MODIFIKASI REM CAKRAM HIJET 1000

Modifikasi rem cakram hijet 1000 – Sudah lama sekali kami tidak membuat postingan untuk hijet 1000 modifikasi kami. Memang bulan-bulan kemarin atau bulan Mei 2013 kami masih agak sibuk mengurusi pekerjaan bengkel, seperti pengerjaan membuat bak terbuka untuk taft hiline pick up tahun 1995 ini yang sampai sekarang juga masih belum selesai karena full restorasi bodi dan chasis serta pembuatan sendiri pick up serta seting semua kaki-kakinya biar oke semua.

modifikasi rem cakram hijet 1000
modifikasi rem cakram hijet 1000
modifikasi rem cakram hijet 1000

Akan tetapi seperti janji kami pada tulisan kami yang sudah lewat bahwa kami akan memaksimalkan untuk modifikasi hijet 1000 kami biar menjadi yang terbaik diantara hijet-hijet 1000 yang ada di Indonesia (sombong dikit lah). Kami pernah mengatakan akan memodifikasi rem tromol hijet 1000 menjadi rem cakram dan modifikasi yang lainnya untuk hijet saya.

modifikasi rem cakram hijet 1000
modifikasi rem cakram hijet 1000
modifikasi rem cakram hijet 1000

Setelah berjalan sekitar 4 tahun dari pertama kali hijet 1000 kami modifikasi menjadi seperti bentuk yang sekarang ini ( cek ke tkp saja untuk melihat video hijet 1000 full modif kami disini ), kami sudah banyak melakukan perubahan kembali untuk sekedar menyegarkan saja (kalau untuk cat belum terlihat ada keropos yang timbul, hanya ada sebagian yang kena baret karena ulah si tangan jahil saja) seperti perubahan pada lampu fog lamp bumper depan yang semula berisi fog lamp oval 2 biji dengan lampu sein, kali ini kami rubah menjadi satu fog lamp saja yang sengaja kami belikan fog lamp punya Toyota Avanza sehingga penampilan bumper depan sudah berubah menjadi seperti pada foto-foto yang ada disini. Silahkan diamati secara seksama perubahan itu ya, sudah terlihat beda kan?

Perubahan yang lain kami juga saat ini sedang memodifikasi interior untuk hijet 1000 kami dari model interior lama berwarna krem, sekarang kami akan mengubahnya menjadi hijau semua (tunggu tanggal mainnya ya) Pasti akan kami tunjukkan foto-fotonya kepada anda nanti setelah modifikasi interior hijet 1000 ini telah selesai kami renovasi).

modifikasi rem cakram hijet 1000
modifikasi rem cakram hijet 1000
modifikasi rem cakram hijet 1000
modifikasi rem cakram hijet 1000
modifikasi rem cakram hijet 1000

Nah setelah kita membaca judul posting diatas kok malah ngomong masalah hijet 1000 nya kok jadi ngomong masalah interior juga ya? Ya itu tadi maksud kami untuk menunjukkan kepada anda pembaca setia blog mobil klasik antik terutama yang suka sama hijet saya ini bahwa kami sedang fokus untuk modifikasi hijet 1000 ini menjadi untuk menjadi hijet 1000 termodif.

Dan dari semua permasalahan yang sering terjadi pada hijet 1000 (mungkin juga untuk mobil yang masih tromol rem depannya) masalah rem merupakan prioritas yang penting, dan sudah sering sekali hijet kami kontrol sendiri (sewaktu pake rem tromol ) kalau di rem setir sering sekali membuang arah entah itu kekanan maupun kekiri bahkan kadang rem menjadi kurang joss atau pakem. Hal ini yang sering bolak balik bongkar pasang untuk sekedar mengontrol apakah kondisi kampas rem nya sudah tipis atau nggak atau hanya sekedar kotor saja pada bagian dalam tromolnya.

