengenai beberapa tehnik mengelotok dempul yang sering dikerjakan oleh bengkel cat dan kenteng mobil, monggo silahkan dibaca ulang ya?

Disitu juga kami sudah jelaskan mengenai perbandingan pas antara dempul dan hardener atau bahan pengerasnya sehingga kita bisa menentukan waktu yang pas kapan dempul akan mengeras karena ini sangat penting bila kita belum mahir benar dalam mendempul mobil sehingga dempul tidak terbuang sia-sia.Dalam video kali ini kami sengaja memperlihatkan perbandingan standar antara dempul dan hardenernya yaitu sekitar 1:100 yaitu untuk bahan dempul plastik 1 ons kira-kira membutuhkan hardener hanya 1 gram saja dan perbandingan tersebut kalau kita aplikasikan kedalam pendempulan bisa kita tentukan pengeringan dempul tersebut kira-kira sekitar 10 menit pada saat cuaca terang.

Jadi kita harus bisa memanfaatkan waktu 10 menit tersebut untuk membentuk dempul atau mengaplikasikan dempul tersebut pada bahan atau pelat yang akan kita dempul sebelum akhirnya dempul menjadi kering dan terbuang atau tidak bisa dipakai lagi. Maka dari itu banyak tukang dempul yang bisa melakukannya akan tetapi mereka juga boros pada pemakaian dempulnya.

Untuk yang sudah mahir bisa mencampurkan 1 ons dempul dengan 2 gram hardener untuk mempercepat proses pendempulan dan hasil yang diperoleh juga akan lebih baik, pada beberapa kasus keropos yang kami tangani banyak sekali yang dempulnya tidak pecah, maksudnya ada pelanggan kami yang mobilnya pernah kami cat disini dan dia kembali lama sekali sekitar hampir 8 tahun karena ingin ganti dan memperbaiki beberapa bagian yang keropos dan ternyata pada saat kami kelotok dempulnya masih utuh tetapi pelat besinya sudah keropos.
Untuk kasus dempul yang seperti ini karena kami menggunakan dempul yang bagus serta pencampuran dan perbandingan antara dempul dan hardenernya yang pas.
Itulah share pengalaman kami mengenai soal pendempulan mobil. Salam restorasi dan modifikasi mobil klasik antik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>