CARA MEMPERBAIKI BUMPER PLASTIK YANG PECAH

Cara memperbaiki bumper plastik yang pecah ini sengaja kami share kepada anda yang mungkin masih belajar untuk usaha bengkel mobil maupun yang ingin jualan bumper rekondisi yang biasanya bekerja sama atau membeli bumper bekas klaim perusahaan asuransi mobil. Kalau bisa memperbaiki sendiri bumper plastik ini kan lumayan buat tambahan ongkos mudik.

tips memperbaiki bumper plastik

Seperti kita ketahui bahwa bumper diciptakan oleh perusahaan otomotif awalnya sebagai pengaman atau safety untuk mobil kita, makanya mobil-mobil klasik atau mobil jadul dulu diproduksi dengan bumper-bumper yang kuat karena berbahan pelat besi, lihat saja bumper pada mobil-mobil minibus seperti suzuki carry, hijet, dsb. Atau mobil-mobil sedan seperti corolla jadul, corolla dx, dsb.

Untuk jaman sekarang fungsi dari bumper sudah berubah yaitu hanya sebagai hiasan saja atau berfungsi sebagai estetika saja sedangkan fungsi keamanan sudah bergeser ke nomer 6,  karena itu perusahaan mobil jaman sekarang hampir semuanya memproduksi mobil dengan bumper berbahan plastik saja pada paket barunya, kalau yang pengin aksesoris bumper tambahan harus beli sendiri. Nah loh…itu pemikiran kami sebagai bengkel saja.

tips memperbaiki bumper plastik
cara memperbaiki bumper mobil pecah

Kalau dilihat secara logika atau cara apapun biasanya bumper merupakan bagian pertama yang sering terkena benturan, kalau kejadian ringan ya serempetan lah. Nah kalau bumper plastik pastinya akan terjadi kerusahan dari kerusakan kecil yang hanya lecet-lecet saja sampai dengan pecah atau bahkan hancur tergantung dari kejadian yang menimpanya, betul nggak kira-kira masbro?

Nah kalau bumper plastik mengalami hal demikian (walaupun ringan dan hanya lecet saja) tentunya kalau mobil anda masih dalam tanggungan asuransi pasti akan anda klaim bukan? Dan bumper bekas anda tentunya tidak akan dibuang begitu saja (inikan Indonesia bro…ha..ha..ha) kalau istilah orang Jawanya “eman-eman” kalau dibuang.

Dan bagi anda yang mobilnya sudah tidak ada asuransinya, tentunya “eman-eman” juga kalau hanya rusak sedikit terus dibelikan baru, bukan? (ini tidaak berlaku untuk orang yang banyak duitnya lho). Nah beberapa tips berikut ini kami akan sedikit berbagi pengalaman bagaimana cara memperbaiki bumper plastik yang pecah dengan langakah-langkah yang kami sertakan videonya juga.

Berikut cara memperbaiki bumper mobil plastik yang pecah :

  • Pecah bisa berarti terbelah asal tidak menjadi bagian yang berkeping-keping itu namanya hancur luluh ya, kalau sudah begitu sebaiknya buang saja.
  • Alat yang disiapkan seperti palu, obeng, amplas, dempul, kawat dan juga pemanas (bisa pakai las karbit atau lainnya) serta jangan lupa siapkan air dalam ember.
  • Copot bumper dan turunkan (bila hanya lecet tidak usah dilepas)
  • Bila hanya retak atau pecah sedang asal tidak lepas satu sama lain kita bisa lakukan penjahitan, jahit disini kami maksudkan tidak pake benang, lebih tepatnya kita buatkan klem pake kawat atau pelat yang kita buat klem seperti isi staples, kemudian kita klem kan pada bagian-bagian yang retak tadi. Cara menempelkan kita tinggal panaskan kawat untuk membuat lubang-lubang tempat klem itu. Kemudian kita bisa gunakan obeng yang sudah dipanaskan untuk meratakan dan menutupi klem-klem tersebut.
  • Bila kerusakan cukup parah bisa anda lihat pada video tersebut yaitu dengan memananskan langsung dengan las misalnya pada bagian yang pecah itu, karena biasanya bagian yang pecah ujung-ujungnya tidak ketemu sehingga untuk melemaskan platiknya perlu dilakukan pemanasan, kemudian temukan ujung-ujung yang pecah satu sama lainnya sampai menyambung lagi.
  • Buatkan penguat dengan pelat pada bagian dalam bumper itu, untuk menempelkan pelat ke bumper plastik bisa kita buat lubang-lubang kecil pada pelat yang akan kita tempelkan ke bumper (buat lubang-lubangnya seperti pada alat pemarut kelapa) kemudian tempelkan dengan cara dipanaskan dulu sebelum ditempelkan, silahkan di cek videonya.
  • Setelah semua selesai anda bisa amplas biar rata, dan bisa dilakukan pendempulan pada bagian yang rusak tadi. Silahkan baca juga bagaimana cara mendempul yang benar disini.
  • Dan lakukan pengecatan untuk selanjutnya.

Demikian sedikit tips dari kami mengenai cara memperbaiki bumper plastik yang pecah, kalau anda masih bingung silahkan lihat cara yang sudah kami video kan diatas. Dan bila masih belum bisa silahkan ajukan pertanyaan atau konsultasikan dengan kami.

Video sudah kami unggah silahkan cek proses perbaikannnya di youtube dibawah ini :
http://youtu.be/Ur_ue-puitA

tags: ,