TIPS MEMILIH SHOCK BREAKER PADA MODIFIKASI KATANA

Tips memilih shock breaker pada modifikasi katana – Pada modifikasi sederhana suzuki katana pernah kami ulas mengenai modifikasi minimalis suzuki katana untuk mengubah penampilan standar mobil suzuki katana anda.

tips memilih shock breaker

Pada modifikasi suzuki katana off road pemilihan shock breaker sangat penting sekali atau merupakan hal vital yang perlu kita perhatikan dengan baik karena shock breaker merupakan tumpuan untuk kenyamanan mobil kita disamping hal-hal lain seperti cara pengaturan per daun yang pas dan sebagainya.Bila salah dalam hal ini modifikasi off road katana anda akan mengalami kegagalan setengah. Mengapa kami namakan kegagalan setengah saja? Karena mungkin tampilan fisik suzuki katana anda sudah gagah, tetapi kenyamanan dan keamanan kurang karena salah dalam pemilihan shock breaker.

tips memilih shock breaker
img credit : modmyrv.com

Sebelum melangkah lebih lanjut alangkah baiknya anda juga tahu mengenai jenis-jenis shock breaker dan karakteristik dari shock breaker sebelum anda memakai atau membelinya untuk modifikasi mobil anda.
Bila kita perhatikan shock breaker ada dua jenis kalau kita lihat dari arah gerakannya yaitu :

  1. Shock breaker single action (rebound stroke), yaitu shock breaker yang bekerja pada satu arah saja, biasanya bekerja meredam getaran pada saat memanjang.
  2. Shock breaker double action (bound stroke), shock breaker yang bekerja atau meredam getaran pada saat memanjang dan memendek.

Dari arah gerakannya bound stroke pilihan tepat bila anda pilih untuk modifikasi off road suzuki katana anda karena bisa meredam gerakan naik turun sehingga kenyamanan akan bisa anda rasakan.

tips memilih shock breaker

Kalau dilihat dari isinya shock breaker dibagi juga menjadi dua yaitu :

  • Shock breaker isi gas, adapun sifat shock breaker ini respons kerjanya lebih cepat sehingga pada saat bekerja getaran lebih halus akibatnya mobil tidak limbung. Shock breaker isi gas tidak bisa disuntik ulang karena berisi gas akan tetapi bisa dimodifikasi kembali dengan isi oli. Kelemahannya bila sering bekerja, misalnya sering lewat jalanan off road seal-seal penyekat gasnya sering jebol akibat panas karena sering terjadi gesekan. Catatan shock breaker gas juga didalamnya ada olinya sebagai pelumasnya.
  • Shock breaker isi oli, karakteristik lebih awet dibandingkan karena bisa di rekondisikan atau diservis kembali, respon kerja kurang cepat sehingga terkada mobil seperti limbung.

Hal lain yang perlu diperhatikan pada pemilihan shock breaker yaitu mengenai jarak memanjang dan memendeknya atau lebih dikenal dengan ayunan maksimum dan minimumnya serta pengaturan per yang kita gunakan. Bila per terlalu lemah maka beban mobil akan bertumpu pada shock breaker sehingga shock breaker akan cepat bocor, begitu juga sebaliknya apabila posisi ban menggantung atau memanjang bila ayunan per kurang maksimum maka beban juga terjadi pada shock breaker sehingga akan sering bocor juga.

tips memilih shock breaker
img credit : modmyrv.com

Setinglah shock breaker pada tengah-tengah yaitu perhatikan saat mobil tanpa beban dan dengan beban maksimum sehingga disamping kenyamanan juga akan memperpanjang umur shock breaker anda.

Oke deh…demikian sekilas mengenai tips memilih shock breaker pada modifikasi katana off road, semuanya tergantung dari dana anda masing-masing mau pilih cara murah dan sederhana atau mau pilih cara mahal juga bisa.

Salam restorasi dan modifikasi suzuki katana.

tags: , ,