TIPS MODIFIKASI SUZUKI CARRY SENYAMAN SEDAN

Tips modifikasi suzuki carry senyaman sedan – Semua orang tahu bahwa sedan merupakan mobil paling nyaman untuk dikendarai. Maka dari itu sejak jaman dulu sampai sekarang yang namanya sedan termasuk mobil mewah karena memang dari pabrikannya secara standar dibuat demikian.

modifikasi kaki-kaki suzuki carry

Berbeda dengan sedan, mobil jenis minibus seperti suzuki carry dibuat untuk segmen berbeda, kalau jaman dahulu suzuki carry sering dipakai untuk carteran atau sewa pada acara-acara yang bersifat rame-rame atau rombongan seperti mau kodangan atau acara keluarga besar lainnya yang bisa mengangkut orang banyak.
Kalau jaman sekarang sih sudah banyak digantikan oleh mobil-mobil jenis MPV (Multi Purpose Vehicle) jadi peran suzuki carry sudah tidak setenar jaman dahulu.
Nah mungkin kita jadi malas untuk naik mobil suzuki carry bila kita sedang bepergian sendiri ya, karena kalau dinaiki sendiri ini mobil termasuk kurang begitu nyaman dipakai dibandingkan bila dinaiki rame-rame, tidak seperti naik mobil sedan dinaiki sendiri pun masih tetap nyaman dan empuk.

Dari pabrikannya memang suzuki carry rancangan kaki-kakinya diperuntukkan untuk kapasitas lebih dari 8 orang malahan kadang 12 orang pun diangkut semua, makanya kalau kita naiki sendiri rasanya kurang nyaman alias keras bantingannya. Ini dikarenakan memang per pada shock breaker nya yang lebih besar dari pada per sedan serta penggunaan per daun pada roda belakangnya yang terlalu banyak dan pendek per daunnya yang lebih pendek.

modifikasi kaki-kaki suzuki carry
modifikasi kaki-kaki suzuki carry

Nah dari dua hal diatas kita bisa menyimpulkan antara kenyamanan sedan dan mobil-mobil minibus seperti suzuki carry, intinya kita harus bisa merubah atau modif kaki-kaki suzuki carry biar bisa menyamai dengan kaki-kaki standar sedan, yaitu dengan memodifikasi atau mengganti beberapa bagian pada suspensi asli suzuki carry.

Untuk tips modifikasi suzuki carry senyaman sedan yang sederhana dan menghabiskan dana satu jutaan saja kita bisa mengganti per keong depan suzuki carry dengan per keong milik sedan lama seperti per honda civic tahun 1974 atau 1975 an, atau juga bisa kita gunakan per sedan hyundai accent (pokoknya cari per sedan yang ulirnya berdiameter sama dengan ulir diameter suzuki carry asli tetapi bahan baja per nya yang lebih kecil diameternya.

Anda bisa nyari per sedan second ini di pasar loak atau di tukang jual spare part bekas dan ciri per sedan itu bahan baja per nya kecil dan jarak ulirnya lebih rapat (jarak ulir per keong ini yang membedakan empuk tidaknya per ini, semakin rapat maka per nya semakin empuk)
Untuk per daun belakang kita bisa mengurangi jumlah per nya atau bisa dengan mengganti dengan per daun mobil lain, seperti punya isuzu panther atau punya sedan Eropa klasik seperti sedan Fiat 124.
Kami pernah mengaplikasikan modifikasi kaki-kaki daihatsu espas biar bantingannya tidak keras, silahkan dibaca kembali tulisan kami yang lainnya. Bila ingin terlihat lebih ceper anda bisa baca juga tips modifikasi minibus gaya ceper tetapi tetap nyaman yang sudah pernah kami tulis sebelumnya juga.

Untuk shockbreaker karena tips modifikasi suzuki carry senyaman sedan dengan dana satu jutaan ini tidak perlu ganti alias masih pakai shock breaker asli suzuki carry yang lama. Kalau pengin yang lebih ekstrim lagi bisa ganti shockbreaker nya juga, silahkan ajukan pertanyaaan lewat komentar atau bisa lewat forum disini.

Tips modifikasi suzuki carry senyaman sedan ini bisa diaplikasikan pada mobil-mobil minibus lainnya tidak hanya sebatas pada suzuki carry saja, seperti pada modifikasi hijet 1000 kami, modifikasi daihatsu espas, dan suzuki futura kalau memang pengin senyaman sedan. Dan pada modifikasi kaki-kaki hijet 1000 kami sudah kami test dengan membawa 7 orang dewasa masih tetap nyaman dipakai seperti senyaman sedan.

Silahkan di share bila bermanfaat dan salam restorasi dan modifikasi mobil klasik antik.

tags: , , ,