RESTORASI MESIN TRANSMISI DAN KAKI KAKI

Restorasi mesin, transmisi dan kaki-kaki – Pada saat anda melakukan restorasi mobil klasik antik anda secara total, alangkah baiknya juga diperhatikan untuk restorasi mesin, transmisi maupun kaki-kaki nya walaupun cuma hanya untuk dicek saja mengenai kondisi fisiknya.

restorasi mesin, transmisi, dan kaki-kaki

Pada bagian mesin mungkin kita tidak perlu untuk membongkar semuanya akan tetapi dari ciri-ciri fisik maupun dengan suara kita bisa menganalisa bagian mana saja yang mungkin perlu kita restorasi. Jadi untuk mesin kalau tidak terdengar suara yang aneh serta ciri-ciri fisik yang aneh juga, seperti ‘ngebul’ atau keluar asap yang tidak semestinya atau tenaga sudah loyo itu perlu kita bongkar juga untuk memastikan kerusakannya.Kalau tidak ada tanda-tanda yang aneh, sebaiknya jangan bongkar-bongkar mesin, karena sekali bongkar dan kita cek nantinya akan banyak part yang ‘minta diganti’ juga, kecuali sudah anda persiapkan dana yang lebih untuk ini, kami siap laksanakan. Monggo di lihat saja video dibawah ini

Untuk restorasi transmisi juga demikian sama seperti mesin, tapi kita bisa bongkar juga bagian transmisi depan yang berhubungan dengan ‘roda gila’ yaitu untuk ngecek kampas kopling serta mataharinya (cover cluth atau dekrup)dan drek lahernya (release bearing) karena biasanya bagian-bagian ini yang sering banget tidak presisi karena kesalahan pemakaian anda sendiri, misalnya sering main setengah kopling, oper gigi transmisi yang tidak pas (biasanya terjadi pada mobil-mobil 4 wd pada saat handle 4 wd nya diaktifkan) biasanya akan terjadi loncatan transmisi kembali ke normal dengan sendirinya, ini bisa mengakibatkan gigi-gigi transmisi menjadi aus, dan banyak contoh penggunaan kita yang salah lainnya.

restorasi mesin, transmisi, dan kaki-kaki

Untuk kaki-kaki hal yang paling penting apabila tidak ada masalah kita hanya mengganti karet-karet bodi serta mengecek kondisi chasis maupun kondisi baut-bautnya. Untuk kaki-kaki perlu mendapatkan perhatian khusus demi kenyamanan anda nantinya karena kalau kita tidak memperhatikan dengan seksama pada saat semua komponen dan bodi sudah terpasang semua kita akan lebih repot lagi untuk membongkar kembali, maka dari itu sebaiknya cek semua kaki-kaki mulai dari shock breaker sampai per juga perlu diperhatikan, perlu juga kita seting kembali biar lebih empuk. Jangan lupa lapisi anti karat pada chasis maupun lantai bagian bawah sebelum kita pasangkan bodi ke chasis kembali.
Pada restorasi sedan bagian chasis memang tidak ada dan penggantinya adalah lantainya, pada kondisi lantai sedan keropos kita tidak bisa menambal sembarangan, harus diperhatikan juga mengenai lekukan-lekukan pada lantainya karena lekukan-lekukan tersebut merupakan penguat pada lantai sedan, kami sudah pernah menulis cara memperbaiki lantai sedan, monggo anda simak kembali.
Pada saat mobil anda sedang proses restorasi inilah sebaiknya perlu diperhatikan hal-hal diatas agar bila sudah selesai restorasi mobil klasik anda ‘serasa baru dari pabriknya’ begitulah kira-kiranya harapan yang kita inginkan bila kita benar-benar punya nyali untuk membiayai semua kegiatan restorasi mobil kita ini.

Mengenai bengkel yang bisa menjadi referensi kegiatan restorasi mobil klasik anda, sebaiknya anda memilih bengkel yang benar-benar bertanggung jawab karena biasanya rstorasi ini mungkin memerlukan waktu yang lama, apalagi bila mobil anda benar-benar antik dan klasik yang beberapa part dari mobil anda tidak bisa kita ganti dan temukan dipasaran, dapat dipastikan sulit mencari part itu, saya sebagai bengkel juga pusing untuk mencarikan gantinya. Seperti waktu kami merestorasi trooper tahun 1986 ini yang memang part karet kaca sampingnya tidak ada di sini, yang punya mobil juga sudah usaha mencari dan tidak menemukannya. Akhirnya kami akali kembali dengan karet lama yang kondisinya sudah pecah-pecah dan mengeras.
Hal lain yang kami belum dapatkan yaitu karet kaca belakang honda accord tahun 1980 ini yang belum kami dapatkan juga, akhirnya kami berencana untuk menggantinya dengan karet buatan sendiri walaupun tidak sama dengan aslinya, yang penting bisa terpasang nantinya.

Sekian dulu mengenai tulisan saya tentang restorasi mesin, transmisi dan kaki-kaki pada mobil klasik antik anda.

tags: , ,