Maka dari itu disini kami khususkan untuk membahas modifikasi rem tromol depan hijet 1000 untuk kami rubah menjadi rem cakram karena mengingat hal-hal tersebut diatas yang sering kami alami. Bila anda pengin tahu keistimewaan rem cakram (disc brake) dibandingkan dengan rem tromol silahkan baca tulisan kami yang lain mengenai perbedaan rem tromol dan rem cakram.

modifikasi rem cakram hijet 1000
modifikasi rem cakram hijet 1000
modifikasi rem cakram hijet 1000
modifikasi rem cakram hijet 1000

Untuk merubah langsung atau mengganti rem cakram yang pas ( satu set rem cakram ) dengan kondisi tie road dan sayap roda (low arm) asli bawaan hijet 1000 merupakan hal yang sulit karena tidak ada yang pas. Sudah saya coba menggunakan satu set rem cakram punya daihatsu zebra 1.3 tetap tidak sama, malah harus banyak penggantian komponen yang lainnya seperti harus ganti shock breaker dan per keongnya, termasuk tie road dan low arm nya juga harus ganti, belum lagi posisi stabil bodi nya yang terlalu panjang. Repot juga ya bro..

Dari berbagai percobaan, akhirnya ketemu juga yaitu kami menggunakan spare part beberapa mobil, seperti menggunakan bagian selongsong shock breaker daihatsu zebra 1.0 (kebetulan pas banget sehingga tidak perlu ganti shock breaker), satu set disc brake punya suzuki carry ekstra termasuk juga as roda depan, nap rodanya, brake pads, kaliper, selang rem bawah dan bearing roda semuanya pake punya suzuki carry ekstra.
Untuk tempat dudukan kaliper kami gunakan punya daihatsu espas (kebetulan juga lubangnya pas).

Proses pengerjaan modifikasi rem cakram hijet 1000 sebenarnya tidak lama dan yang membuat lama memang karena kami berpikir untuk modifikasi ini biar nantinya bila mau ganti kampas rem (brake pads) maupun seumpama ganti laher roda (bearing) kami menggunakan spare parts nya suzuki carry ekstra saja, karena untuk bearing misalnya akan lebih awet dibanding punya hijet atau zebra. Makanya akhirnya kami mencari alternatifnya menggunakan semua parts suzuki carry ekstra. Karena untuk bearing roda depan hijet sangat rapuh sekali atau sering bermasalah karena model bearingnya yang miring.

Pekerjaan yang perlu ketelitian yaitu merubah posisi lubang baut roda pada nap nya karena saya masih menggunakan velg untuk hijet 1000 yang lubang pcd nap carry itu saya rubah ke ukuran 110 (pas punya hijet). Kalau anda mau tetap memakai lubang pcd suzuki carry maka tidak perlu merubah ini. Jadi nanti velg depan punya lubang pcd 114,3 (punya carry atau kijang) dan velg roda belakang pake velg daihatsu.
Ha..ha..ha..pasti terlihat lucu ya? Maka dari itu silahkan saja anda bisa modifikasi lubang pcd untuk kedua pasang roda anda sendiri, kalau mau disesuaikan dengan velg suzuki carry maka tromol belakang hijet anda rubah lubang pcdnya menjadi 114,3. Untuk pilihan lubang pcd 114,3 ini banyak sekali pilihan jenis velg racingnya, tetapi untuk lubang pcd 110 pilihan velg racingnya terbatas (hanya khusus untuk hijet, zebra dan espas saja).
Untuk hijet saya karena untuk meringankan pengeluaran uang, maka saya merubah lubang pcd roda depan untuk menyesuaikan dengan velg hijet saya (jadi nggak beli velg baru)
Dan kebetulan kami dibantu oleh seorang tukang bubut yang berpengalaman sehingga apa kemauan kami dia tahu untuk mengerjakannya.

Untuk pemasangan atau instalasi kita tinggal bongkar saja dudukan shock breaker depan sampai roda, ambil shock breaker pada selongsong lamanya dan pindahkan shock breaker lama pada selongsong yang baru tadi kita modif, pasang kembali, pasang selang karet selang rem baru (punya carry), pasang roda dan seting ketinggian rem seperti biasanya biar posisi injakan rem terasa nyaman. Test drive dan rasakan bedanya dari rem tromol menjadi modifikasi rem cakram hijet 1000 yang baru.

Selamat berkarya untuk restorasi dan modifikasi mobil klasik antik. Oh ya..dana yang saya keluarkan untuk modifikasi rem cakram hijet ini 3,5 juta karena saya menggunakan parts second tapi kondisi masih bagus.

2 thoughts on “MODIFIKASI REM CAKRAM HIJET 1000”

  1. Mas insya Allah saya akan datang ke bengkel sampeyan ,pengen rubah rem Hjjet 1000 saya dari tromol menjadi cakram.aku dr Sekandang – Comal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>