TIPS MENGATASI CAT MOBIL YANG BERKERUT

Tips mengatasi cat mobil yang berkerut – Salah satu cacat dalam pengecatan mobil adalah bila kita mendapatkan hasil cat yang berkerut sehingga tampilan cat akan terlihat seperti retak-retak. Kesalahan ini bisa saja berasal dari cat asli pabrikan tetapi sangat jarang sekali terjadi karena cara pengecatan pabrik menggunakan sistem yang sudah canggih, akan tetapi tetap saja sering terjadi kecacatan seperti cat berkerut ini karena proses persiapannya juga masih menggunakan tenaga manusia jadi kadang juga masih terjadi ‘human error’.

tips mengatasi cat mobil yang berkerut

Apabila anda mendapatkan hal seperti ini janganlah cemas karena hal ini masih bisa kita perbaiki karena biasanya pengerutan terjadi karena proses akhir yang salah yaitu pada saat proses pengeclearan seperti ada bekas clear coat yang leleh di bodi mobil.
Cara paling mudah bila hal ini terjadi pada mobil anda adalah dengan mengampelasnya tipis-tipis dengan ampelas air sampai kerutan yang ada teraba halus, bersihkan sisa-sisa air kemudian ambillah kompon putih dan oleskan pada bagian yang baru ampelas tadi dan gosoklah dengan kain berbahan kaos sampai bekas ampelasan yang warnanya tadi buram menjadi mengkilat.
Setelah mengkilat anda bisa gunakan bahan poles lainnya (kalau saya pakai produk Ammway) untuk membersihkan sisa kompon sampai mengkilat. Apabila dilakukan dengan benar maka bekas cat yang berkerut tadi dipastikan akan hilang dan cat mobil anda akan terlihat mulus dan kinclong kembali. Cat berkerut bisa terjadi juga bila kita tidak pas dalam menyemprotkan vernis pada cat, dibawah ini ada video cara menyemprotkan vernis yang benar yaitu sesaat setelah cat utama kering.


Cara seperti ini bisa anda lakukan juga bila mobil anda mengalami goresan. Cara pertama adalah kita harus bisa memastikan bahwa goresan itu tidak mengenai cat yang ada pada lapisan dibawah clear coat, artinya goresan ringan saja dan tidak menyebabkan cat aslinya rusak, anda bisa mengatasinya seperti cara mengatasi cat berkerut seperti diatas.
Namun apabila goresan yang terjadi pada mobil anda sangat dalam seperti mengenai cat aslinya apalagi sampai terlihat pelat atau dempul mobil anda maka anda perlu membawa ke bengkel cat kepercayaan anda agar diselesaikan disana. Janganlah anda coba-coba mengatasi sendiri dengan mengecat sendiri tanpa disertai keahlian khusus dalam tehnik mengecat, apalagi bila anda mencoba mengecat sendiri dengan cat spray instan yang tersedia di pasaran, dijamin cat mobil anda akan bertambah parah.

Proses pengecatan sebagian bodi atau penyepetan memerlukan keahlian khusus agar cat yang akan kita semprotkan bisa nyambung dengan cat lama yang pada mobil anda. Untuk tehnik secara jelasnya bisa anda kunjungi tulisan kami yang lain dengan judul cara menyambung cat lama dan baru pada proses pengecatan mobil. Monggo dibaca saja kembali karena kami sudah tulis tehnik sederhananya disana.
Sekiranya cukup sekian dulu mengenai tips mengatasi cat mobil yang berkerut, semoga bisa bermanfaat untuk anda yang menekuni dunia perbengkelan khususnya bengkel cat mobil.

tags: ,